Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

otak.userAvatar border
TS
otak.user
DP Rumah Rp 0 Versi Anies Baswedan Sangat Realistis
JawaPos.com - Program penyediaan rumah murah dengan harga Rp 350 juta dan down payment (DP) Rp 0 yang digembar-gemborkan oleh calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih banyak menuai tanda tanya oleh publik.

Tapi lain halnya dengan Direktur Institute for Development and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati. Menurutnya, program yang ditawarkan oleh calon gubernur nomor urut 3 itu sangat rasional. Pasalnya DP Rp 0 sudah banyak ditawarkan oleh para pengusaha properti. "Itu sangat realistis karena sekarang saja sudah banyak praktiknya," ujar Enny kepada JawaPos.com, Selasa (28/3).

Namun kendati demikian adanya DP Rp 0 tersebut dalam angsurannya jangan memberatkan masyarakat. Karena masyarakat dengan penghasilan di bawah UMR akan kesulitan jika dibebani angsuran yang tinggi.

Di mencontohkan, seperti skema kredit angsuran rumah tersebut diperpanjang, sehingga masyarakat dengan upah di bawah UMR bisa membayarnya. "Kalau angsurannya lebih mahal ya dari mana (mereka bayar), karena penghasilannya saja di bawah UMR," katanya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Anies Baswedan mengutarakan programnya jika terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bagi masyarakat yang belum memiliki rumah akan dibantu mendapatkan kebutuhan hunian itu dengan harga Rp 350 juta dan DP Rp 0.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menegaskan, rumah seharga itu berada bukan di pinggiran Jakarta. "Ajukan ke kami, tapi syaratnnya itu rumah pertama dan bukan dijadikan tempat usaha," kata Anies.

Sekadar informasi, debat kandidat putaran kedua ini digelar pada program acara Mata Najwa di Metro TV, pada Senin (27/3), sekira pukul 19.30 WIB, yang memiliki tema "Babak Final Pilkada Jakarta".

Dua kandidat calon gubernur DKI Jakarta tersebut saling berargumentasi beberapa keunggulan program-program yang mereka miliki. (cr2/JPG)

http://www.jawapos.com/read/2017/03/28/119292/dp-rumah-rp-0-versi-anies-baswedan-sangat-realistis

Tuhhkan realistis, serbuuuu indefemoticon-Leh Uga
0
8.4K
119
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan