jinpari22Avatar border
TS
jinpari22
LAMBORGHINI ASAL INDONESIA

ndonesia punya aneka ragam unggas unik. Salah satunya ayam Cemani yang kini mendunia.

Ayam Cemani bukan sembarang ayam. Ayam ini punya julukan 'Lamborghini' dalam dunia unggas.Saat melihat ayam ini langsung terlihat keunikannya. Ayam asal Indonesia ini berwarna hitam arang. Bukan hanya hitam dari luar, tapi semua organ dalam, otot dan tulangnya pun juga sama hitamnya.

Disebabkan oleh mutasi genetik, efek tersebut dikenal sebagai fibromelanosis. Kata tersebut mungkin terdengar mengkhawatirkan namun artinya sederhana. Unggas ini memproduksi melanin sekitar 10 kali lebih banyak dari ayam biasa.


Menurut Science Daily, proses mutasi telah dimulai sejak ayam dalam embrio. Hasilnya saat lahir adalah anak ayam kecil hitam menggemaskan.

Menurut Paul Bradshaw dari Greenfire Farms, salah satu peternakan ayam Cemani paling terkenal dan terkemuka di Amerika, hanya ada 2 area di tubuh ayam yang tidak terpengaruh akan mutasi. Pertama ayam ini tetap menghasilkan telur berwarna krem (sekitar 60-100 buah per tahun) dan darahnya pun tetap merah karena hemoglobin.

Di pulau Jawa, unggas langka ini dipercaya memiliki kekuatan mistis pada daging hitamnya dan telah digunakan dalam ritual magis sejak abad ke-12.


Karena rona gelapnya, ayam ini dipandang sebagai utusan penghubung antara dunia manusia dan dunia supernatural. Orang Jawa percaya bahwa Cemani dapat memberi kekuatan, reputasi dan kekayaan.

Di bawah sinar matahari yang cerah, warna hitam agak berubah seperti hijau dan ungu. Efek ini begitu memukau. Anda bisa mengerti mengapa orang Indonesia menghubungkannya dengan kekuatan mistis.


Bagi orang luar Indonesia, tidak mudah untuk mendapatkan ayam Cemani. Misalnya, Departemen Pertanian Amerika melarang ayam hidup impor dari Indonesia karena kekhawatiran akan flu burung.

Namun Administrasi Perdagangan Internasional menyebutkan orang tetap bisa menemukan peternak ayam Cemani di Amerika seperti Greenfire Farms. Ayam unik ini dihargai 200 dollar (Rp 2,6 juta rupiah) atau lebih.

Sumber: https://food.detik.com/read/2017/02/...348.1487559721
anasabila
anasabila memberi reputasi
0
3.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan