Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rafaeliceAvatar border
TS
rafaelice
Dengan Rp1 Juta, Siapa Pun Bisa Jadi Investor


Di tengah upaya pemerintah mendorong sektor usaha di Tanah Air, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) kini memiliki banyak pilihan untuk mendapatkan akses modal. Salah satunya dengan kehadiran platform Crowdo.

Crowdo, merupakan platform crowdfunding yang berkembang di Asia Tenggara memberikan layanan pinjaman peer to peer (P2P). Di mana UKM dapat mengajukan pinjaman melalui website tanpa persyaratan yang berbelit-belit.

“Usaha kecil dan menengah berperan penting dalam strategi pengembangan ekonomi Indonesia. Pinjaman peer to peer yang kami berikan diharapkan dapat mendorong startup (bisnis pemula) dan UKM mengembangkan usaha mereka,” ujar Cally Alexandra, Country Manager Crowdo Indonesia saat peluncuran aplikasi Crowdo Connect di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Dia memaparkan, pinjaman peer to peer dipandang sebagai cara revolusioner untuk membantu usaha-usaha tahap awal dengan mengikutsertakan komunitas dalam online platform yang bertujuan mendapatkan dana secara efisien. Di mana pemilik usaha akan dibantu mendapatkan dana dan investor dapat mengakses secara transparan kesempatan baru untuk berinvestasi.

“Pengusaha di Indonesia menghargai benefit dari pinjaman peer to peer. Sedangkan dengan investasi, investor bisa membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia,” terangnya.

Untuk menjadi investor pun tak selalu harus memiliki dana yang besar. Hanya dengan Rp 1 juta, siapa pun bisa menanamkan modal di bisnis UKM melalui Crowdo.

Apalagi, Indonesia adalah pasar yang besar dengan jumlah UKM 60 juta. Namun Cally menyebut masih banyak pelaku UKM yang belum tersentuh pinjaman dana terutama dari bank.

“Dari total 60 juta UKM di Indonesia, 60 persen diantaranya belum dijamah oleh bank. Bank tidak mau mengeluarkan dana karena UKM mungkin belum memiliki lama usaha tiga tahun dan kebanyakan belum punya aset tetap untuk dijadikan jaminan ke bank,” kata wanita yang sudah 8 tahun bekerja di industri perbankan tersebut.

Sebagai informasi, Crowdo telah memiliki sekitar 30.000 anggota secara global dari 70 negara. Di pasar lokal sendiri, Crowdo sudah membantu pendanaan pada 1500 UKM di Indonesia. Rata-rata satu pelaku UKM menerima aliran investasi sebesar Rp 200 juta.

SUMBER
0
2.7K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan