kamoezzzzAvatar border
TS
kamoezzzz
Alasan Kenapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia
Agan tau nggak? Kalau cuma ada 4 warna paspor di seluruh dunia ini?

emoticon-Matabelo



Paspor kita, Indonesia itu warnanya hijau dan ternyata ada alasan loh di balik warna paspor yang cuma ada 4 ini. Tenang aja gan, ane jelasinnya singkat aja. Jadi baca bener-bener yaa!


Merah



Paspor dengan cover warna merah ini biasanya dipilih sama negara-negara yang punya sejarah komunis atau sedang menjalankan sistem komunis saat ini. Warga Slovenia, Cina, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia dan Georgia pake paspor merah. Negara anggota European Union, kecuali Kroasia, juga pake paspor warna merah burgundy dan wana agak kemerah-merahan.

Negara-negara yang tertarik buat gabung ke EU, kayak Turki, Macedonia, dan Albania juga ngeganti warna paspornya jadi merah beberapa tahun lalu. Negara yang tergabung dalam The Andean Community of Nations di Amerika Selatan kayak Bolivia, Kolumbia, Ekuador dan Peru juga pake paspor dengan warna burgundy.

BIRU



Warna paspor yang kedua ini juga warna yang paling banyak digunakan. Warna biru melambangkan "new world". 15 negara Karibia juga pakai warna paspor biru. Beberapa negara di Amerika Selatan juga pakai warna biru untuk melambangkan hubungan dengan Mercosur- nama sebuah persatuan perdagangan 4 negara Brazil, Argentina, Uruguay dan Paraguay. Paspor Amerika juga baru diubah jadi warna biru di tahun 1976.

HIJAU



Kebanyakan negara yang berpenduduk mayoritas muslim pakai paspor warna hijau. Misalnya, Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan, termasuk Indonesia. Warna hijau dipertimbangkan karena merupakan warna favorit dari Nabi Muhammad SAW dan juga simbol alam dan kehidupan. Warga dari beberapa negara Afrika Barat seperti Burkina Faso, Nigeria, Ivory Coast dan Senegal juga punya paspor dengan berbagai varian warna hijau. Tapi negara ini pakai warna hijau untuk menunjukkan kalau mereka tergabung dalam ECOWAS (the Economic Community of West African States).

HITAM



Ini dia warna paspor yang paling jarang digunain. Tapi cover paspor warna hitam ini bisa ditemuin di beberapa negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi dan lainnya. Warga New Zealand juga pake cover paspor warna hitam karena hitam adalah warna nasional negara ini.

Nih ane kasih lihat peta dunia berdasar warna cover paspornya, Gan!



Udah tau kan sekarang penjelasannya, Gan? Ternyata di balik hal simpel kayak warna paspor itu ada maknanya loh. Siapa di sini yang cap di paspornya udah penuh?

emoticon-Traveller

Sumur
0
34K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan