- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Tactile Paving, Jalur Khusus Penyandang Tuna Netra


TS
kinjengceking
Tactile Paving, Jalur Khusus Penyandang Tuna Netra
Spoiler for HT:

#HT ke 15



Quote:
Nah, agan sista pasti pernah jalan di trotoar dan lihat model ubin atau paving block seperti gambar di bawah ini?


Tapi Tahukah gansis apa maksud dari model ubin seperti itu? Kenapa ada paving block seperti itu di trotoar?
Itu namanya seni om, biar keren gitu
Bukan, itu tandanya motor boleh lewat
Iya bener, motor boleh lewat, anti macet gitu
Salah semua gansis. Itu namanya Tactile Paving atau kalo dibahasa indonesiakan, namanya ubin pemandu. Ubin atau paving block itu khusus untuk memudahkan para tuna netra agar ga nabrak tiang ato kesandung. Lebih jelasnya yukkk liat dibawah sini aja gansis


Tapi Tahukah gansis apa maksud dari model ubin seperti itu? Kenapa ada paving block seperti itu di trotoar?

Itu namanya seni om, biar keren gitu

Bukan, itu tandanya motor boleh lewat

Iya bener, motor boleh lewat, anti macet gitu

Salah semua gansis. Itu namanya Tactile Paving atau kalo dibahasa indonesiakan, namanya ubin pemandu. Ubin atau paving block itu khusus untuk memudahkan para tuna netra agar ga nabrak tiang ato kesandung. Lebih jelasnya yukkk liat dibawah sini aja gansis


Quote:
TACTILE PAVING

Bagi yang sudah pernah mengunjungi kota - kota besar dan wilayah lain maka tidak akan asing dengan pemadangan garis kuning sepanjang 40 cm yang ada di trotoar ataupun di stasiun. Ya, itu adalah Tactile paving atau tanda dari tempat yang hanya boleh dilalui oleh tunanetra. Ada tanda khusus ketika jalur ini terputus untuk kemudian dilanjukan dengan jalur zebra cross.
Untuk membedakan antara garis yang berjalan lurus dengan garis sebagai peringatan berhenti pola garisnya dibuat khusus. Garis panjang untuk jalan lurus, dan bulatan-bulatan untuk berhenti atau belok, dengan begitu para tunanetra akan bisa waspada dan mengetahui kapan mereka harus berjalan dan kapan harus berhenti. Di titik-titik untuk mempertinggi tingkat kewaspadaan, seperti di depan zebra cross atau di pinggir rel kereta, pola bulatan-bulatan dibuat lebih banyak dan lebih lebar.
Untuk membedakan antara garis yang berjalan lurus dengan garis sebagai peringatan berhenti pola garisnya dibuat khusus. Garis panjang untuk jalan lurus, dan bulatan-bulatan untuk berhenti atau belok, dengan begitu para tunanetra akan bisa waspada dan mengetahui kapan mereka harus berjalan dan kapan harus berhenti. Di titik-titik untuk mempertinggi tingkat kewaspadaan, seperti di depan zebra cross atau di pinggir rel kereta, pola bulatan-bulatan dibuat lebih banyak dan lebih lebar.


Quote:
KEADAANNYA SEKARANG

Jalur ini banyak digunakan terutama dinegara-negara yang sudah memiliki layanan publik bagi penyandang cacat yang cukup baik seperti Autralia, Jepang,Amerika Serikat dan beberapa negara lainya. artinya kota-kota di Indonesia sudah mulai peduli dengan pemanfaatan ruang publik bagi warganya, bukan hanya orang pada umumnya, namun juga sudah memberikan hak-hak kepada penyandang tuna netra untuk merasakan ruang publik, dengan di pasangnya tactile paving di trotoar-trotoar.
Namun sayang, pemasangan ini tak diimbangi oleh kesadaran atau pengertian dari beberapa warga . Sehingga tidak jarang kita jumpai jalur kuning ini dijadikan tempat parkir, tempat untuk berjualan dan beberapa tempat yang menghalangi fungsi jalur ini sebagai mana mestinya.
Namun sayang, pemasangan ini tak diimbangi oleh kesadaran atau pengertian dari beberapa warga . Sehingga tidak jarang kita jumpai jalur kuning ini dijadikan tempat parkir, tempat untuk berjualan dan beberapa tempat yang menghalangi fungsi jalur ini sebagai mana mestinya.


Parkir masih menghalangi jalur khusus tuna netra

Masih digunakan untuk “ruang makan”, kasihan entar orang yang lewat bisa nabrak

Sering di serobot sama pengendara nakal

...keadaannya rusak kebanyakan...
Quote:
Apapun kondisi yang dialami oleh seseorang, memang sudah selayaknya mereka juga mendapatkan perlakuan yang sama dan jika seseorang itu mengalami kekurangan, sudah selayaknya pula dibantu dan diberikan kemudahan. Jalur kuning ini adalah salah satu bentuk kepedulian Negara akan warganya yang kurang beruntung.
Di Indonesia sendiri, jalur ini sudah mulai digalakan, dan semoga saja trotoar-trotoar di tanah air akan digunakan sebagaimana trotoar itu harus dipergunakan.

Di Indonesia sendiri, jalur ini sudah mulai digalakan, dan semoga saja trotoar-trotoar di tanah air akan digunakan sebagaimana trotoar itu harus dipergunakan.



Spoiler for THX:













Diubah oleh kinjengceking 13-02-2017 10:42
0
49.4K
Kutip
278
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan