Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

phd.inhatredAvatar border
TS
phd.inhatred
Penjelasan Anies soal Program Rumah Tanpa DP - Kompas.com


Penjelasan Anies soal Program Rumah Tanpa DP - Kompas.com

Saturday, February, 11 2017

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat bersalaman dengan calon gubernur nomor urut 3 Anies Baswedan dalam debat ketiga calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (10/2/2017). Debat yang terdiri dari enam segmen ini meiliki subtema pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, anti-narkotika, dan kebijakan untuk disabilitas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan dua, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, program calon gubernur nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan, mengenai program kredit rumah tanpa down payment (DP) sulit terealisasi.

Namun, menurut Anies, programnya bisa terwujud. Bahkan disebutnya sebagai hal yang sederhana.

"Sederhana saja. Anda lihat skema KPR yang sekarang ada. Jadi Perbankan dan KPR, sama semuanya. Bedanya adalah down payment (DP)-nya. Jadi tidak ada yang berubah dari sisi pembiayaan. Skemanya KPR, tetapi down paymentnya," ujar Anies.

Hal ini diungkapkan Anies seuisai acara debat cagub-cawagub DKI Jakarta 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

Anies menjelaskan, untuk mendapatkan rumah tanpa DP, masyarakat harus melewati prosedur seperti KPR. Nantinya, pihak bank akan melakukan pengecekan perizinannya.

"Jadi hati-hati, jangan sampai kredit gratis, tidak ada kredit gratis. Jadi yang benar adalah kredit seperti KPR biasa, hanya down payment-nya nol," ucap dia.

Menurut Anies, program tersebut bukan Pemprov DKI yang akan membangun perumahannya. Namun, pemerintah hanya membantu dalam hal DP saja.

"Jangan keliru ya, kami bukan mau membangun perumahan. Ini adalah anda mau kredit, ambil dengan Bank DKI, lalu anda mendapat kredit itu dengan DP nol," kata Anies.

Calon wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, sebelumnya meminta pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta tidak mengobral janji kampanye yang tak bisa dijelaskan. Dia berharap, cagub-cawagub memberikan program konkret.

Dalam debat ketiga cagub-cawagub DKI, Djarot memberikan pertanyaan kepada cagub-cawagub, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, soal program kredit rumah tanpa down payment (DP).

“Kami beri contoh, ada program rumah murah untuk rakyat, memiliki rumah tanpa uang muka dan kredit selama 30 tahun. Kami ingin tahu di mana rumahnya, siapa yang dapatkan, apakah itu sesuai aturan dari Kemenpera (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)?” tanya Djarot kepada Anies.

“Mari kita berikan program yang bisa dilaksanakan, bukan wacana yang sulit dilaksanakan,” ucap Djarot.

Penulis: Akhdi Martin Pratama
Editor: Ana Shofiana Syatiri

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/02/11/06401561/penjelasan.anies.soal.program.rumah.tanpa.dp


dibaca dipahami kalau masih belum paham itu tandanya ente panastak
jd yg menjamin itu bank dki dp-nya

ni aturan dr BI



DP Rumah 0%, Program Unggulan Anies-Sandi

DP Rumah 0%, Program Unggulan Anies-Sandi
RumahCom – Satu minggu lagi, masyarakat DKI Jakarta akan mempergunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala daerah alias Pilkada.

Memasuki minggu tenang, para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sudah tidak diperkenankan lagi melakukan kampanye. Baik itu berinteraksi dengan mendatangi warga secara langsung maupun lewat media sosial.

Sebelumnya, selama masa kampanye masih berlangsung, para pasangan calon (paslon) saling unjuk gigi membeberkan sejumlah program terbaiknya. Begitupun dengan pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Baca juga: Menguak Aset Properti Milik Anies-Sandi

Keduanya sama-sama mengaku ingin mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat DKI Jakarta. Salah satu cara yang hendak direalisasikan adalah dengan memberikan kredit rumah murah.

“Kami akan berikan kredit rumah dengan DP (uang muka) nol Rupiah,” ujar Anies Baswedan dalam Debat Cagub DKI 2017 putaran kedua, yang berlangsung pada 27 Januari kemarin.

Menurutnya, uang muka ini sebenarnya tidak serta merta dihilangkan, melainkan disiasati dengan cara ditabung terlebih dahulu.

Jadi, warga yang berminat akan diminta menabung sejumlah uang dalam waktu enam bulan, lalu setelahnya diberi akses untuk melakukan cicilan rumah.

Baca juga: Laju Pasar Properti Tertahan Isu Pilkada dan Keamanan

Tabungan tersebut nantinya akan diklaim sebagai pengganti DP. Oleh karenanya, nominal tabungan harus dipastikan mencapai minimal 10 persen dari harga rumah yang diincar.

“Kendala terberat bagi masyarakat untuk membeli rumah baru ada di persoalan uang muka. Makanya, kami berencana memberikan fasilitas bebas DP lewat bank. Sudah ada mekanismenya, dan kami sudah menggandeng Bank DKI,” ucapnya.

Ia menambahkan, “Persyaratannya warga harus menabung selama enam bulan yang nominalnya mencapai 10 persen dari nilai rumahnya,” sambung Anies.

(Ini dia rumah murah cicilan di bawah Rp2 Juta di Bogor)

Efektifkah Ini?

Menanggapi program paslon nomor 3, Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan mengatakan pada intinya DP rumah nol persen sangat bisa dilakukan. Mengingat, program seperti ini bukan hal baru di dunia properti.

“Saat ini pun sudah ada beberapa pengembang yang menawarkan program serupa. Tapi tentu saja dibarengi dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan, karena pengembang harus mengatur kelancaran cash flow untuk mewujudkan realisasi pembangunan proyeknya,” katanya.

Ike menambahkan, “Demikian juga dengan perhitungan jumlah dana tertentu dalam rekening seseorang yang bisa digunakan sebagai faktor pemberian kredit rumah barunya.”

Alasan tercetusnya program ini, menurut Anies, karena ia dan Sandi prihatin akan banyaknya warga Jakarta yang belum memiliki hunian tetap berstatus hak milik.

Selain kredit rumah, Anies pun berjanji turut memasang pipa air bersih secara gratis ke rumah-rumah dengan luas minimal 150 meter persegi di Jakarta. “Jangan sampai memiliki ‘Air’ tapi tidak punya ‘Tanah’-nya, begitu pula sebaliknya,” kata Anies.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa
http://www.rumah.com/berita-properti/2017/2/146083/dp-rumah-0-program-unggulan-anies-sandi



Quote:
https://m.tempo.co/read/news/2017/02/11/304845363/anies-jelaskan-cicilan-rumah-tanpa-dp-ahok-tak-mungkin

Ahok ini kuper ternyata emoticon-Big Grin



Udah saya bilang panastak itu membaca aja sulit
Mantapkan pilihanmu tak emoticon-Malu
Fyi:aset bank DKI itu kisaran 41T per sep 2016
Diubah oleh phd.inhatred 17-02-2017 14:10
0
10.9K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan