Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mulangsarakAvatar border
TS
mulangsarak
Pemuda Hindu-Bali akan Gelar Festival Babi Guling
TEMPO.CO , Denpasar - Perhimpunan Pemuda Hindu (Peradah) Kabupaten Badung merancang festival babi guling di Pulau Dewata dalam waktu dekat. Kegiatan itu dilakukan untuk mengembalikan citra kuliner asli Bali setelah beredarnya isu penyakit meningitis streptococcus suis (MSS) atau meningitis babi.

"Kegiatan Festival babi guling rencananya akan digelar di Universitas Udayana atau di Kabupaten Badung, agar masyarakat Hindu di Bali tidak khawatir mengkonsumsi daging babi," kata Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Paradah Badung I.B Angga Purana Pidada di Denpasar, Kamis.


Melalui festival babi guling tersebut, diharapkan stigma negatif terhadap makanan khas umat Hindu di Pulau Dewata itu tidak tercoreng. "Karena dari hasil pemeriksaan laboratorium untuk daging babi tidak terinfeksi penyakit itu," kata Angga Purana.

Dia mengatakan babi guling Bali sudah terkenal hingga ke luar negeri. Selain itu, daging babi guling ini juga sering dipersembahkan untuk kegiatan ritual keagaman di Bali khususnya umat Hindu.

Salah satu ritual masyarakat Bali yang menggunakan daging babi adalah "nelubulanin" atau tiga bulanan.
Festival babi guling juga akan dimanfaatkan untuk menyebarkan pemahaman tentang penyakit meningitis babi kepada masyarakat Hindu di Bali. "Saya juga berharap masyarakat hindu tidak fobia menyantap makanan ini," kata Angga Purana.

Ia mengatakan apabila pengolahan daging babi dilakukan dengan benar, tidak akan ada bakteri streptococcus pada makanan ini.






https://m.tempo.co/read/news/2017/03/17/204856836/pemuda-hindu-bali-akan-gelar-festival-babi-guling
0
5K
49
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan