nurma.ayAvatar border
TS
nurma.ay
11 Fitur Tersembunyi WhatsApp


Aplikasi chat popular WhatsApp penuh fitur tersembunyi. Namun banyak pengguna yang tidak menyadarinya. Terlebih jika Anda termasuk pengguna baru aplikasi. Berikut 11 fitur tersembunyi WhatsApp yang bisa memperkaya percakapan Anda dengan lawan bicara via teks.

1. Format teks
Tidak banyak yang tahu, WhatsApp memungkinkan pengguna memodifikasi teks dengan kilat. Sebuah huruf, kata, kalimat, bahkan paragraf, bisa diubah menjadi huruf tebal, huruf miring, atau dicoret.

Bagaimana cara mengubah teks tadi? Pengguna harus menambahkan beberapa karakter khusus sebelum dan sesudah teks apa pun yang ingin diformat.

Untuk menebalkan teks di WhatsApp, gunakan tanda bintang (*tebal*); lalu untuk memiringkan huruf teks menggunakan garis bawah (_miring_); serta mencoret teks dengan tilde (~coret~).

2. Membubuhi bintang di pesan
Pernah menganggap suatu pesan itu sangat berguna? Anda bisa memberi bintang di situ. Membintangi pesan adalah cara kilat untuk kembali ke pesan tersebut, baik untuk sekadar melihat link nomor telepon, alamat, atau artikel yang dikirim oleh lawan bicara.

Cara membintangi pesan adalah cukup tekan lama pada pesan, lalu ketuk ikon bintang.

sementara untuk melihat pesan berbintang yang sudah ditandakan, di perangkat iOS pilih tab bintang di sepanjang bagian bawah layar. Sementara untuk pengguna Android harus menekan tombol Menu, kemudian pilih Pesan Berbintang.

3. Kontak paling sering bertukar pesan
Tidak semua orang, tapi mungkin sebagian pengguna WhatsApp penasaran dengan siapa ia paling banyak bertukar pesan di WhatsApp? Jika Anda menggunakan aplikasi di iPhone, sangat mudah untuk mencari tahu.

Buka Pengaturan> Data dan Penggunaan Penyimpanan> Penggunaan Penyimpanan. Kemudian daftar kontak akan tampil dengan urutan teratas adalah kontak yang paling sering bercengkerama, alias yang menggunakan storage Anda paling besar. Untuk mengetahui laporan lebih rinci, tekan pada setiap kontak untuk melihat statistik seperti jumlah pesan yang dipertukarkan, gambar, GIF dan sebagainya.

Sementara untuk melihat info yang sama pada pengguna Android bisa masuk ke Settings> Chat> Chat History> Email Chat.

4. Mengecek rincian pesan
Pernah bertanya-tanya kenapa teman Anda tidak merespon pesan Anda? Penasaran kapan pesan Anda sampai ke smartphone-nya atau kapan tepatnya pesan Anda dibaca?

Info itu bisa Anda dapatkan dengan cara menggeser pesan yang Anda kirim ke kiri untuk melihat statistik tadi di iPhone. Sementara untuk pengguna Android bisa menekan agak lama di pesan, kemudian tekan ikon “info” di bagian atas layar.

5. Mute percakapan
Ketika menonton film ke bioskop atau menghadiri rapat, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur mute (diam) WhatsApp. Mute sangat bermanfaat untuk membungkam bunyi notifikasi pesan masuk dari seorang teman atau percakapan grup yang cerewet.

Untuk me-mute, pengguna Android bisa menekan chat agak lama, lalu ketuk ikon speaker silang di bagian atas layar. Sementara pengguna iPhone harus membuka percakapan, kemudian menekan nama kontak atau kelompok di bagian atas layar diikuti dengan memilih opsi Mute.

Selain cara di atas, WhatsApp juga menyediakan pilihan untuk menonaktifkan notifikasi chatting selama jangka waktu tertentu, mulai dari 8 jam sampai dengan 1 tahun.

6. Sembunyikan status terlihat terakhir
Anda bisa mengetahui apakah suatu kontak WhatsApp masih aktif atau tidak dengan melihat waktu terakhir dia online, tepat di bawah namanya. Tapi ternyata, banyak pengguna yang menginginkan sebaliknya, tidak ingin diketahui kapan terakhir dia online.

Jika Anda tidak ingin teman-teman atau kenalan Anda mengetahui kapan waktu terakhir Anda online terlihat, cukup buka Pengaturan> Account> Privacy> Terakhir terlihat.

Baca Juga: Perhatian! Awal 2017 Pengguna iPhone Lawas Tidak Bisa Pakai WhatsApp
Di situ, WhatsApp menyediakan tiga pilihan untuk siapa yang bisa melihat status terakhir Anda online: Setiap orang, hanya teman saja, tidak seorang pun.

7. Nonaktifkan tanda terima
Selain menyembunyikan waktu online terakhir, pengguna juga bisa menonaktifkan tanda terima pesan telah dibaca. Dengan begitu, lawan bicara Anda tidak akan mengetahui apakah Anda sudah membaca pesan darinya atau belum.

Bagaimana cara settingnya? Buka Pengaturan> Account> Privacy dan hapus centang pada kotak di samping Tanda Dibaca.

Perlu diketahui, Bila Anda mengaktifkan fitur ini, otomatis juga akan mencegah Anda melihat status baca orang lain. Jadi Anda tidak mengetahui apakah pesan Anda sudah dibaca olehnya atau belum. Kecuali Group Chat, ia tetap akan menggunakan tanda pesan sudah dibaca.

8. Jangan simpan foto & video secara default
Sebuah grup chat kerap menjadi ajang berbagi foto dan video, yang seringnya, tidak kita butuhkan. Pada setelan default, Anda akan menyimpan semua file media yang dibagikan di WhatsApp, baik melalui jalur pribadi atau jalur grup.

Hal tersebut tentu menyebalkan. Terlebih, foto atau video tersebut jadi memenuhi galeri di dalam ponsel. Nah, Anda bisa mencegah foto dan video tadi masuk ke storage ponsel, dengan cara menonaktifkan auto-save.

Pada iPhone, buka Setelan> Chatting dan ubah Simpan Media yang masuk Off.

Di Android, buka Setelan> Data Usage> Ketika Menggunakan Mobile Data> Hapus semua centang. Kemudian lakukan hal yang sama di opsi Ketika Menggunakan Sambungan WiFi, serta Ketika Roaming.

9. Gunakan WhatsApp di komputer
Untuk menggunakan WhatsApp memang diperlukan nomor kartu selular, yang otomatis penggunaannya adalah di smartphone. Namun pengguna juga bisa bertukar pesan melalui komputer, terlebih ketika Anda ingin mengirim file yang keberadaannya di memori laptop atau PC.

Memang belum banyak yang tahu, Anda bisa menggunakan WhatsApp dari komputer dengan cukup mudah.

Caranya, pilih opsi WhatsApp Web di aplikasi mobile, lalu kunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda, dan scan kode QR di PC melalui ponsel Anda. Selesai.

Setelah login di PC, Anda tetap bisa berkirim pesan dari smartphone maupun dari PC.

10. Notifikasi kustom
Jika Anda menyetel bunyi untuk setiap pesan yang masuk, Anda juga bisa menyetel bunyi yang berbeda untuk setiap kontak. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui siapa yang mengirim pesan WhatsApp bahkan tanpa melihat layar smartphone.

Cara setel bunyi notif berbeda untuk pengguna Android adalah dengan menekan ikon Menu di sebuah rangkaian chat, diikuti oleh Lihat Kontak> Custom Pemberitahuan.

Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp pada iPhone, ketuk nama kontak di suatu rangkaian chat, kemudian Kustom Pemberitahuan.

11. Ekspor percakapan
Jika Anda pernah merasa suatu pesan WhatsApp sangat penting, Anda bisa menyimpan dan mengirimnya via email. Caranya, dalam percakapan di Android, tekan tombol Menu diikuti More> Email Chat.

Pada iPhone, dalam rangkaian chat, tekan kontak di bagian atas layar, kemudian bergulir ke bagian bawah halaman kontak dan pilih Ekspor Chat.

Tidak harus semua pesan, baik di Android maupun iOS, WhatsApp memberi pilihan untuk mengekspor pesan, dengan atau tanpa file media yang ada di dalam rangkaian chat.

Semoga 11 fitur tersembunyi WhatsApp di atas, bisa agan maksimalin untuk bertukar pesan mulai sekarang.

SUMBER
nyimak92
nyimak92 memberi reputasi
1
6K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan