Irfan136Avatar border
TS
Irfan136
[HELP] Ane Kena Tipu Gan Pakai Cara M*ndiri E-CASH
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ane mau berbagi kisah penipuan yg terjadi kepada ane kemarin gan, siapa tau ada yg bisa bantu ane gan..

Kronologinya gan

Pada tanggal 11 Februari 2017

Pukul 17.52 WIB.
- Adik ane ngechat ane via whatsapp minta nomer rekening BC* ibu ane (kartu atm BC* ibu ane ini, ane yang pegang gan dan ane tau PIN atm nya), katanya ada customer mau beli keyboard komputernya yang sebelumnya diposting di OL* gan, harganya 350rb gan, ane kasih dah tuh gan nomer rekeningnya.

Pukul 18.45 WIB.
- Adik ane kirim resi bukti pembayaran ke ane via whatsapp, kalau customer dia yg mau beli keyboard tersebut sudah transfer gan ke rekening ibu ane yg ane pegang kartu atm nya. Ane lihat sekilas bukti resinya, dan ane bilang kalau itu uangnya sudah ditransfer ke rekening BC* ibu ane itu, dan ane langsung suruh adik ane itu kirim barangnya ke customer tersebut, disini ane tidak mengecek saldo rekening ibu ane itu.

Ini bukti resi transferannya gan


Pada tanggal 12 Februari 2017

Pukul 11.55 WIB.
- Adik ane chat ane lagi buat mastiin uangnya udah beneran masuk ke rekening ane, dan ane bilang sudah masuk ke rekening (lagi-lagi tanpa mengecek saldo atm BC* nya) lalu menyuruhnya buat kirim barangnya.

Pada tanggal 13 Februari 2017

Pukul 21.11 WIB.
- Adik ane chat ane lagi, AA (Adik Ane), A (Ane)
AA : "Bang yang kemaren uangnya udah di ambil bang ??"
A : "Belum ki masih di atm"
AA : "Tapi bener udah sampe kan (uangnya)"
A : "Udah ki"
AA : "Ok bang"

Pukul 21.21 WIB.
- Adik ane chat lagi, "Bang, katanya uang bisa masuk kalo rpnya udah di aktifin"
Adik ane ngirimin bukti resi transferan dari customernya yg sebelumnya dia kirim pada tanggal 11 Februari 2017 lalu, ane perhatiin dehh gan secara seksama, ternyata emang ada keterangan disuruh aktifin kode di atm mandiri agar uang yg dikirim itu sebesar 350rb bisa masuk atm BC* ibu ane. Kata customernya, kalau hari ini tidak diaktifin kode tersebut bisa ke blokir rekening ane dan rekening customer adik ane (customer adik ane tersebut mengirimkan bukti gambar ke adik ane yg diteruskan ke ane, kalau dalam 3hari kedepan tidak diaktifkan kode tersebut, maka rekening kedua belah pihak akan diblokir)

ini gambar yg dikirimkan penipu tersebut agar ane mengaktifkan kode rp


diperjelas


Disini ane salahnya langsung percaya dan sedikit panik pikiran ane, dan saat itu adik ane terus diteror oleh customernya agar segera diaktifkan kode rp tersebut di atm mandiri terdekat. Lalu ane minta waktu ke adik ane, kalau jam 11an malem itu ane bakal aktifin kode rp tersebut.

teror customer adik ane




Pukul 23.31 WIB.
- Ane sampe atm mandiri dan coba mengaktifkannya sendiri, tapi ane gak paham. Lalu ane whatsapp adik ane kalau ane gak paham cara mengaktifkan kode rp nya.
Adik ane pun ngewhatsapp customernya tersebut, dan customer tersebut meminta nomer ane, lalu ane suruh adik ane berikan nomer ane tersebut kepada customernya.
Tidak berapa lama kemudian (Pukul 23.39) ane dapet panggilan nomer baru, dan setelah ane angkat nomor tersebut, ternyata orang tersebut mengaku sebagai anak customer yang beli keyboard dan ingin membantu ane mengaktifkan kode rp agar bisa cair uangnya ke rekening BC* ibu ane.

Kurang lebih seperti ini percakapan ane dan penipu yg nelpon ane itu gan
A (Ane), P (Penipu)
A : "Halo, Assalamu'alaikum"
P : "Wa'alaikumsalam, saya bapaknya yg beli barang sama mas"
A : "Oiya pak.. beli barangnya sama adik saya, saya cuma minjemin nomor rekeningnya saja"
P : "Berarti kita berdua hanya perantara saja yaa mas hehe.., saya mau coba bantu mas mengaktifkan kode rp tersebut agar uangnya bisa cair ke rekening mas dan rekening kita berdua juga tidak ke blokir mas.."
A : "Silahkan pak"
P : "Mas, sudah di atm mandir* kan ? karena kalau atm lain tidak bisa mas"
A : "Sudah pak"
P : "Mas masukkin kartu atm nya, lalu pilih bahasa english, kemudian pilih other transaction, dan pilih bank enquiry, setelah itu pilih from saving, dan pilih top up, dan disitulah saya dikasih angka yang ternyata jumlah nominal dan nomor e-cash mandir*, sebelumnya penipu tersebut menanyakan saldo atm BC* ane.
Dan kejadian tersebut berulang kali pada ketiga atm ane gan (BC* ibu ane, C*MB NIAGA ane, dan OCBC N*SP Pacar ane yg sebelumnya ane pinjam buat aktifin kode rp tersebut.
Setelah selesai menguras ketiga isi atm ane, penipu tersebut bilang, jangan ada transaksi sampai jam 12siang besok (sampai saat itu ane belum tau kalo ane abis ditipu) dan keesokan hari jam 1siang ane check saldo atm pacar ane, tinggal 51rb sekian, yg sebelumnya berjumlah kurang lebih 600rb, dan begitupun kedua saldo rekening ane ludes, hanya menyisakan saldo minimum :sedih:
Disini baru ane sadar kalau ane abis ketipu gan, dan ane sadar kalau angka angka yg disebutkan semalam pas ditelpon adalah jumlah nominal dan nomor e-cash mandir* untuk top up saldo e-cash mandir* tersangka.

ini bukti transferan ane ke tersangka (atm BC* ibu ane)


ini bukti transferan ane ke tersangka (atm OCBC N*SP pacar ane)


ini bukti transferan ane ke tersangka (atm CIMB N*AGA ane pribadi)


*itu yg ane blurin nama dan nomor rekening BC* ibu ane gan

Oiya, adik ane sudah ngirim keyboard yg dipesan si customer pencuri saldo ane tersebut, dia sempat mengirimkan alamatnya gan, ini nama penerima dan alamat si penerimanya gan


Dan terakhir nomor handphone customer yg whatsapp adik ane yaitu 0831 6599 4594
Trs ini nomor yg mengaku kalau dia bapaknya customer adik ane (yg nelpon ane dan ngajarin aktifin kode rp ke ane), yaitu 0821-8888-6648 (nomor ini masih aktif sampe sekarang gan, cuma gak diangkat kalau ditelpon.. mungkin doi blunder nelponnya pake nomor cantik gan, jadi abis nipu nomornya gak dimatiin gan)

Siapa tau ada kaskuser disini yg bisa bantuin ane menangkap atau kasih tau posisi pelaku gan dan semoga tulisan ini bermanfaat agar tidak ada yg kena tipu seperti ane gan..
Mohon maaf apabila ane salah kamar gan, karena menurut ane The Lounge paling rame gan.

Wassalamu'alaikum warhmatullahi wabarakatuh.
0
10.1K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan