Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Usia 16 boleh menikah, boleh beli bir 5 tahun lagi

PERBEDAAN | Untuk menentukan batas dewasa, beda urusan beda patokan. Selisih usia boleh beli alkohol dan umur saat menikah hanyalah salah satu contoh.
Tontonan untuk 17 tahun ke atas. Anggapan sebagian orang, tontonan itu untuk orang yang sudah dewasa -- sudah membawa e-KTP dan bisa punya rekening bank. Menurut Lembaga Sensor Film (LSF), memang ada film untuk penonton berusia 17 ke atas (17+). Namun penontonnya belum dapat disebut dewasa.

Penonton dewasa itu, menurut LSF, berusia setidaknya 21 tahun (Pasal 36 Ayat [a], Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2014 tentang LSF). Itulah kelas 21+.

Menentukan batas usia yang berhubungan dengan kedewasaan memang tak sederhana. Untuk kimpoi misalnya, seorang wanita (demikian hukum menyebutnya; bukan perempuan) boleh melakukannya setelah berusia 16. Untuk mempelai pria setelah ia berumur 19. Begitulah menurut UU Perkimpoian buatan 1974.

Lalu 28 tahun setelah UU Perkimpoian itu muncul UU Perlindungan Anak pada 2002. UU tersebut diubah 14 tahun kemudian pada 2016. Ada yang tak berubah di sana: batasan usia anak. Kalau belum 18 tahun berarti masih anak.

Oh, ari gini seorang anak perempuan berusia 16 jadi istri? Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi, oleh sejumlah pihak terhadap UU Perkimpoian, agar batas minimum usia wanita kimpoi dinaikkan jadi 18 tahun (Kompas.com, 18/6/2015).

Tentang rokok dan alkohol, batasannya juga berbeda. Untuk rokok 18 tahuh. Untuk minuman beralkohol 21 tahun. Jadi, seorang wanita yang berusia 16 dan sudah menjadi nyonya, tak boleh membeli -- dan mungkin juga dilarang mengonsumsi -- minuman beralkohol sampai ia berumur 21.

Peraturan Menteri Perdagangan No. 20/M-Dag/Per/4/2014 melarang pedagang menjual minuman beralkohol kepada orang di bawah 21 tahun. Untuk memastikannya, pedagang harus memeriksa kartu identitas calon pembeli.
Jika anak perempuan berusia 16 menikah? Itu merupakan pelanggaran hak anak. Maka kami menuntut usia nikah disamakan untuk perempuan & laki2 [URL="https://S E N S O RJgPVH8yM97"]https://S E N S O RJgPVH8yM97[/URL]
— Women's March Jkt (@womensmarchjkt) February 14, 2017 Kalo nikah usia 16 tahun, lha dia masih diurus emaknya, gimana mau urus anak? Masih usia sekolah juga, scr mental juga masih labil. Begitu!
— EStev (@EStev_17) February 17, 2017 Di Indonesia boleh nikah usia 16 tahun tapi ga boleh minum alkohol sebelum 21. Karena mabok lebih butuh tanggung jawab daripada kimpoi.
— dhani (@arman_dhani) June 19, 2015


Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...r-5-tahun-lagi

---

Baca juga dari kategori INFOGRAFIK :

- Inspirasi bagi yang hendak cukur

- Jerat hukum dalam Pilkada DKI 2017

- Usia terumbu karang 20.000 tahun

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
20K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan