lindungibaliAvatar border
TS
lindungibali
Ini Foto 1.600 Meter Persegi Karang Raja Ampat yang Rusak Akibat Kapal Pesiar Inggris
Raja Ampat - Gugusan karang di sekitar perairan Pulau Kri, Raja Ampat rusak akibat ditabrak kapal pesiar Caledonian Sky asal Inggris yang kandas. Seperti ini penampakannya:

Kejadian kapal Caledonian Sky yang kandas di perairan Pulau Kri, Raja Ampat menyisakan kisah pedih tentang rusaknya karang di sana. Foto-foto karang yang rusak ini sungguh bikin miris.

Alexander Stubbs, peneliti biologi dari Universitas Berkeley California, AS sekaligus seorang penyelam mengabadikan kondisi karang-karang yang rusak akibat Kapal Pesiar Caledonian Sky yang kandas tersebut. Kepada detikTravel, Alex memberikan foto-foto eksklusif dan juga videonya.

"Foto ini saya ambil di kedalaman sekitar 2-6 meter. Hampir seluruh tutupan karang di perairan itu hancur. Sangat-sangat menyedihkan," kata Alex saat dikonfirmasi detikTravel, Minggu (12/3/2017).
















Hamparan karang yang semula cantik dan banyak ikannya, dalam foto Alex tampak hancur berkeping-keping dan hanya tinggal menyisakan puing saja. Padahal, asal traveler tahu, terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencapai kondisi yang sering kita lihat.

Setidaknya butuh puluhan tahun untuk merehabilitasi karang dengan kerusakan seperti yang ditunjukkan dalam foto Alex. Kapal Caledonian Sky diketahui dioperasikan oleh operator tur bernama Noble Caledonia.


[img]Kapal ini membawa 102 orang penumpang serta 79 kru kapal dari Papua Nugini menuju ke Manila, Filipina. Kapal berbendera Bahama ini dijadwalkan sampai ke Manila 14 Maret mendatang. Diberitakan Guardian dari Inggris, pemda setempat sudah menemui pihak Noble Caledonia. Pihak cruise harus membayar kompensasi denda USD 1,28-1,92 juta (Rp 17-25,6 miliar). Namun proses administrasi pembayaran denda makan waktu 1-2 tahun untuk dananya bisa dicairkan.[/img]


sumber : detik travel




salah satu spot diving paling indah di dunia rusak dalam sekejap karena kapal yang memaksa merapat ketika perairan surut emoticon-norose

dendanya kecil sekalia dibanding kerusakan alam yang ditimbulkan. proses perbaikan karang ini diperkirakan memakan waktu 1 dekade. dalam waktu 1 dekade ini pasti turis ogah untuk diving karena karangnya sudah rusak di salah satu pulau ini emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh lindungibali 13-03-2017 03:25
0
7.1K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan