CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a2617adc06bd1b208b4573/rizieq-tolak-rekaman-ceramah-yang-dijadikan-alat-bukti

Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti

Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti


TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memenuhi panggilan penyidik Polda Jawa Barat.

Rizieq Shihab menjalani pemeriksaan selama lebih dari tujuh jam di Gedung Reskrimum Markas Polda Jawa Barat, Senin (13/2/2017).

Rizieq yang diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik keluar sekitar pukul 17.30 WIB.

"Saya jawab semua setiap detail pertanyaan dari penyidik," kata Rizieq saat ditemui seusai pemeriksaan.

Menurutnya, penyidik memberondong puluhan pertanyaan kepada dirinya. Pertanyaan dari penyidik tidak jauh dari seputar tesisnya berjudul "Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia".

"36 pertanyaan semua menyangkut tesis saya," ungkapnya.

Tersangka kasus dugaan penistaan lambang negara Pancasila dan pencemaran nama baik ini mengemukakan, tesisnya pun dibawa sebagai salah satu bukti meringankan.

"Penyidik, kan, cuma nanya. Penyidik nanya, kita jawab. Ya, anggap saja lagi ujian," kata Rizieq.

"Kita bincang-bincang soal Pancasila, soal sejarah Pancasila, bagaimana lahirnya Pancasila, kemudian bagaimana Pancasila sebagai dasar negara. Artinya tidak keluar dari koridor tesis," tambah dia.

Rizieq memberikan tesis tersebut kepada penyidik untuk membuktikan pernyataannya yang membantah bahwa dia pernah menghina Pancasila. Menurut dia, pemeriksaan berjalan bagus, penyidiknya pun baik.

Kendati demikian, Rizieq tidak setuju video rekaman ceramah selama 2 menit 13 detik dijadikan alat bukti utama dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepadanya.

"Seumur hidup saya enggak pernah ceramah dua menit, dua jam sering," tuturnya seraya bersikeras video tersebut sudah melalui proses edit sehingga bisa mengubah persepsi.

"Rekaman video yang diedit dengan sedemikian rupa tidak bisa dipertanggungjawabkan dan saya keberatan jika video tersebut dijadikan alat bukti," paparnya.

Rizieq meminta penyidik Polda Jawa Barat memberikan rekaman secara utuh pada pemeriksaan ke depan. Sebab, bagi Rizieq editan ceramah satu atau dua jam menjadi 2 menit 13 detik menimbulkan persepsi berbahaya.

"Karena itu kami minta kepada penyidik menyajikan kepada kami rekaman secara utuh," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus berharap Rizieq Shihab kooperatif menjawab semua pertanyaan penyidik dalam pemeriksaan kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik.

"Tergantung terperiksa kalau tidak berbelit cepat selesai. Tetapi, kalau jawabannya berbelit-belit, penyidik punya teknik sendiri," kata Yusri Yunus.

Selain itu, Rizieq yang saat ini berstatus sebagai tersangka tidak akan dipanggil lagi jika semua pertanyaan penyidik dijawab sesuai dan tidak melebar ke mana-mana.

"Harapan kami tidak ada pemeriksaan tambahan asalkan terperiksa kooperatif menjawab dan tidak mengembang pasti cepat selesai," katanya.

Apabila hasil pemeriksaan tersebut berkembang, lanjut Yusri, bukan tidak mungkin Rizieq dan saksi-saksi lainnya, termasuk pelapor, Sukmawati Soekarnoputri, akan dipanggil kembali untuk dimintai keterangan ulang.

"Kami tunggu pemeriksaan hari ini apakah berkembang atau ada pemeriksaan ulang atau memanggil saksi lain atau saksi ahli atau pemeriksaan tambahan saksi yang sudah diperiksa," katanya.



Kawal di Masjid
Pemeriksaan Rizieq Shihab mendapat sorotan sejumlah orang. Massa Aksi Kawal Ulama dan Pancasila berkumpul di Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Diponegoro, Kota Bandung, demi mengawal proses pemeriksaan Rizieq.

Selama berada di masjid, massa memilih mengikuti kegiatan tausiah, zikir, dan doa bersama.

Selepas shalat zuhur, sejumlah anggota jemaah terlihat membagikan nasi bungkus dan kurma.

"Kegiatannya mendengarkan tausiah dari para guru-guru, zikir, dan doa bersama, sebagai pencerahan," kata Asep, koordinator aksi, di Masjid Pusdai.

Aksi itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Pada saat bersamaan, Rizieq datang ke Mapolda Jabar untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan pelecehan lambang negara Pancasila dan pencemaran nama baik.

Asep yang menjabat sebagai Ketua Aliansi Pergerakan Islam (API) Jabar menyebutkan, para peserta aksi tidak hanya datang dari Kota Bandung. Sejumlah orang dari luar pulau pun hadir untuk mengawal proses pemeriksaan Rizieq.

"Kemungkinan akan datang banyak. Datang dari berbagai daerah, tadi sudah ada yang dari Lombok, Pontianak, Aceh," ujarnya.

Asep membenarkan bahwa sejumlah ulama mengimbau agar massa berkumpul dan menggelar doa bersama di Masjid Pusdai Bandung sebagai upaya untuk menjaga kondusivitas.

"Berdasarkan informasi dari Polda Jabar, tidak ada massa di sana. Kalau ada, tolong ditertibkan. Jangan sampai memancing mereka berbuat dengan cara masing-masing," kata dia. (kps/tribunjabar)

Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...kan-alat-bukti

---
Halaman 1 dari 3
Lah itu si ahok jg dri rekaman bib...
emoticon-Leh Uga

Tainya sama, kenapa harus beda sih
emoticon-Leh Uga
banyal alasan ya orang kayak gini..
orang kyk gini kok masih dipercaya

apa ntar ama malaikat mungkar nakir mau nolak semua rekaman kehidupannya ?
emoticon-Cape deeehh
bener bener semena mena kalo udah (merasa) jadi pemilik kavling surga emoticon-Matabelo
jadi inget ama orang yang gak ngerti apa itu cctv emoticon-Ngakak (S)
Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti


Senyum donk bib
Pantesan massa di sidang Ahok belakangan sepi, pindah panggung ternyata
Quote:


jd cover boy majalah Hai yah?
emoticon-Ngakak bener " nih org
nuduh org mau di tuduh gak mau emoticon-Wkwkwk
Quote:


itu mah si uno kalau ini majalah kriminalitas
Mmm...
Mungkin kaca di rumah ny kurang guede yaaa..
IYKWIM
Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti


Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti







emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Polisi gk usah takut gw perhatiin powernya si Rizieq dri pengerahan massa doank.
Apa dia kira dgn adanya masa bisa seenaknya di negara ini.
Mentang2 punya gelar habib, jadi besar kepala kayak gini emoticon-Ngakak
Quote:


klo anis majalah misteri emoticon-Takut (S)

Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti
Pussy emoticon-Big Grin
Ludah pun belum kering emoticon-Ngakak (S)
Rizieq Tolak Rekaman Ceramah Yang Dijadikan Alat Bukti


yg ini kabar nya gmn bib emoticon-Ngakak



dlu ahok kena lapor jg gara2 video edit nah skrg lu sewot soal video edit emoticon-Ngakak

lu msh waras bib emoticon-Cape d...
Kendati demikian, Rizieq tidak setuju video rekaman ceramah selama 2 menit 13 detik dijadikan alat bukti utama dalam kasus dugaan penistaan lambang negara, Pancasila, dan pencemaran nama baik yang dituduhkan kepadanya.


Waduh om beep beep, waktu kasus Ahok kog boleh make video yang sepotong juga? Karma nya cepet juga yah emoticon-Big Grin
lah kok mirip kaya kasus yang diteriakin secara lantang....
soal video panjang jadi pendek...
lah kok gak terima juga...
teriak iya, diteriakin nolak???
emoticon-Cool
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di