Jakarta, CNN Indonesia-- Beberapa tahun belakangan, Indonesia kebanjiran pelaku e-Commerce. Mereka berlomba-lomba memikat pengguna internet tanah air yang memang belakangan mulai tumbuh.
Para pelaku e-Commerce itu datang dari beragam latar belakang baik dari dalam dan luar negeri dengan sokongan dana yang tak sedikit pula. Seiring waktu, e-commerce yang menjamur mulai mengerucut menciptakan daftar papan atas layanan tersebut.
Seperti data yang dikumpulkan oleh iPrice, situs aggregator online shoping, memperlihatkan bahwa Lazada dan Tokopedia terlibat persaingan sengit. Persaingan yang dimaksud dilihat dari jumlah pengunjung dan popularitas di media sosial.
Quote:
Jumlah pengunjung 10 situs e-Commerce di Indonesia (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
"Untuk membuat datanya lebih terpercaya, kami melakukan verifikasi langsung ke semua toko online yang ada di list. Sehingga nantinya akan ada tanda khusus yang menunjukan bahwa data tersebut sudah di 'verifikasi' oleh mereka," tulis pihak iPrice, melalui keterangan resminya.
Dari data yang dikumpulkan mulai November 2016 hingga Januari 2017, dari sisi jumlah pengguna, Lazada termasuk terbanyak yakni sebesar 49 juta visitor. Disusul kemudian, Tokopedia (39.666.666), Elevenia (32.666.666).
Quote:
Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia
Sekedar diketahui, untuk list e-commerce pihak iPrice mengambil dari situs resmi iDEA dan tambahan 4 lainnya seperti Hijup, Ali Express, Qoo10 & 8wood.
“Kami tidak memasukan e-commerce dengan kategori Tiket, Reksa, Penyewaan, Asuransi, Pengantar Makanan, Kupon dan diskon, dan juga classified ads,” tambahnya.
Mengenai jumlah pengguna yang menginstal aplikasi, Lazada, Bukalapak dan Tokopedia masih terdepan dengan jumlah pengunduh mencapai 10 juta lebih.
Quote:
(CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Jauh meninggalkan pesaing lainnya, seperti Elevina dan Blibli di posisi terdekat dengan jumlah pengunduh hanya sekitar 1 juta kali download.
Menyoal popularitas di media sosial, mereka juga bersaing ketat dalam menggaet jumlah pengikut. Namun, Blibli adalah situs yang paling banyak follower di Twitter dan Facebook.
Quote:
Tiga besar situs e-Commerce dengan jumlah follower medsos terbanyak (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Ada fakta menarik lainnya, Alfacart — dimiliki Alfamart sebagai situs paling muda mampu melesat dengan cepat dan mampu menyaingi Mataharimall dari segi pengunjung perbulan (Alfacart = 16 juta – Mataharimall = 18 juta) (tyo/tyo)
FJB
Review dari yang suka belanja belanja cantik
Spoiler for Review:
Quote:
Original Posted By Gdeokasaputra►jadi ingt dulu, sblm lazada menguasai pasar, sebelum alibaba group mengakuisis lazada, FJB perkasa banget., org2 bilangnya cari aja di kaskus.
skrg blangnya, cari aja di lazada pasti ada.
tp kalo ane ada kategori sndri,
kalo lazada : brang yg diskon dan terbaru toped & bukalapak : perawatan tubuh, misal shampoo atau deodorant yg gada di pasaran. saya biasanya compare harga di mereka. jd.id & blibli : teknologi, gadget. olx : otomotif mataharimall & zalora : pakaian.
elevania, alfacart sama shopee : ane belum pernah make.
nah kalo FJB sendiri : ane nyari yang bisa CODan, dan pasti brang bekas. Ane jg suka jual barang di FJB, dulu gampang bgt jual barang di FJB. skrg yaelah, koment aja gada, views doang rame. smga kaskus dan FJB nya bisa makin berkembang. btw skrinsut aplikasi e commerce yg ane download di hp.
Spoiler for :
sorry agak bwk
[B]BTW Ane kalo beli sepatu futsal di INSTAGRAM[/B]