metrotvnews.comAvatar border
TS
MOD
metrotvnews.com
Membatasi Politisasi Agama


Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan agama dalam politik praktis sebaiknya dibatasi. Terlebih, jika agama sekadar digunakan untuk menonjolkan identitas tertentu demi mengejar kekuasaan politik. Pasalnya, politisasi agama dapat membuat masyarakat terkotak-kotak.


'Agama sebagai identitas terkadang melupakan ajaran propetik agama. Agama lalu muncul sebagai simbol. Masyarakat dikelompokan pada identitas bukan pada tujuan-tujuan bersama. Agama sebagai penjelas identitas politik hanya akan menimbulkan sekat-sekat yang tidak produktif,' ujar Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Minggu 26 Maret 2017.


Jika penggunaanya berlebihan, Ray menambahkan, politisasi agama bisa mengalami overdosis. Dalam situasi semacam itu, perdebatan yang muncul di publik bukan lagi mengenai ideologi dan tujuan-tujuan politik bermanfaat.


'Tapi sebaliknya, yang muncul penonjolan keunggulan-keunggulan identitas kelompok keagamaan,' imbuh dia.


Baca: GP Ansor Minta Stop Politisasi Berbau Agama


Namun, Ray tidak menafikan perlunya sentuhan agama pada politik. Agama, kata dia, bisa mengambil peran sebagai pondasi bagi masyarakat untuk menyemai semangat menegakkan keadilan, kebenaran dan keberpihakan terhadap kelompok-kelompok yang tertindas.


'Nah, dalam konteks bernegara, menjadikan agama sebagai dasar bagi pencapaian kebenaran, keadilan dan penghormatan bagi manusia dan kemanusiaan ini yang perlu kita dorong. Ajaran yang melihat manusia sebagai manusia, tanpa tersekat identitas keagamaannya,' jelas dia.


Ray mengakui, penggunaan agama sulit untuk dibatasi lewat aturan kaku. 'Yang utama adalah terus menerus mengingatkan bahwa penggunaan agama sebagai identitas politik bisa berdampak menguatnya ego kelompok. Tugas cendikiawan, pemerintah dan pemuka agamalah yang mengingatkan,' pungkas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...litisasi-agama

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Resmikan Gedung Baru, UNJ Gelar Khataman Alquran

- Gus Solah: Sertifikasi Khatib Sebaiknya Dibicarakan Bersama

- Muhammadiyah: Sertifikasi Khatib Bisa Jadi Bagian dari Manajemen Masjid

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.5K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan