Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

silverarrowsAvatar border
TS
silverarrows
Pulau Besok dan Pulau Kemarin
Ada dua pulau yang terpisah 3 km tapi punya perbedaan waktu 21 jam. Inilah Yesterday dan Tomorrow Island di utara Bumi yang unik juga memilukan.

SEJARAH
Nama asli Yesterday dan Tomorrow Island tersebut adalah Little Diomede Island dan Big Diomede Island. Dua pulau itu merupakan bagian dari Kepulauan Diomede yang berada di utara Bumi. Tepatnya di perbatasan antara Siberia di Rusia dan Alaska di AS, yang ada di tengah-tengah Selat Bering.

Yesterday dan Tomorrow Island pertama kali ditemukan pada penjelajah Rusia, Semyon Dezhnyov di tahun 1648. Namun faktanya, orang-orang Eskimo sudah menetap di sana dari 3000 tahun silam!

Seiring berjalan waktu, AS membeli Kepulauan Diomede dari Rusia di tahun 1648 saat memetakan negaranya. AS mendapat Little Diomede Island, sedangkan Rusia tetap memiliki Big Diomede Island. Jarak antara Little Diomede Island dan Big Diomede Island hanya terpisah lauutan sepanjang 3 kilometer. Menariknya, karena dibatasi oleh International Date Line kedua pulau kecil tersebut memiliki perbedaan waktu 21 jam!

Pulau Besok dan Pulau Kemarin
Kepulauan Diomede yang punya dua pulau dan milik dua negara berbeda, AS dan Rusia

Pulau Besok dan Pulau Kemarin
Wilayahnya hampir selalu tertutup es dan salju

International Date Line adalah suatu garis khayal di permukaan bumi yang berfungsi untuk mengimbangi penambahan waktu ketika seseorang bepergian menuju arah timur melalui berbagai zona waktu. Maka artinya, waktu di Big Diomede Island di Rusia lebih cepat 21 jam dibanding Little Diomede Island di AS.

Apakah ada penduduk yang tinggal di sana?

Jawabannya ada, situs BBC pun pernah mengulas kehidupan orang-orang di Little Diomede Island dan Big Diomede Island. Penghuninya adalah orang Yupik Eskimo (orang-orang Eskimo yang menempati wilayah Alaska dan sekitarnya) tapi jumlahnya tidak banyak-banyak amat, tak sampai angka 100. Kebanyakan tinggal di Little Diomede Island, sedangkan di Big Diomede Island lebih banyak penjaga pasukan perbatasan dan stasiun cuaca Rusia.

Berada di dekat Lingkar Arktik atau Lingkar Kutub Utara, maka cuaca di sana sangat ekstrem dan selalu tertutup salju. Tapi toh, orang-orang Eskimo yang menetap di sana masih dapat hidup dengan baik. Mereka memancing ikan karena lautannya sangat kaya dengan sumber daya alam.
Pulau Besok dan Pulau Kemarin
Perumahan di Little Diomede Island

Fakta menarik, penduduk di kedua pulaunya sebenarnya adalah saudara. Mereka sama-sama keturunan Eskimo dan begitu mudah berlayar menyebrang antar pulau. Namun sejak Perang Dingin antara AS dan Rusia, keamanan lebih diperketat. Apalagi, ada desas-desus kalau ditemukan sumber minyak bumi yang melimpah di sana.

"Kami tahu, kami punya saudara di sana. Generasi tua kami sekarat, sekarang tinggal yang muda-muda. Bahasa asli kami telah hilang, semuanya memakai bahasa Inggris sedangkan di sana memakai bahasa Rusia. Ini mengerikan, ini bukan salah kami," keluh Frances Ozenna, pemimpin Eskimo di Little Diomede Island.

BBC mencatat, 80 orang Eskimo tinggal di Little Diomede Island dan sekitar 20 orang menetap di Big Diomede Island. Sayang beribu sayang, izin yang ketat dan sulit membuat mereka tidak bisa saling mengunjungi. Hanya bisa bertatap-tatapan dari kejauhan dengan teleskop, melihat pulau yang di situlah tempat saudara mereka tinggal.

Orang-orang Eskimo di sana juga sebenarnya tidak setuju dengan adanya perbatasan antara Little Diomede Island dan Big Diomede Island. Namun mau bagaimana lagi, mereka tak punya kuasa di tanah mereka sendiri.

"Kami di sini sudah hidup ribuan tahun. Jauh sebelum Inggris, AS dan Rusia datang, jauh sebelum pemerintah dan peraturan negara ada. Mereka memisahkan kita, memisahkan keluarga kita. Perbatasan ini (antara Little Diomede Island dan Big Diomede Island) sungguh menyakitkan hati," ujar salah seorang penduduk Little Diomede Island, Robert Soolook.

Pulau Besok dan Pulau Kemarin
Cara menuju kesana

SUMUR
Diubah oleh silverarrows 13-02-2017 14:16
0
7.1K
46
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan