Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luthfikosimAvatar border
TS
luthfikosim
Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Tebori Tool


Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Tebori yang pertama kali saya buat, masih menggunakan jarum factory dan kompatible dengan semua jenis tip.


Istilah tebori merujuk pada alat tattoo klasik asal Jepang. Tattoo asli Jepang ini dikenal pula dengan sebutan Horimono. Penyebutan horimono awalnya merujuk pada seni ukir Jepang, lalu setelah seni rajah tubuh mulai berkembang Horimono pun kemudian digunakan untuk mengidentifikasi seni rajah tubuh ini.

Era 10.000 SM seni ukir pada benda-benda sedang berkembang di Jepang. Seniman-seniman Jepang di masa itu tercetus untuk mengembangkan seni ukir tersebut namun tidak hanya di media benda saja. Sekian lama kemudian, seniman-seniman jepang terfikir untuk menjadikan tubuh manusia sebagai media seni ukir, lalu berkembanglah seni ukir di media tubuh manusia yang di kemudian hari dikenal dengan tebori tattoo. Latar belakang dari seni ukir itulah, seniman Jepang berinovasi lalu menciptakan alat tattoo tebori yang terilhami dari alat-alat pahat.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Pengembangan selanjutnya, tebori khusus untuk outline, menggunakan jarum yang diikat benang.


Di awal perkembangannya, tebori tool dibuat serba tradisional dan masih sederhana. Alat tattoo Tebori dibuat dari jarum bambu yang diikatkan pada pegangan kayu. Sedangkan tintanya, terbuat dari arang. Sehingga di masa itu, tattoo tebori yang dirajahkan pada tubuh hampir mempunyai keseragaman warna monochrome. Variasi pengembangan desain gambar, masih terbatas pada teknik tipis dan tebalnya shading. Selanjutnya beranjak ke masa Yayoi, sampai jaman Kofun (3000-600 SM) seiring dengan penggunaan logam, tebori tools berkembang dengan jarum baja disusun secara tunggal berjejer, atau ditumpuk. Sedangkan pegangannya pun ikut mengalami perkembangan, ada yang masih menggunakan pegangan kayu, ada pula yang menggunakan pegangan baja. Karena pegangan baja dinilai tidak lebih nyaman dan ringan daripada pegangan kayu, sehingga pegangan dari bahan logam tidak banyak digunakan seniman tattoo tebori di masa itu. Ragam warna tatto di masa itu turut pula berkembang. Anekar rupa warna ditemukan bersamaan dengan pengembangan tinta dari getah pohon, tinta dari hewan laut seperti cumi-cumi, dan penemuan tinta dari bahan alami lainnya.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Tebori khusus untuk shading dan Dark & Grey Tattoo.


Di era sekarang, jarum tebori tool dibuat dari bahan logam yang dieratkan dengan teknik pasak baut logam. Bahan-bahan, bahkan jarum tebori pun lebih modern dan mudah didapatkan karena telah banyak diproduksi pabrik. Masing-masing seniman tattoo di masa kini membuat variasi tebori tool sesuai dengan kenyamanan dan keinginannya. Teknik tebori tattooo mengalami kemajuan pesat, jarum-jarum tebori tools pun menjadi lebih bervariasi disesuaikan dengan teknik shading dan pewarnaan. Jumlah jarum tebori beraneka, seperti jarum ganda dengan 10 mata jarum, hingga 150 mata jarum yang diikatkan dalam satu gagang jarum.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Tebori khusus untuk coloring, terutama di bagian tubuh yang bidangnya relatif kecil seperti Sleeve Tattoo.



Tebori tools yang sakral.

Tahun 1612 ketika Shogun Tokugawa berkuasa, di era itu Yakuza mulai berkembang. Kaum bakuto mengawali tradisi menandai diri dengan horimono atau irezumi (tattoo tebori). Beberapa dasawarsa kemudian, tattoo tebori menjadi identik dengan Yakuza. Di masa kejayaan Yakuza, tattoo tebori menjadi seni rajah yang tidak sembarangan ditatokan pada seseorang, kecuali merupakan inisiasi keanggotaan Yakuza. Sang seniman tebori pun, tentu adalah seorang ketua klan Yakuza.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Salah satu Tebori yang sakral, terbuat dari tulang, khusus untuk shading dan coloring Sigil, Kanji, Rune, Sakyant, Rajah dan Mantra


Begitu “sakral” tebori tattoo yang diidentikan dengan Yakuza, seniman tattoo sebanding dengan jumlah ketua klan yang jumlahnya lebih sedikit dari anggota Yakuza. Seniman-seniman tattooo tebori dikenal dengan sebutan Horishi. Menginjak era sekarang, tattoo tebori bergeser tidak lagi diidentikan dengan Yakuza dan kriminal. Tattoo tebori sudah dipandang sebagai seni rajah asal jepang yang menjadi milik semua orang penyukanya. Meski demikian, tetap saja proses seseorang yang ingin mempelajari tebori tattooo dan menjadi seorang Horishi tidaklah mudah, bahkan lebih sulit dari seseorang yang mempelajari tattoo modern dengan alat tattoo listrik.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Most Dangerous Tebori, khusus coloring untuk bidang besar seperti Half Back Tattoo atau HORIMONO.


Di abad 18, sangat sulit jika seseorang ingin menjadi seorang seniman tatoo alias Horishi. Ketika pertama kali datang pada Horishi senior, seseorang yang hendak belajar tidak langsung belajar tebori tattoo. Ia harus melewati tahun-tahun awal tinggal di tempat gurunya, rela melakukan pekerjaan kasar dan pekerjaan rumah tangga sebagai bentuk pengabdian pada sang guru. Seseorang yang belajar tebori tattoo pada Horishi senior dikenal dengan sebutan Uchideshi. Dalam proses belajar, selama rata-rata 2-5 tahun, Uchideshi tidak membayar atas ilmu yang diperoleh dari sang guru Horishi senior. Demikian pula, Uchideshi tidak dibayar untuk pekerjaan-pekerjaan rumah yang dilakukannya. Uchideshi tinggal di rumah sang guru Horishi senior tetap dijamin pakaian serta makanannya. Proses belajar seperti ini nampak seperti keluarga, dan tidak formal seperti kursus atau workshop umumnya.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Mentattoo tubuh sendiri adalah wajib jika ingin menjadi tebori artist.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Salah satu sesi dalam masa Uchideshi salah seorang anggota keluarga besar MASAGI Fraternity.


Setelah dinilai cukup layak, sang guru Horishi senior memberikan satu set tebori tool buatan tangannya pada Uchideshi sebagai bentuk pengakuan diterima murid yang akan menjalani masa magang sambil belajar. Setelah beberapa tahun dilewati sampai pada masa cukup belajar, Uchideshi kemudian dinobatkan menjadi Horishi muda yang independen, lepas dari bimbingan sang guru Horishi senior. Namun selama setahun pertama Horishi muda diharuskan melewati masa Oroiboko, dimana Horishi muda diwajibkan memberikan seluruh penghasilan dari menato tebori kepada sang guru Horishi senior sebagai bentuk balas budi.

Pada tahun pertama sebagai Horishi muda, ia tidak menggunakan Tebori tool selain yang diberikan oleh guru Horishi seniornya. Setelah itu, ia diperbolehkan menggunakan tebori tool lain, tentunya tebori tool buatan sendiri. Demikian sakral dan sistematisnya tebori tattoooini, hingga inilah yang membuat tattoo tebori begitu istimewa, rumit, lebih sulit, bahkan lebih mahal daripada tattoo modern lain. Di masa kini, sebagian Horishi muda masih melewati proses seperti itu dahulu. Karena toleransi pergeseran kesakralan dan pengurangan sistematis dalam tebori tattoo sehingga kini tidak begitu ketat dibanding dahulu. Namun, nilai-nilai intrinsik dan keistimewaaan tebori tattooo ini masih dipertahankan sampai sekarang.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Portfolio Uchideshi : Basic kemampuan ilustrasi, digital concept design dan carving ditambah pelatihan khusus dalam uchideshi menjadikan seorang yang biasa menjadi luar biasa.


Keistimewaan tebori tattoo.

Walau di era sekarang tebori tattooo tidak begitu banyak diidentikan dengan kriminal dan bentuk kekerasan lain, tapi masih banyak yang menilai negatif tebori tattoo dan seseorang yang tubuhnya ditato tebori. Hanya karena seseorang dirajahi tattoo tebori di sebagian besar tubuhnya, dan mungkin juga karena desain tattoo tebori yang gambarnya cukup seram-seram, sehingga kesan orang itu nampak sangar, dari itu masih ada yang menganggap si empunya tattoo tebori itu sebagai seorang psikopat atau sadomasokis. Padahal tidaklah demikian.

Sifat psikopat bergantung pada mental seseorang, dan sama sekali tidak dipengaruhi oleh tebori tattoo. Nyatanya, banyak psikopat orang yang wajahnya “unyu-unyu” dan tampangnya kelihatan inosen tapi ternyata di kemudian hari terbukti mempunyai sifat psikopat. Stigma psikopat dan kekerasan lain yang berhubungan dengan tebori tattoo karena citra tebori tattoo sejak dahulu identik dengan kelompok Yakuza. Namun, di masa sekarang, publik telah kritis dan terbuka menerima tebori tattoo sebagai bagian dari seni dan gaya hidup.

Keistimewaan tebori tattoo seperti di keluarga MASAGI Fraternity ini karena melibatkan sirr, rahsa, dan taksu. Ketika ketiga itu tidak sinkron, baik dari sang horishi maupun seseorang yang akan ditato tebori, maka proses penatoan tebori ini tidak akan berjalan dengan optimal. Banyak kasus, terjadi sedikit insiden kecil, seperti rasa sakit yang lebih terasa dari sebelumnya. Ataupun semacam pendarahan, padahal biasanya tidak mengalami pendarahan sekecil apapun yang disebabkan jarum tebori menusuk kulit. Selain itu, perekatan pigmen warna pada lapisan kulit tidak bereaksi dengan baik sehingga warna yang timbul akan tampak memudar kusam.

Namun, ketika sirr, rahsa dan taksu antara sang Horishi dan yang akan ditato selaras, bahkan ketika taksu sang Horishi memuncak. Sekuat apapun jarum tebori yang menghujam kulit, tidak terasa sakit. Hasilnya pun lebih maksimal dan terasa lebih terasa “gereget”.

Tebori Tattoo Tool, hasil karya anak bangsa???
Work in Progress, Bajrang Bali TOTEM Tebori Tool.


Semoga mencerahkan. emoticon-shakehand
Salam hangat,




Luthfi ‘Vei’ Kosimsaputra
[Horishi, Chairman of MASAGI]
0
5.2K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan