fancewAvatar border
TS
fancew
Keterlaluan! Ini Orang Nyoret-nyoret Terumbu Karang di Raja Ampat

Pic: pindito.com

Awal tahun 2017 ini, Indonesia jadi negara NOMOR SATU dalam daftar negara tujuan Diving Terfavorit 2017 versi Dive Magazine. Bahkan mengalahkan Maldives gan! Emang bukan rahasia lagi, Indonesia punya banyak destinasi diving atau menyelam favorit. Sebut aja Raja Ampat, Bali, Labuan Bajo, Wakatobi, dan banyak lagi.

Tapi, orang Indonesia emang harus banyak belajar nih. Masa iya, itu pemandangan underwater udah subhanallah banget, eh koral alias terumbu karangnya malah dicoret-coret!! Nggak percaya? Nih cek penampakan yang dipost sama Stay Raja Ampatdi Facebook gan!







DUUUUUH AMPUN BANGET DEH NIH KELAKUAN ABABIL SIAPA SIH
emoticon-Marah emoticon-Marah

Sumpah ane kesel banget, sekesel itu. Ini yang nyoret-nyoret tuh tau gak sih tujuannya dia ngelakuin begitu. Biar apa gitu? Mau update di Instagram? Adu keren-kerenan tapi lagaknya begitu? Gak ada keren-kerennya woi!! emoticon-Mad emoticon-Mad

Daripada malu-maluin diri sendiri, tadinya mau update biar gaya EH MALAH DIBULLY, udah deh gak usah banyak bertingkah dan jadilah wisatawan yang bertanggung jawab ya!



Jalan-jalan snorkeling dan diving emang bukan lagi jadi sekedar wisata doang, tapi juga jadi gaya hidup. Coba aja liat, sekarang banyak banget orang update status lagi di dalem laut, either snorkeling atau diving. Makin bisa nyelem, makin keren!

Tapi buat jadi turis yang keren tuh nggak ribet kok caranya, nih ane kasih tau caranya supaya Indonesia terus jadi NOMOR SATU di dunia diving. Check it out!

1. Jangan sentuh terumbu karang
Agan tau gak? Terumbu karang itu sebenernya adalah binatang-binatang kecil yang ringkih dan mudah rusak. Jadi jangan sampe menyentuh terumbu karang ya. Kalo emang pake kaki katak, coba liat dulu pas mau berenang, jangan sampe ketendang. Bisa rusak deh tuh terumbu karang.

2. Jangan memancing/ berlayar dekat terumbu karang

Terumbu karang yang kena kail pancing, jangkar perahu itu bisa cepet rusak bahkan bisa sampe mati gan! Apalagi terumbu karang ini butuh waktu lama buat tumbuh lagi. Hati-hati ya gan.

3. Jangan buang sampah sembarangan di pantai atau laut

Sampah yang kesangkut bakalan mencekik terumbu karang. Inget ya, terumbu karang ini makhluk hidup yang walaupun keliatan nggak bergerak tapi mereka hidup berkoloni.

4. Jangan menginjak terumbu karang

Ini dia sama pentingnya kayak nyentuh terumbu karang gan! Kita harus sama-sama jaga kelestarian alam gan. Kalo terumbu karang udah pada mati, apa yang mau kita ceritain ke anak cucu kita?

5. Jangan nyoret-nyoret terumbu karang

INI SIH yang paling nggak masuk akal. Nyoret-nyoret terumbu karang tuh apa gitu fungsinya? Jauh-jauh deh sama kelakuan yang macem gini!


Pic: National Geographic

Masih mau kan ngeliat pemandangan gini buat 10 tahun, 100 tahun, sampe jutaan tahun lagi? Sama-sama jaga lingkungan alam ya gan, jangan sampe muncul ALAY ABABIL yang vandal ke terumbu karang gan!!!

0
54.5K
411
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan