CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / The KASKUS Bar /
SCAK (Specialty Coffee Association of Kaskus) - Part 1
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56df41b992523320308b4568/scak-specialty-coffee-association-of-kaskus---part-1

SCAK (Specialty Coffee Association of Kaskus)

Tampilkan isi Thread
Halaman 114 dari 272
Quote:


Bentuknya emang seperti kompor induksi, tapi bukan. Cuma attachment kayak kettle2 listrik pada umumnya.
Quote:


Mending toples kaca (jar). Cuma disesuaikan sama jumlah beans nya jangan kegedean. Kalo headspace nya gede ya nti ngefek ke kualitas beans nya. Pengalaman pribadi.
Kalo gw sekarang simpen di gusset valve bawaan beans nya.

Peaberry

Quote:


Perahu saya sih peaberry itu ADA pohonnya. Dan buahnya jarang2. Biasanya tumbuh Di sekitar pohon2 kopi yg lain Dan biasanya pohonnya tinggi bro. Dan buahnya tidak terlalu banyak
Quote:


iya yy kaca aja ya
kalo ane sih biasanya tetep di dalem kemasannya yg ada one way valvenya trus di masukin lagi ke dalem Tupperware yg kedap udara, cuma dapet bean yg 1kg beli n600 mesti di pindah ke jar.

oh ya yg punya latina/feima 600N ada yg suka nyetrum juga ga bodi besinya? punya gw kok nyetrum ya, kalo ga di colok sih ga nyetrum
Quote:


Dibalik coba kak colokannya itu ngaruh biasanya soalnya yg ak jg kadang suka nyetrum di baudnya
Quote:


Gw percaya peaberrry ADA, lha wong dah pernah nyicip. Hhe. Cuma ga percaya mitos tentang khasiat yang berkembang di masyarakat.

Quote:


Woh itu lebih baik.
Quote:


setahu saya peaberry itu persilangan kopi dengan perantara burung yang memakan buah kopi dan membuang kotorannya hingga tumbuh biji. Ada yang bilang persilangan nya yg gagal. Tapi dari 1 hektar kopi yang di tanam pohon peaberry sendiri tidak terlalu banyak bisa di hitung, karena pada saat memetik biji kopi umumnya pemilik kebun kopi tau tanaman peaberry seperti apa, pohonnya tinggi dan daunnya pun berbeda (koreksi kalau saya salah) setahu saya dari mertua yang punya kebun kopi.. Boleh di coba bro, nanti coba ane kumpulin gan coba di roasting, mitosnya sih gitu obat kuat, Kalau minum kopi juga kita jadi kuat begadang....hehehe....
Quote:


Jadi burung berperan utama?

Kalo yg gw baca sama info petani sh ktny mutasi alami atau faktor genetis dari tanaman kopinya. Geto sh ga tau bner atau nggak. Gw blum merambah ttg ilmu perkebunan nya lbh dalam.

Ga ngaruh bro kopi buat melek atau nggak. Kl ngantuk tetep ngantuk. Ahahaha.
Quote:


Gak tau klo musti pake kaca ato plastik, yg jelas kafe2 semua pake kaca, ntah karena menarik dilihat atau alasan tertentu, mungkin klo plastik bisa panas ato keringetan kali ya.. klo kaca ngak.. ane sendiri pake kaca jg dirumah krn alasan bisa ngapalin bentuk bijinya..

Yg jelas yg ane baca di homebarista dulu sih, tempat biji kopi harus dikasi space kosong untuk keluarny gas dr biji kopi, mau greenbean atau roasted, ditaroh di suhu udara biasa, gak blh dikulkas, kalau pake plastik bagus yg dalemny almunium sama cari yg ada lubang untuk keluarny gas tapi udara dari luar gak bisa masuk..
Quote:


Grinder ane k3 juga kadang suka nyetrum gan.. baca di buku petunjuk suru pake sandal waktu pengoperasian alat.. baca di web luar juga blng gt.. suru pake alas kaki.. tp listrik yg nyetrum gak kenceng sih.. geli2 duang.. kalo kata babe ane kalo pake alat listrik di rmh suka nyetrum2 berarti besi ground rumahny yg nempel ketanah gak bener masangny atau kurang dalem.. cmiiw
Quote:


saya udah konsul ke maharajanya langsung, jadi kalo kita nyoloknya kebalik emang nyetrum, saya coba balik ternyata bener ga nyetrum lagi, ternyata simple itu aja masalahnya

Jasa Descaling

Gan, ada yang tau orang yg bisa memberikan jasa descaling buat mesin Heat Exchanger gak ya? Mesin gw belom pernah didesclale, dan katanya klo udh lama gak pernah descale, mending dilakukan oleh profesional krn takutnya nanti kerak2 yg luntur malah akan nutupin lubang2.

Thanks in advance.
Selamat siang agan2 semua.

Salam kenal dari newbie, baru tau ternyata ada forum nya mohon bimbingannya gan. Ane peminum kopi belum ke penikmat n penilai. Biasa minum kopi gayo karena asli dari sana.
Quote:


Ijin jawab, w jg pake hand grind latina sumba. Cba d tambahin baut lg, biar kenceng. W dah hampir 6 bulan lebih, pake buat giling /hari 2 cup, smpe skrng msih OK...
Siang gan, ad yg tahu pola drip perkolasi gak gan? Kalo boleh di share ilmunya gan.. ane barusan nyoba tp alatny tidak memadahi.. alat asal ad aja.. tp jd juga menurut ane.. da dasar lidah org biasa.. haha..
profile-picture
pcgamer memberi reputasi
Quote:

baut nomor berapa gan? pasang dibagian mana? ada fotonya?

Quote:

perkolasi kalo tidak salah nyeduhnya di tetes-tetesin gitu kan ya?
biasanya perkolasi pake teko leher angsa doang om alatnya

CMIIW
Quote:


Lupa baut no brp, pokok'a cari ja yg pas. Di pasang setelah burr yg wrna putih..
Plus saran, usahin klo buat ng'grind jgn terlalu rapet burr'a, dan bersihin min dah 4 kali pake
Quote:


Nice review gan emoticon-Smilie
Enak ya kayaknya punya yg elektrik, jd tinggal set aja suhunya, gausah ngeliat2 dan nungguin termometer.
Racun ni si agan 😐

Grinder

gan. ADA yg pernah Pakai Salah Satu alat grinder Di bawah ini. yg bagus yg mana ya.
SCAK (Specialty Coffee Association of Kaskus) - Part 1
Quote:


Dengan harga Rancilio Rocky, mungkin bisa dipertimbangkan Baratza Sette 270 aja kali ya?
Halaman 114 dari 272


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di