- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Tahukan Ente Bagaimana Prosedur Recall Produk ?


TS
adam.lavine
Tahukan Ente Bagaimana Prosedur Recall Produk ?
Hai Gans

Selamat Datang di Trit Ane




Selamat Datang di Trit Ane
Langsung Saja Gansist

Quote:
Quote:
Kata “Recall Produk” pasti tak asing untuk beberapa orang di Indonesia karena mungkin beberapa dari mereka pernah mengalami ini. Product Recall atau bisa di terjemahkan sebagai penarikan produk adalah proses pengambilan barang yang cacat oleh produsen dari konsumen dengan sebuah kompensasi. Tak perlu khawatir jika menerima recall produk karena perusahaan produk tersebut akan memberi kompensasi berupa pembenahan produk atau penukaran produk yang baru.

Kegiatan recall produk ini jelas memiliki tujuan, ruang lingkup, standar yang berlaku dan lain sebagainya. Hal hal tersebutlah yang di namakan kegiatan Prosedur Recall Produk. Berikut kumpulan pembuatan Prosedur Recall Produk :
Quote:
1. Tujuan
Di dalam prosedur tujuan ini akan dijelaskan mengenai kegiatan proses penanganan recall produk atau penarikan produk. Hal tersebut harus benar benar di lakukan guna memastikan bahwa produk tersebut benar benar telah di tarik dan tidak beredar di pasar.
2. Ruang Lingkup
Pada prosedur ruang lingkup kegiatannya mulai dari mendapatkan informasi tentang recall produk dari QA sampai dengan melakukan pengujian atau pemantauan terhadap produk yang telah di tarik, yang selanjutnya di lakukan proses penanganan barang dengan istilah barang tidak sesuai.
3. Standar Yang Berlaku
Persyaratan Standar ISO 9001 : 2008 – Klausual 8.3
4. Indikator Kinerja Prosedur
Keseluruhan dari produk yang di recall akan di periksa ulang dan di catat daya guna program recall produk melalui penggunaan teknik yang selaras.
5. Uraian Prosedur
5.1. QA akan mempersiapkan data yang berhubungan dengan recall produk, seperti :
5.1.1. Nama produk yang di recall
5.1.2. Kode produk dan tanggal produksi
5.1.3. Jumlah yang akan di recall
5.1.4. Alamat dan nama pelanggan beserta jumlah produk yang akan di recall dari masing masing pelanggan
5.2. Produk yang telah selesai di recall harus segera diamankan dan diawasi sampai tiba proses penghancuran atau di gunakan untuk tujuan yang lain atau bisa juga ditentukan sebagai produk yang pantas untuk perencanaan pengunaan dan yang terakhir bisa di proses ulang untuk memastikan produk telah aman digunakan.
5.3. Di haruskan untuk mencatat penyebab, cangkupan dan hasil dari recall produk, setelah itu melaporkan MR kepada top management.
6. Definisi dan daftar singkatan
6.1. CPAR : Corrective and Preventive Action Request
7. Dokumen Terkait
7.1. Form Informasi Recall Produk
7.2. Form Hasil Analisa Proses Recall
Di dalam prosedur tujuan ini akan dijelaskan mengenai kegiatan proses penanganan recall produk atau penarikan produk. Hal tersebut harus benar benar di lakukan guna memastikan bahwa produk tersebut benar benar telah di tarik dan tidak beredar di pasar.
2. Ruang Lingkup
Pada prosedur ruang lingkup kegiatannya mulai dari mendapatkan informasi tentang recall produk dari QA sampai dengan melakukan pengujian atau pemantauan terhadap produk yang telah di tarik, yang selanjutnya di lakukan proses penanganan barang dengan istilah barang tidak sesuai.
3. Standar Yang Berlaku
Persyaratan Standar ISO 9001 : 2008 – Klausual 8.3
4. Indikator Kinerja Prosedur
Keseluruhan dari produk yang di recall akan di periksa ulang dan di catat daya guna program recall produk melalui penggunaan teknik yang selaras.
5. Uraian Prosedur
5.1. QA akan mempersiapkan data yang berhubungan dengan recall produk, seperti :
5.1.1. Nama produk yang di recall
5.1.2. Kode produk dan tanggal produksi
5.1.3. Jumlah yang akan di recall
5.1.4. Alamat dan nama pelanggan beserta jumlah produk yang akan di recall dari masing masing pelanggan
5.2. Produk yang telah selesai di recall harus segera diamankan dan diawasi sampai tiba proses penghancuran atau di gunakan untuk tujuan yang lain atau bisa juga ditentukan sebagai produk yang pantas untuk perencanaan pengunaan dan yang terakhir bisa di proses ulang untuk memastikan produk telah aman digunakan.
5.3. Di haruskan untuk mencatat penyebab, cangkupan dan hasil dari recall produk, setelah itu melaporkan MR kepada top management.
6. Definisi dan daftar singkatan
6.1. CPAR : Corrective and Preventive Action Request
7. Dokumen Terkait
7.1. Form Informasi Recall Produk
7.2. Form Hasil Analisa Proses Recall
Quote:
Quote:
Nah, itu tadi beberapa penjelasan dari Prosedur Recall Produk yang bisa bermanfaat untuk ente gansis. Seperti kasus beberapa bulan lalu, produsen mobil seperti toyota dan honda telah melakukan recall terhadap produknya dikarenakan Air Bag merk Takata yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan membahayakan keselamatan penumpangnya.

Selanjutnya ada uraian dari Recall produk yang membahas mengenai beberapa Pelaksanaan yang di lakukan seperti :
1. Kegiatan penarikan kembali produk akan di laksanakan setelah men adanya produk yang cacat atau di terima laporan mengenai reaksi yang merugikan, dengan segera, dan agar pesan tiba dengan cepat, menggunakan sistem komunikasi yang efektif.
2. Setelah di ketahui ada cacat mutu atau di terima laporan mengenai reaksi yang merugikan yang berisiko tinggi, pendistribusian produk hendaklah di batasi dan dilanjutkan dengan tindakan penarikan kembali sampai tingkat konsumen.
3. Sistem dokumentasi penarikan kembali produk di perusahaan sekiranya mencakup Prosedur penarikan kembali produk yang antara lain mencakup cara, alat, dan tenggat (batas waktu) untuk melakukan pembatasan dan penarikan produk. misal dengan cara mock recall.

Selanjutnya ada uraian dari Recall produk yang membahas mengenai beberapa Pelaksanaan yang di lakukan seperti :
1. Kegiatan penarikan kembali produk akan di laksanakan setelah men adanya produk yang cacat atau di terima laporan mengenai reaksi yang merugikan, dengan segera, dan agar pesan tiba dengan cepat, menggunakan sistem komunikasi yang efektif.
2. Setelah di ketahui ada cacat mutu atau di terima laporan mengenai reaksi yang merugikan yang berisiko tinggi, pendistribusian produk hendaklah di batasi dan dilanjutkan dengan tindakan penarikan kembali sampai tingkat konsumen.
3. Sistem dokumentasi penarikan kembali produk di perusahaan sekiranya mencakup Prosedur penarikan kembali produk yang antara lain mencakup cara, alat, dan tenggat (batas waktu) untuk melakukan pembatasan dan penarikan produk. misal dengan cara mock recall.
Quote:
Quote:
Sekian dulu ane sharenya ya gansist 
Jangan lupa tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane
Sumur:
Blog
Detikdotcom

Jangan lupa tinggalin komentar dan bersedekah sedikit cendol buat ane

Sumur:
Blog
Detikdotcom
0
10K
Kutip
66
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan