Kaskus

Entertainment

alfiiiiiiiiiinAvatar border
TS
alfiiiiiiiiiin
SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang
Malam gan sis semuwaaah... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment ,
hhihihihihii...

beteweh pernah jualan makan, atau buka warung, buka lapak, delivery makanan, atau apalah yang intinya jualan makanan? kalau pernah pasti pernah ngalamin hal lucu dengen pernyataan, pertanyaan atau tindakan pembeli kan?.. yuuuup.. dimalam jumat ini, mimin jadi keingat itu.. hihihihiii...

okeww cuuuuz....
hadirin yang berbahagia, kita semua pasti tahu yak, kalau pelanggan itu adalah raja, nah karena perumpamaan raja itulah, maka kita sebagai penjual harus menghormati dan memperlakukan doi dengan sitimewah. Tapi kadang tidak jarang si pembeli kita ini kemauanya aneh aneh dan tidak masuk di akal gan, eeend malam ini mimin mau cerita tentang suka duka ngadepin pelanggan di rumah makan... emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir cabuuut


RUMAH MAKAN DIANGGAP PASAR
SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang

yang datang ke rumah makan cuantik, sekseeeh dan aduhai semlohai.. cuman pas bayar doi nawar, sebenarnya sih boleh-boleh saja, cuman jadi berasa kayak ada aneh-anehnya guitu.(iklan lek mineral). dan ini pelakunya rata-rata kaum mami mami. Pas nawar sumpeee gan, mukanya dimanis-manisin, kadang kitanya sampai kebobolan juga nurunin harga. nah jurusnya, ente harus ngaku jadi karyawan walaupun ente pemilik, dan sampaikan dengan halus " mohon maaf kakak, disini harga pas " dan langsung alihkan pembicaraan ke subjek yang lain, seperti tanyai saran tentang masakan kek, saran fasilitas atau apa saja terkait rumah makan yang menjadikan posisi pembeli seakan penting.



CUSTOM ORDER
SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang
menurut ane, kejadian ini niii yang lucu... waktu itu pas di rumah makan rame-ramenya, dan dapur gemuruh dengan kerjaanya, tiba-tiba waitres datang dan nyebutin pesenanya, " pesanan selanjutnya, minta sambal trasi dengan komposisi bawang putih 5 siung, bawang merah 5 siung, cabe 20 biji, tomat, trasi, gak mau pakek gula, eeeeh request .. ini bisa kah di buatin ??" spontan suwasana dapur hening, "ape.. muke gile, kagak bisa lah, kita sudah ada sambal sendiri, sudah ready, kagak bisa buatin yang gituan". orang-orang dapur akhirnya ngakak semua. Sebenarnya akan terasa lucu kalau ada konsumen yang datang ke rumah makan yang jual spesial seafood dengan olahan western dan mintak dibuatin syambal terasi, cuman dari 1 dari 10 orang yang minta request aneh-aneh. ada yang minta nasi goreng lah, ada yang minta seafoodnya di bakar pakai daun lah dan macem-macem. kalau cuman minta jangan terlalu asin, atau minta setengah matang sih masih wajar. Nah jurus untuk ngadepin konsumen yang mintanya aneh-aneh gini, tekankan bahwa menu kita rasanya tidak jauh berbeda dengan request si doi, kemungkinan doi nerima menu kita dan kemungkinan buruknya doi ngeyel minta atau cancel pesenan.



SUUDZON

SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang

hati-hati ini gan, pernah ada konsumen mimin yang ngamuk-ngamuk dengan alasan pesenanya berubah. critanya begini, kita jual seafood dalam keadaan mentah, dan waktu itu lobster, nah doi pesen deh lobster se ekor dan minta dibelah jadi dua, pas pesenan datang doi ngaku kalau pesenanya tadi besar, pas di piring kok jadi kecil, intinya dia merasa di tipu. kebayang kan bagaimana jelasin kalau pelanggan ngamuk2 merasa di tipu? kita sudah main sumpah sumpah ngaku kalau gak di ganti, tapi tetap saja ngamuk, alhasil waktu itu, lobster yang dibelah itu di gabungin agar bisa kelihatan wujud aslinya. dan apakah yang terjadi, doi diam, kayaknya dalam hati doi merasa dirinya salah. jurus kalau ngadepin pelanggan kayak gini harus tenang brooow, gak boleh kepancing emosi, jelasin pelan2 dan tunjukan bukti. kalau memang susah, lebih baik ajukan segera ganti pesenan, dan minta maaf saja, bilang saja salah meja,dari pada berabe, dan tentunya inget2 wajah si doi, hehehhehe,,, agar kalau doi pesen lagi perlu di jelaskan di awal kalau proses pengolahan seafood akan mengalami penyusutan.


DELIVERY PLUS-PLUS

SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang

kadang ada beberapa pelanggan yang menghubungi CS kita untuk pesen dan dianter by kurir rumah makan kita, nah lucunya ada beberapa konsumen yang nyuruh kurir kita untuk mampir dulu ke warung-warung lainya, jadi pesenya di kita seafood, nah nyuruh kurir untuk sekalian beliin es krim dan sabun di indomar*. nah ini niiii... di jawab saja kalau jadwal anter kita padat.


DELIVERY MIN MIN
SUKA DUKA JUALAN MAKANAN, jurus jitu untuk pembeli yang

lawanya delivery plus plus gan, kalau delivery min min (baca minus) ini pas nganterin pesenan makanan, e ternyata rumahnya di tengah kuburan gan, jadi waktu itu kita ngikutin Google map, dan tak terasa mulai muncul satu persatu makam di kiri kanan kita, duh.. sumpe gan, pas posisi malam jam 9 up, sudah lagi pesenanya banyak, kalau gak dianter rugi, dianter mah ngeri... akhirnya kita putusin untuk lanjut, dan ternyata rumah doi memang di pingir kuburan. Saran mimin kalau mau anter makan, tanya alamat dan arah-arah rumah pembeli, dan jangan percaya seratus persen sama Google map. hiihihih soalnya beberapa kali kejadian nganter ngelewatin jalan syuraam.


Dan masih banyak suka duka jualan makan atau buka rumah makan gan, ada konsumen yang dijelasin kagak paham-paham, ada konsumen yang ngaku-ngaku kenal sama owner, ada yang cara makanya lucu, seperti makan kepiting pakai garbu dan pisau wekekekke.. cuman karna itu yang buat kita jadi ngakak dan nikmatin punya sebuah usaha rumah makan.

mungkin agan dan sista punya pengalaman yang ngakak ngadepin pelanggan, bagiin ceritanya yaak ...emoticon-kisssing emoticon-kisssing
to be continue emoticon-Metal
Diubah oleh alfiiiiiiiiiin 23-02-2017 21:36
0
5K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan