Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iyakoyokoweAvatar border
TS
iyakoyokowe
Bikin Rumah Rp 350 Juta di Jakarta Masih Bisa, Berapa Ukurannya?
Bikin Rumah Rp 350 Juta di Jakarta Masih Bisa, Berapa Ukurannya?




Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjanjikan program penyediaan rumah dengan harga Rp 350 juta di Jakarta. Dengan kondisi Jakarta yang sudah padat seperti saat ini, seperti apa rumah seharga Rp 350 juta yang mungkin disediakan?

Sebelum bicara lebih jauh perihal kondisi rumah yang mungkin disediakan, lebih dahulu Country Manager rumah123.com, Ignatius Untung, membicarakan syarat membeli rumah dengan mekanisme Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Yaitu, perbankan biasanya menginginkan lokasi rumah tersebut paling tidak jalan di depan rumahnya minimal lebarnya 3 meter.

Artinya, tidak mungkin rumah dibangun di dalam gang, yang lebar jalannya kurang dari tiga meter. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi kejadian-kejadian darurat pada rumah tersebut.

"Karena bank itu biasanya (walaupun tiap bank beda-beda) biasanya minimal 3 meter lebar jalan di depan rumahnya. Misalnya kalau ada kebakaran, itu bisa gampang dipadamin. Dan setahu saya kalau bank pemerintah enggak mau. Karena buat mereka, ini berisiko," katanya kepada detikFinance saat dihubungi di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Berangkat dari syarat tersebut, maka harga rata-rata tanah di Jakarta yang diambil dengan kondisi seperti itu diperkirakan sekitar Rp 16 juta per meter persegi, dan ditambah dengan harga bangunan per meternya saat ini Rp 2,5-3 juta per meter persegi.

Sehingga jika ditotal, kurang lebih harga yang dipatok adalah Rp 18-19 juta per meter perseginya untuk dibangun.

"Kalau kita mau lihat, ukurannya seberapa? Berarti Rp 350 juta, dibagi kurang lebih Rp 19 juta per meter persegi, dapatnya berarti sekitar 20 meter lah katakan. Itu berdasarkan asumsi tadi," jelas Ignatius.

Ini berarti luas rumah yang akan didapat adalah sekitar 20 meter, atau 4x5 meter. Luasan rumah yang dibangun bisa saja lebih dari itu dengan syarat harga tanah yang didapat lebih murah, dengan lokasi yang disyaratkan oleh perbankan apabila mekanisme kepemilikan rumah dilakukan dengan KPR.

Meski belum memiliki data, berapa luasan tanah yang ada di Jakarta untuk bisa dibangun rumah dengan harga Rp 350 juta, Ignatius mengaku daerah ini bisa ditemukan di daerah Jakarta. Lokasinya mayoritas berada di daerah Jakarta Timur, yang notabene harga tanahnya juga sudah yang paling murah di Jakarta.

"Jakarta Timur masih ada, mulai dari daerah Bambu Apus, Cipayung, Ciracas. Harga tanah di daerah itu segitu. Itu rumah baru," pungkasnya. (dna/ang)

https://finance.detik.com/properti/d...rapa-ukurannya

semproll..
itu cuma dapet 1 ruangan, buat tidur, sama anak + istri..

4x5 m mah cukup buat Kamar, terus mandinya dimana?? wc dimana?? masak dimanaa?? buat parkir motor dimanaaa

wedann ngibulnya program ini, Yg percaya ma nyoblos, Lebih edann..
emoticon-Ngakak

Diubah oleh iyakoyokowe 31-03-2017 03:16
0
23.4K
294
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan