phd.inhatredAvatar border
TS
phd.inhatred
Menteri Jonan: Saya Kira Freeport Itu Gajah Ternyata Hanya Sapi
Menteri Jonan: Saya Kira Freeport Itu Gajah Ternyata Hanya Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Menteri ESDM Ignasius Jonan tak gentar dengan pernyataan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang tidak mau menuruti aturan pajak dan divestasi yang tertuang dalam izin usaha pertambangan khusus (IUPK). Menurut Jonan, nilai kapitalisasi perusahaan tambang Freeport di seluruh dunia kini sudah tak lagi besar.

"Dulu sebelum mengurus ESDM saya kira Freeport itu gajah tapi ternyata hanya sapi," katanya saat mengisi kuliah umum bertajuk "Menciptakan Pemuda Sadar Energi untuk Kemandirian Energi Bangsa" di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (21/2).

Anggapan itu mencuat tatkala ia membandingkan kapitalisasi perusahaan tambang Freeport di seluruh dunia dengan perusahaan asing lain yang berinvestasi di Indonesia. Dengan total nilai perusahaan tambang seluruh dunia mencapai 20 miliar dolar AS, Freeport masih kalah dengan Exxon Mobile (355 miliar dolar AS) dan Chevron (204 miliar dolar AS).

"Exxon yang mewakili seperempat dari produksi minyak Indonesia dan Chevron yang 35 persen produksi minyak nasional saja nggak rewel," ujarnya.

Ia bahkan membandingkan Freeport dengan BUMN milik Pemerintah Indonesia. Nilai perusahaan Freeport hanya selisih tipis dengan BRI (21 miliar dolar AS) dan Bank Mandiri (19,5 miliar dolar AS).

Menurut dia, royalti dan pajak yang dibayarkan PTFI dalam bentuk apapun sebesar Rp 214 triliun selama 25 tahun (per tahun Rp 8 triliun) masih lebih sedikit dibandingkan pembayaran cukai rokok satu tahun pada 2015 sebesar Rp 149,5 triliun. "Pemerintah Indonesia sudah memberikan opsi yang cukup fair kepada PTFI terkait keberlangsungan operasionalnya di Indonesia," kata Jonan.

http://m.republika.co.id/berita/ekon...ta-hanya-sapi#

kalau sebesar sapi beli aja emoticon-Big Grin
kontrak karya cukup sampe 2021 aja
serius saya dukung!
biarkan sahamnya ancur dulu ini lg bearish
nanti valuasi jeblok baru kita beli emoticon-Big Grin

memang investnya doz itu katakan 20 bio usd!
tapi kadar ore mineralnya apa valid itu data ptfi
orang umumya underground mineral au itu umunya 8-10 gram/ton
lah ini masih 2,2 miliar ton bijih
kalau diitung kasar ya 16rb ton emas belum mineral lain
cadangan emas bi aja cuma berapa? 100an ton kali emoticon-Stick Out Tongue
itu loh areanya udah dipersempit dr 210rb hektar jd 90rb hektar
kebayang kan brp puluh ribu triliun ada di papua

kalau cuma 0.83gram/ton ngapain ngeruk2 pake minegem

hajar aja jon!
paksa iupk kalau gak mau hadapi aja gugatannya
iupk lain ngasih royalti 3,75% dia cuma kasih 1% Au, silver cuma kasih 1% yg lain 3%, Cu dia cuma ngasih 3 % yg lain udah kasih 4%

KK macam itu kok minta dilanjut, bodoh berjamaah jn dilanjut lah, ditindas kok senang!

upahnya karyawan sono ptfi juga jauh sama fcx sono sama2 bisa nambang emas bisa operasiin minegem!

komen tambahan:

mana mungkin ahmad soekarno tandatangan ini uu pma 1/1967
la nov 67 aja mafia berkeley baru beraksi bagi2 ladang SDA kita di jenewa buat dpt utangan !

ilegal uu atau penipuan ttd nih emoticon-Mad (S)

Quote:


Quote:



Update: emoticon-thumbsup

Kalau Freeport Sulit Berunding, Saya Akan Bersikap

Jakarta - PT Freeport Indonesia belum lama ini melemparkan ancaman kepada pemerintah Indonesia, terkait dengan negosiasi perubahan status Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Bila tak ada hasil dalam 6 bulan, maka Freeport akan menggugat pemerintah ke Arbitrase Internasional.Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan untuk negosiasi. Akan tetapi, jika tidak ada titik temu, maka Jokowi akan segera mengambil sikap tegas."Ya nanti dilihat. Ini kan masih menteri masih memproses berunding dengan Freeport. Intinya itu saja kalau memang sulit musyawarah dan sulit diajak untuk berunding saya akan bersikap," tegas Jokowi di GOR Popki, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).Proses negosiasi, kata Jokowi memang harus diutamakan dalam persoalan ini, agar mampu menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak."Ya kita ingin ini dicarikan solusi menang-menang. Dicarikan solusi yang win-win. Kita ingin itu," ujarnya.Jokowi pun tidak ingin masuk terlalu jauh dalam negosiasi, karena sudah serahkan kepada Menteri ESDM dengan mengacu kepada aturan yang berlaku."Kan ini urusan bisnis jadi oleh sebab itu saya serahkan kepada Menteri. Tapi kalau memang sulit diajak musyawarah, dan sulit kita ajak berunding ya kita nanti akan bersikap," pungkasnya. (mkj/dna)

Jokowi: Kalau Freeport Sulit Berunding, Saya Akan Bersikap
https://m.detik.com/finance/energi/d-3429891/jokowi-kalau-freeport-sulit-berunding-saya-akan-bersikap
Diubah oleh phd.inhatred 23-02-2017 05:19
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan