luketrinandaAvatar border
TS
luketrinanda
Waspada! 4 Cara Mudah Bedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Smartphone
Wah hati-hati nih guys, ternyata saat ini tidak hanya barang dan uang saja yang bisa di palsuin. Bahkan aplikasi di toko-toko online ternyata banyak yang palsu juga lho! Biasanya sih, aplikasi palsu itu wujudnya aplikasi belanja atau aplikasi perbankan. Dalam Apple App Store, New York Times dan New York Post menemukan ratusan aplikasi belanja palsu. Seperti yang disebutkan oleh CNET, masalah ini juga bisa ditemui di Google Play Store.

Aplikasi-aplikasi palsu ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kerugian bagi yang menginstalnya, terutama aplikasi perbankan. Karena aplikasi itu biasanya sengaja dibuat untuk mencuri informasi pribadi seseorang dan rekening demi mendulang keuntungan finansial belaka. Nah, supaya Anda tidak menjadi salah satu korban dari aplikasi palsu tersebut. Coba Anda bisa memperhatikan cara membedakan aplikasi asli dan palsu berikut ini.

1. Periksa Siapa Pembuatnya

Cara yang sangat mudah membedakan apakah aplikasi yang ingin Anda download asli atau palsu dengan memeriksa nama pembuat aplikasi. Usahakan Anda sudah paham betul siapa pengembang resmi aplikasi yang mau diinstal. Cobalah untuk lebih teliti ya, para penipu biasanya menggunakan nama serupa dengan pembuat aplikasi asli. Misalnya, Overstock.com adalah aplikasi asli dan Overstock Inc adalah pembuat aplikasi palsu.

Namun jika masih ragu, cobalah saat mencari aplikasi di Google Play atau Apple App Store masukan saja nama pengembangnya (dengan catatan Anda sudah tahu siapa pengembangnya). Nah, dari situ Anda akan tahu apakah aplikasi yang hendak kamu instal itu asli atau palsu.

2. Periksa Review Aplikasi di App Store atau Play Store

Cara mudah lainnya yaitu dengan melihat review dari orang-orang pada aplikasi yang ingin Anda undu. Jangan malas-malas untuk membaca review alias ulasan pengguna lain. Pasalnya, review dari pengguna lain bisa jadi tolok ukur apakah aplikasi yang Anda instal itu asli atau palsu. Lihat berapa banyak orang yang marah dan mengatakan jika aplikasi itu palsu alias fake. Aplikasi yang sebenarnya biasanya memiliki ribuan review. Sementara aplikasi palsu biasanya tidak memiliki review sama sekali.

3. Cek Tanggal Publikasi

Meskipun terbilang remeh, namun dengan mengecek tanggal publikasi maka Anda bisa membedakan apakah aplikasi yang hendak diinstal itu asli atau palsu. Cara mudah mengecek tanggal publikasi aplikasi adalah dengan memastikan jika sudah ada keterangan Updated On.

Aplikasi palsu biasanya memiliki tanggal rilis yang relatif baru. Sementara aplikasi asli biasanya hanya menampilkan tanggal update terakhir. Misalnya, aplikasi Overstock palsu baru saja dirilis pada tanggal 26 Oktober tahun ini. Artinya, aplikasi itu baru saja diunggah dan sudah pasti palsu.

4. Perhatikan Gaya Bahasanya

Sebelum Anda menginstal aplikasi di smartphone, cobalah ketahui terlebih dulu gaya bahasa aplikasi tersebut. Gaya bahasa aplikasi asli biasanya lebih resmi dan tertata rapi. Berbeda jika Anda menemukan aplikasi yang sama, namun dengan gaya bahasa yang serampangan atau nampak seperti terjemahan maka ada baiknya Anda tidak menginstalnya.

Itu dia 4 cara mudah membedakan aplikasi asli dan palsu yang bisa Anda lakukan supaya tidak mudah tertipu. semoga bermanfaat emoticon-Smilie

Sumber: Perbedaan Aplikasi Asli dan Palsu
Diubah oleh luketrinanda 16-02-2017 06:35
0
2.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan