Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

soekirmandiaAvatar border
TS
soekirmandia
Bocor! Begini Laporan Kedubes AS ke CIA Mengenai Anies Baswedan
Bocor! Begini Laporan Kedubes AS ke CIA Mengenai Anies Baswedan
By Ansori - February 19, 2017



Anies Baswedan

SURATKABAR.ID – Nama Anies Baswedan ternyata pernah masuk dalam salah satu dokumen pemerintah Amerika Serikat (AS) yang bocor melalui Wikileaks.

Dilansir dari jpnn.com, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta pada Jumat, 25 September 2009 pukul 10.17 mengirim kawat diplomatik ke Central Intelligence Agency (CIA), Defense Intelligence Agency, National Security Council dan Menteri Luar Negeri AS.

Kawat tersebut berisi perihal permintaan visa clearance untuk Anies Baswedan. Ketika itu Anies sedang mengajukan permohonan visa untuk bisa berkunjung ke Amerika Serikat.

Agenda Anies di Amerika untuk dua keperluan penting. Pertama untuk menerima penghargaan dari Northern Illinois University. Sementara keperluan kedua adalah untuk mendampingi Presiden Republik Indonesia, saat itu adalah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk bertemu dengan kalangan akademisi di Boston.

Laporan yang bocor di wikileaks mengenai Anies tersebut berkategori sensitive but unclassified (SBU). Pada laporan tersebut Kedubes AS di Jakarta memberikan rincian mengenai profil Anies Baswedan. “Teman AS dan secara pribadi dikenal oleh Duta Besar (Cameron Hume, red),” tulis kawat diplomatik itu.

Bagi Amerika Serikat, Anies Baswedan dianggap sebagai tokoh muslim moderat. Tidak hanya itu, pada laporan tersebut Anies sudah disebutkan sebagai salah satu kandidat dari Menteri Pendidikan.

Hal lain yang masuk dalam laporan tersebuat adalah mengenai Anies yang masuk dalam majalah Foreign Policy sebagai satu dari 100 cendekiawan top dunia. Kedubes AS di Jakarta ternyata merasa khawatir visa yang dimohon oleh Anies tertahan atau mengalami kendala, hal itu bisa menjadi sesuatu yang memalukan.

Anies kala itu tercatat sebagai pemegang paspor bernomor B461837. Pria kelahiran 7 Mei 1969 itu akan melakukan perjalanan ke Dekalb di Illinois.

Pada laporan tersebut juga disebutkan jika pria yang bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan itu akan berada di AS selama empat hari.

Beberapa poin lain yang juga masuk dalam kawat tersebut adalah mengenai jabatan Anies sebagai rektor di Universitas Paramadina yang dikenal prestisius di Jakarta. Disebutkan juga jika Anies termasuk orang yang diundang oleh Kedubes AS di Jakarta saat acara buka puasa.

Karenanya, Kedubes AS meminta permohonan visa Anies segera diselesaikan. Harapannya agar tidak menimbulkan hal memalukan dan merusak kepentingan AS
http://www.suratkabar.id/31263/news/...anies-baswedan



source:
https://wikileaks.org/gifiles/docs/5...4-3a30_pm.html




source:
https://wikileaks.org/plusd/cables/1...ARTA141_a.html

---------------------------

Bocor ...bocor .... bocor !!!


emoticon-Wakaka

0
28.3K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan