- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
Pernyataan kritis: Komplain terhadap pelayanan CS/Admin Fanspage Tokopedia.


TS
SPSK
Pernyataan kritis: Komplain terhadap pelayanan CS/Admin Fanspage Tokopedia.
Dear Tokopedia,
Saya mengenal nama Tokopedia dari beberapa tahun yang lalu melalui sebuah forum yang membahas mengenai aktivitas seputar bisnis/entrepreneurship, sebelum pada akhirnya saya memutuskan untuk mencoba berjualan di tokopedia pada bulan November 2015. Pada awal saya berjualan di tokopedia, saya hanya seorang mahasiswa yang mencoba peruntungan untuk berdagang demi mendapatkan pemasukan tambahan, sehingga saya dapat sedikit meringankan beban dari kedua orang tua saya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang pada awalnya, sebagai seorang pemula, aktivitas berdagang yang saya jalankan via tokopedia tidak terlalu menarik banyak buyer/customer untuk berbelanja di toko saya. Akan tetapi, tidak lama, sekitar 1 bulan setelah saya membuat postingan untuk lapak pertama saya, akhirnya ada satu buyer yang membeli barang yang saya jual di lapak saya. Dan bagi saya hal itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.
.
Kemudian, seiring berjalannya waktu, lapak saya pun mulai didatangi oleh buyer yang sekedar melakukan diskusi produk atau membeli barang dagangan saya. Dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan, aktivitas transaksi di toko saya bisa dikatakan sudah mulai meningkat, dari segi jumlah transaksi ataupun dari segi kegiatan diskusi pada fasilitas Diskusi Produk dan toko saya pun mendapat banyak favorit dari orang-orang. Lambat laun, penghasilan yang saya dapat dari aktivitas saya berjualan di tokopedia pun bisa dikatakan lebih dari sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan saya selama menyusun tugas akhir. Fyi, saya berjualan di tokopedia sambil menyusun tugas akhir, sebelum pada akhirnya saya memutuskan untuk vakum selama beberapa bulan untuk fokus penggarapan tugas akhir/skripsi). Saya memutuskan untuk vakum karena saya rasa kesibukan saya berjualan di tokopedia cukup menyita waktu dan pikiran saya, sehingga apabila saya tetap terus berjualan maka tugas akhir saya dikhawatirkan akan terbengkalai.
.
Dari situ, saya kemudian fokus untuk mengerjakan/menyusun tugas akhir saya, walaupun sesekali saya tetap memantau aktivitas yang terjadi di akun toko saya. Walaupun sebenarnya saya lebih sering untuk membatalkan pesanan dari buyer-buyer saya, karena saya tidak punya waktu untuk mengurus orderan-orderan dari mereka. Entahlah, apa karena saya beberapa kali menolak transaksi di toko saya, sehingga kemudian traffic di akun toko saya merosot secara drastis ketika saya mulai aktif lagi berjualan di tokopedia. Tentunya setelah saya berhasil menyelesaikan tugas akhir saya. Kondisi kemerosotan ini benar-benar dapat saya rasakan dengan jelas. Mulai dari aktivitas diskusi yang tadinya per hari bisa mencapai 10 diskusi per hari, sampai pada akhirnya aktivitas diskusi di toko saya tidak ada sama sekali perharinya. Padahal saya sudah mulai intens dan aktif lagi di tokopedia dengan cara melakukan posting produk berkala dan melakukan "Promote" pada item-item atau barang-barang yang saya jual. Tapi masalah tidak hanya berhenti disini saja, akan saya paparkan kemudian.
.
Dari forum yang saya ikuti, saya ketahui ternyata pembatalan demi pembatalan transaksi yang sebelumnya saya lakukan ternyata berdampak pada reputasi toko saya yang menjadi semakin turun. Sehingga hal ini menyebabkan kredibilitas dari toko saya ikut menurun. Hal ini cukup saya sayangkan, akan tetapi kondisi ini sudah menjadi kebijakan tersendiri dari tokopedia kepada para seller yang berjualan di tokopedia untuk memacu seller agar lebih disiplin dan bertanggung jawab untuk me-maintenance pelayanan mereka. Dari sini saya berusaha keras dan berpikir bagaimana caranya agar toko saya kembali mendapatkan "traffic" dengan signifikan seperti waktu saya awal-awal berjualan di tokopedia, hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan fitur GM (Gold Merchant) dan membeli top ads untuk kebutuhan promosi barang-barang dagangan saya. Dari apa yang saya ketahui, seller yang menggunakan fitur GM akan mendapatkan beberapa keuntungan/kelebihan dibandingkan pedagang lainnya yang tidak menggunakan fitur GM tersebut. Tentunya dengan ada keuntungan-keuntungan ini, ada biaya sejumlah biaya yang harus saya keluarkan diantaranya adalah biaya langganan fitur GM dan biaya untuk penambahan kredit atau dana untuk top-ads. Selain karena saya membutuhkan kedua fitur utama ini, saya merasa perlu untuk memberikan sedikit "kontribusi" kepada tokopedia dengan cara berlangganan fitu-fitur tersebut. Dengan harapan kedepannya aktivitas perdagangan saya di tokopedia semakin lancar dan maju serta tokopedia semakin baik sistem dan kualitasnya dengan memanfaatkan kontribusi kami (seller) dalam berlangganan fitur-fitur yang disediakan tokopedia tersebut.
.
Namun kenyataannya, apa yang saya dapatkan belum sesuai dengan apa yang saya harapkan sebelumnya. Alih-alih toko saya menjadi ramai, kenyataannya sampai dengan saat ini traffic masih belum terasa signifikan perbedaannya dibanding sebelum saya berlangganan fitur-fitur tersebut. Selain itu, ada beberapa kendala-kendala yang saya rasakan dalam berjualan di tokopedia akhir-akhir ini. Setiap kali saya mengalami permasalahan, saya selalu melakukan posting di fanspage tokopedia di facebook. Biasanya saya utarakan dengan detail dan sedikit kritis terkait kendala yang saya hadapi dalam menggunakan atau mengakses tokopedia. Akan tetapi tanggapan demi tanggapan yang saya dapatkan tidak selalu memenuhi rasa penasaran yang ada pada diri saya menyangkut permasalahan/kendala yang saya hadapi tersebut. Customer service atau admin di fanspage lebih sering mengucapkan permintaan maaf dibanding memberikan solusi secara jelas dan komprehensif. Terus terang saya kecewa dengan bentuk pelayanan yang sedemikian rupa, pasalnya saya telah menghabiskan sejumlah dana guna mendukung kegiatan atau aktivitas saya berjualan di tokopedia, melalui berlangganan fitur-fitur yan saya jelaskan sebelumnya. Dan bagi saya pribadi, dana yang saya habiskan ini nominalnya cukup banyak. Otomatis, rasa sabar saya sebagai manusia biasa lama-lama akan habis dan tidak jarang saya meluapkan emosi saya dengan memberikan kritikan-kritikan keras pada setiap komplain saya di fanspage tokopedia. Akan tetapi sejauh ini saya tetap berusaha untuk melontarkan kritikan dengan bahasa yang sopan dan beretika, walaupun dengan nada komentar yang tinggi (penggunaan Capslock), guna menarik perhatian admin untuk menanggapi keluhan/komplain saya.
.
Saya kecewa?
Jelas, saya kecewa. Sangat kecewa. Tapi saya masih punya kepercayaan kepada tokopedia untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan bahkan lebih baik dari yang sebelumnya. Kita disini saling bersimbiosis mutualisme, dan saya ingat betul bahwa pada awalnya tokopedia memberikan kenyamanan kepada saya dalam bertransaksi, sebagai seller dan sekaligus sebagai buyer. Itulah sebabnya saya masih setia untuk berjualan di tokopedia dan membeli barang-barang kebutuhan saya pribadi melalui tokopedia. Sikap kritis saya disini bukan bermaksud untuk memojokkan tokopedia dan menyalahkan tokopedia terkait masalah transaksi pada akun toko saya yang sedemikian rupa dan masalah lainnya yang terkait. Akan tetapi sangat disayangkan apabila sikap kritis saya dari sekian waktu yang lalu ditanggapi lain oleh tokopedia. Bukan tanpa alasan saya mengatakan demikian, karena dari beberapa komplain yang saya lakukan, memang respon atau tanggapan dari tokopedia (customer service) sangat mengecewakan.
.
Kondisi ini jelas sudah menyalahi kebijakan yang dibuat sendiri oleh tokopedia, misalnya seperti kebijakan untuk Gold Ticket, yangmana keluhan/komplain dan semacamnya dikatakan lebih diprioritaskan untuk pengguna fitur GM (Gold Merchant). Akan tetapi sekali lagi saya tegaskan, beberapa kali saya melakukan komplain, respon atau tanggapan sangat lambat dan pernah memakan waktu sampai berhari-hari. Sorry to say, menurut saya adalah sebuah kesalahan untuk tokopedia yang terlalu banyak berinovasi atau menambah fitur-fitur baru dalam layanannya. Sementara sistem yang telah dan sedang dijalankan sampai dengan saat ini masih banyak terdapat bug disana-sini, alias BELUM MAKSIMAL. Tentunya membangun sebuah sistem yang kompleks itu tidaklah mudah, akan tetapi bukankah menyempurnakan sistem yang sedang berjalan dan menjadi "pegangan" dari banyak khalayak adalah bagian yang terpenting untuk saat ini?? Karena saya perhatikan ada begitu banyak komplain dari customer tokopedia selain saya dari hari ke hari, bahkan dari menit ke menitnya. See?.
.
.
Best regards,
Saya mengenal nama Tokopedia dari beberapa tahun yang lalu melalui sebuah forum yang membahas mengenai aktivitas seputar bisnis/entrepreneurship, sebelum pada akhirnya saya memutuskan untuk mencoba berjualan di tokopedia pada bulan November 2015. Pada awal saya berjualan di tokopedia, saya hanya seorang mahasiswa yang mencoba peruntungan untuk berdagang demi mendapatkan pemasukan tambahan, sehingga saya dapat sedikit meringankan beban dari kedua orang tua saya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memang pada awalnya, sebagai seorang pemula, aktivitas berdagang yang saya jalankan via tokopedia tidak terlalu menarik banyak buyer/customer untuk berbelanja di toko saya. Akan tetapi, tidak lama, sekitar 1 bulan setelah saya membuat postingan untuk lapak pertama saya, akhirnya ada satu buyer yang membeli barang yang saya jual di lapak saya. Dan bagi saya hal itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa.
.
Kemudian, seiring berjalannya waktu, lapak saya pun mulai didatangi oleh buyer yang sekedar melakukan diskusi produk atau membeli barang dagangan saya. Dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan, aktivitas transaksi di toko saya bisa dikatakan sudah mulai meningkat, dari segi jumlah transaksi ataupun dari segi kegiatan diskusi pada fasilitas Diskusi Produk dan toko saya pun mendapat banyak favorit dari orang-orang. Lambat laun, penghasilan yang saya dapat dari aktivitas saya berjualan di tokopedia pun bisa dikatakan lebih dari sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan saya selama menyusun tugas akhir. Fyi, saya berjualan di tokopedia sambil menyusun tugas akhir, sebelum pada akhirnya saya memutuskan untuk vakum selama beberapa bulan untuk fokus penggarapan tugas akhir/skripsi). Saya memutuskan untuk vakum karena saya rasa kesibukan saya berjualan di tokopedia cukup menyita waktu dan pikiran saya, sehingga apabila saya tetap terus berjualan maka tugas akhir saya dikhawatirkan akan terbengkalai.
.
Dari situ, saya kemudian fokus untuk mengerjakan/menyusun tugas akhir saya, walaupun sesekali saya tetap memantau aktivitas yang terjadi di akun toko saya. Walaupun sebenarnya saya lebih sering untuk membatalkan pesanan dari buyer-buyer saya, karena saya tidak punya waktu untuk mengurus orderan-orderan dari mereka. Entahlah, apa karena saya beberapa kali menolak transaksi di toko saya, sehingga kemudian traffic di akun toko saya merosot secara drastis ketika saya mulai aktif lagi berjualan di tokopedia. Tentunya setelah saya berhasil menyelesaikan tugas akhir saya. Kondisi kemerosotan ini benar-benar dapat saya rasakan dengan jelas. Mulai dari aktivitas diskusi yang tadinya per hari bisa mencapai 10 diskusi per hari, sampai pada akhirnya aktivitas diskusi di toko saya tidak ada sama sekali perharinya. Padahal saya sudah mulai intens dan aktif lagi di tokopedia dengan cara melakukan posting produk berkala dan melakukan "Promote" pada item-item atau barang-barang yang saya jual. Tapi masalah tidak hanya berhenti disini saja, akan saya paparkan kemudian.
.
Dari forum yang saya ikuti, saya ketahui ternyata pembatalan demi pembatalan transaksi yang sebelumnya saya lakukan ternyata berdampak pada reputasi toko saya yang menjadi semakin turun. Sehingga hal ini menyebabkan kredibilitas dari toko saya ikut menurun. Hal ini cukup saya sayangkan, akan tetapi kondisi ini sudah menjadi kebijakan tersendiri dari tokopedia kepada para seller yang berjualan di tokopedia untuk memacu seller agar lebih disiplin dan bertanggung jawab untuk me-maintenance pelayanan mereka. Dari sini saya berusaha keras dan berpikir bagaimana caranya agar toko saya kembali mendapatkan "traffic" dengan signifikan seperti waktu saya awal-awal berjualan di tokopedia, hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan fitur GM (Gold Merchant) dan membeli top ads untuk kebutuhan promosi barang-barang dagangan saya. Dari apa yang saya ketahui, seller yang menggunakan fitur GM akan mendapatkan beberapa keuntungan/kelebihan dibandingkan pedagang lainnya yang tidak menggunakan fitur GM tersebut. Tentunya dengan ada keuntungan-keuntungan ini, ada biaya sejumlah biaya yang harus saya keluarkan diantaranya adalah biaya langganan fitur GM dan biaya untuk penambahan kredit atau dana untuk top-ads. Selain karena saya membutuhkan kedua fitur utama ini, saya merasa perlu untuk memberikan sedikit "kontribusi" kepada tokopedia dengan cara berlangganan fitu-fitur tersebut. Dengan harapan kedepannya aktivitas perdagangan saya di tokopedia semakin lancar dan maju serta tokopedia semakin baik sistem dan kualitasnya dengan memanfaatkan kontribusi kami (seller) dalam berlangganan fitur-fitur yang disediakan tokopedia tersebut.
.
Namun kenyataannya, apa yang saya dapatkan belum sesuai dengan apa yang saya harapkan sebelumnya. Alih-alih toko saya menjadi ramai, kenyataannya sampai dengan saat ini traffic masih belum terasa signifikan perbedaannya dibanding sebelum saya berlangganan fitur-fitur tersebut. Selain itu, ada beberapa kendala-kendala yang saya rasakan dalam berjualan di tokopedia akhir-akhir ini. Setiap kali saya mengalami permasalahan, saya selalu melakukan posting di fanspage tokopedia di facebook. Biasanya saya utarakan dengan detail dan sedikit kritis terkait kendala yang saya hadapi dalam menggunakan atau mengakses tokopedia. Akan tetapi tanggapan demi tanggapan yang saya dapatkan tidak selalu memenuhi rasa penasaran yang ada pada diri saya menyangkut permasalahan/kendala yang saya hadapi tersebut. Customer service atau admin di fanspage lebih sering mengucapkan permintaan maaf dibanding memberikan solusi secara jelas dan komprehensif. Terus terang saya kecewa dengan bentuk pelayanan yang sedemikian rupa, pasalnya saya telah menghabiskan sejumlah dana guna mendukung kegiatan atau aktivitas saya berjualan di tokopedia, melalui berlangganan fitur-fitur yan saya jelaskan sebelumnya. Dan bagi saya pribadi, dana yang saya habiskan ini nominalnya cukup banyak. Otomatis, rasa sabar saya sebagai manusia biasa lama-lama akan habis dan tidak jarang saya meluapkan emosi saya dengan memberikan kritikan-kritikan keras pada setiap komplain saya di fanspage tokopedia. Akan tetapi sejauh ini saya tetap berusaha untuk melontarkan kritikan dengan bahasa yang sopan dan beretika, walaupun dengan nada komentar yang tinggi (penggunaan Capslock), guna menarik perhatian admin untuk menanggapi keluhan/komplain saya.
.
Saya kecewa?
Jelas, saya kecewa. Sangat kecewa. Tapi saya masih punya kepercayaan kepada tokopedia untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan bahkan lebih baik dari yang sebelumnya. Kita disini saling bersimbiosis mutualisme, dan saya ingat betul bahwa pada awalnya tokopedia memberikan kenyamanan kepada saya dalam bertransaksi, sebagai seller dan sekaligus sebagai buyer. Itulah sebabnya saya masih setia untuk berjualan di tokopedia dan membeli barang-barang kebutuhan saya pribadi melalui tokopedia. Sikap kritis saya disini bukan bermaksud untuk memojokkan tokopedia dan menyalahkan tokopedia terkait masalah transaksi pada akun toko saya yang sedemikian rupa dan masalah lainnya yang terkait. Akan tetapi sangat disayangkan apabila sikap kritis saya dari sekian waktu yang lalu ditanggapi lain oleh tokopedia. Bukan tanpa alasan saya mengatakan demikian, karena dari beberapa komplain yang saya lakukan, memang respon atau tanggapan dari tokopedia (customer service) sangat mengecewakan.
.
Kondisi ini jelas sudah menyalahi kebijakan yang dibuat sendiri oleh tokopedia, misalnya seperti kebijakan untuk Gold Ticket, yangmana keluhan/komplain dan semacamnya dikatakan lebih diprioritaskan untuk pengguna fitur GM (Gold Merchant). Akan tetapi sekali lagi saya tegaskan, beberapa kali saya melakukan komplain, respon atau tanggapan sangat lambat dan pernah memakan waktu sampai berhari-hari. Sorry to say, menurut saya adalah sebuah kesalahan untuk tokopedia yang terlalu banyak berinovasi atau menambah fitur-fitur baru dalam layanannya. Sementara sistem yang telah dan sedang dijalankan sampai dengan saat ini masih banyak terdapat bug disana-sini, alias BELUM MAKSIMAL. Tentunya membangun sebuah sistem yang kompleks itu tidaklah mudah, akan tetapi bukankah menyempurnakan sistem yang sedang berjalan dan menjadi "pegangan" dari banyak khalayak adalah bagian yang terpenting untuk saat ini?? Karena saya perhatikan ada begitu banyak komplain dari customer tokopedia selain saya dari hari ke hari, bahkan dari menit ke menitnya. See?.
.
.
Best regards,
0
6.6K
27


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan