RedPlumberAvatar border
TS
RedPlumber
Inilah jadinya dunia tanpa GOOGLE - Kisah Seorang Programmer

Halo gan sis, udah lama ane nggak bikin thread di kaskus lagi sejak 2 tahun lalu...

Well, kali ini ane coba menyuguhkan thread baru dan mungkin topiknya masih fresh karena ane lihat masih belum ada yang membahas tentang hal ini.

Quote:


Di thread ini terpaksa ane nggak pake bahasa yang terlalu informal supaya lebih enak di baca dan pemahamannya akan lebih cepat.

Quote:


***NOTE*** WAJIB BACA SEDIKIT KISAH AWAL NYA ***NOTE***


Kisah awal terbentuknya Perusahaan Google

Ketika saya duduk di bangku sekolah dasar, saya enggak mengenal begitu dekat dengan apa yang disebut Google. Tapi teman-teman saya selalu merujuk saya untuk membuka situs Google walaupun mereka tahu bahwa saya enggak ngerti persoalan seperti itu.

Lama-lama saya penasaran dan mulai mencari tahu sendiri, apa itu Google, bagaimana cara menggunakan Google dan sejarah Google terbentuk. Saya mulai pergi ke sebuah toko buku di Bandung dan saya minta ke ibu untuk di belikan buku yang berjudul "Google".

Google! Beginilah ceritanya...

Awalnya, Seorang mahasiswa bernama Lary Page bertemu dengan Sergey brin di Stanford...



Ketika itu mereka berencana membuat sebuah tempat untuk menampung DNS-DNSyang ada pada internet. Mereka mulai berfikir, bagaimana jika semua web atau IP yang ada di internet itu disimpan pada 1 buah DNS saja.

Singkat cerita, mereka berhasil membuat sebuah Index untuk mencari apa-apa yang ada di Internet. Namun pada awalnya, Google bukanlah nama yang mereka inginkan. Karena mereka meminjam uang kepada salah satu temannya yang kaya raya, dan temannya ini langsung memberikan sebuah cek atas nama Google.inc yang berarti Lary page harus mencairkannya atas nama tersebut.

Sedangkan Google.inc belum berdiri, entah perusahaan apa...

Untuk mencairkan cek tersebut mereka harus mendirikan perusahaan legal bernama Google.inc, tapi mereka enggak punya uang sehingga lary page berhutang kepada keluarga-keluarganya.

^^^ INTRO SELESAI ^^^


Quote:


Google memang perusahan yang sangat besar, bisa saya bilang Google adalah perusahaan terkaya saat ini. Kemunculan Google merupakan revolusi yang sangat inovatif, kita jadi mudah melakukan suatu pencarian di dunia maya.



Tapi bagaimana kalau enggak ada Google di dunia ini?
Mencari informasi lewat internet sangatlah hal yang jarang dilakukan dan susah...
Kebanyakan orang mulai membaca buku...
Spoiler for pada baca buku gan:

Mencari website menggunakan alamat IP...
Spoiler for ip address:

Sebenarnya kalau dari dulu Google itu tidak ada, hidup kita bakalan lebih sehat tapi sulit untuk mendapatkan informasi secara cepat. Manusia bakalan lebih sering baca buku daripada melihat setiap halaman yang ada di Google.
Komunikasi para konglomerat bukan lagi menggunakan Gmail, tapi Fax...
Dunia sangat membutuhkan Google untuk mengatur kestabilan ekonomi perusahaan-perusahaan besar. Jika saat ini juga Google hilang maka semua perekonomian di dunia akan kacau.

Google mengatur lalu lintas data internet...
Spoiler for udah di atur gan:

Pintarnya Google hingga bisa mengatur akses internet, contohnya ketika kita membuka sebuah website yang berbahaya maka Google akan memperingati kamu dengan berbagai cara.

Tanpa adanya Google, orang-orang yang bekerja menggunakan internet akan lebih sulit lagi mendapatkan uang. Terutama pada website-website short url, periklanan dan link direct. Tidak ada lagi yang namanya indexing websiteyang baru terbentuk.

Quote:


Bahkan Google sendiri memberi tahu kita bahwa mereka itu bisa merekam kegiatan sehari-hari kita. Kamu tahu Google Earth? Atau aplikasi layanan berupa petunjuk arah, navigasi dan peta yang selama ini kita gunakan dari Google.
Spoiler for cekidot:

secara tidak kita sadari, Google telah masuk kedalam keseharian kita...

Ketika kamu ingin menuju ke suatu lokasi menggunakan Google Maps, lalu kamu mulai menggunakan navigasinya, itu bukti nyata bahwa kamu sedang di lihat oleh si Raksasa internet ini.
Spoiler for hati-hati:

Ketika kamu menggunakan aplikasi lainnya dari Google, mereka selalu menanyakan dimana kita bekerja, dimana kita bersekolah, dimana kita tinggal dan sedang dimana kita berada sekarang.

Aplikasi yang dibuat oleh Google selalu menawarkan fitur location on/off, Contoh kecilnya adalah Youtube...
Spoiler for tkp gan:

Ketika kita search di youtube, maka hasil pencariannya akan muncul dan pada bagian footer atau bagian bawah halaman youtube, kita dapat memilih lokasi. Bisa berdasarkan lokasi kita sekarang, atau lokasi mana saja yang kita inginkan.

Quote:


Tahukah kamu disetiap aplikasi yang kamu gunakan, kamu bisa mendaftar secara cepat melalui akun Google kamu. Inilah yang dinamakan "synchronization". Hampir semua aplikasi yang beredar diakuisisi oleh si Raksasa internet.

Ketika kamu membuka website sekolah, kamu login menggunakan akun itu dan secara tidak sadar kamu membuat perjanjian dengan Google setelah kamu ngeklik tombol "Allow" pada form yang muncul.
Spoiler for open aja:

Quote:


Apa kamu sadar semua yang kamu inginkan itu disediakan oleh Google?
Atau kamu hanya sebagian orang yang hanya "iya iya" aja tanpa mau menganalisa "kenapa?"?


Pernahkah kamu sadari bahwa Google itu mengerti semua yang kamu inginkan? Contoh nyatanya adalah ketika kita menonton video di Youtube, setelah sekian lama kita menonton berbagai video lalu kita berhenti membuka youtube, lalu kita tinggalkan youtube selama 1 bulan...

Ketika kita balik lagi ke Youtube, pada halaman awalnya Youtube akan memberikan rekomendasi video yang sesuai dengan minat kita. Youtube mengerti apa yang kita mau, walaupun kita telah meninggalkannya selama 1 bulan.

Lalu, ketika kamu melakukan pencarian di Google Search...
Spoiler for otomatis:

Kita hanya perlu mengetikan beberapa kata saja, Google sudah memberikan rujukan atau saran menyangkut apa yang akan kita cari. Cerdas bukan?

Selanjutnya, ketika kalian membaca artikel pada sebuah blog...
Spoiler for pinter:

Apakah kalian pernah melihat iklan disana? iklan tersebut disediakan oleh Google, dan apa kalian tahu bahwa iklan tersebut akan secara otomatis menyesuaikan dengan konten artikel yang dibuat?

Misalnya, ketika saya membuat artikel tentang bola, maka iklan yang Google berikan adalah iklan bola seperti: iklan judi bola termurah, iklan jual baju bola dan iklan lainnya yang bersangkutan dengan bola.

Saat kamu malas mengetik, kamu bisa melakukan pencarian di Google dengan Google Voice Search. Kamu tinggal ngomong aja apa yang akan kamu cari, dan Google akan memberikannya untuk kamu.

Demi kita, Google sampai membayar perusahaan Browser seperti Mozilla Firefox untuk membuat default homepage-nya menjadi [url]http://www.google.com.[/url]

Quote:


Kenapa saya bilang bahwa Google itu adalah Obat?

Ketika saya pertama kali melakukan pencarian di mesin pencari Google, saya mulai berfikir, kok bisa sih seseorang menciptakan hal baru seperti ini? Yang sebenarnya alat mesin pencari itu bukan hanya Google, tapi ada Yahoo, Yandex dan Bing.

"Tapi kenapa kita bisa memilih Google sebagai mesin pencari yang terbaik?"

Ini sudah seperti kebiasaan orang Indonesia yang selalu mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Mindset kita mengatakan bahwa yang paling cepat adalah Google, yang paling enak adalah Google.

Seperti halnya membeli air minum botol ke warung-warung, kita akan bertanya seperti ini, "Permisi bu, ada Aqua botol?".

Walaupun si penjual memberikan kita air minum dengan merk berbeda seperti RON88, Siera, Mineral dan Ades, kita tetap saja menerimanya. Padahal ingat! Di awal kita itu bertanya tentang Aqua loh.

Kita adalah manusia yang mudah kecanduan, seperti yang saya bahas tadi. Dari hal kecil saja, seperti membeli air minum, itu menunjukan bahwa kita sudah kecanduan.

Google adalah obat, yang membuat kita harus mengkonsumsinya setiap hari...


Penutup

Kehidupan kita telah terkontaminasi oleh Google, termasuk saya...

"Apa yang harus kita lakukan?" Tidak ada...

Ini semua sudah menjadi roda kehidupan, Google dapat memberikan kita uang dengan berbagai cara, yang jelas kita hanya memerlukan koneksi internet.

Google ada dimana-mana, memberikan kemudahan kepada pelanggannya, termasuk kita...

"Lalu darimana Google mendapatkan keuntungan?"
Akan saya bahas pada artikel berikutnya, maka dari itu jangan ragu untuk subscribe atau bookmark artikel saya dengan cara pencet CTRL + D lalu save.


10% Orang yang thread ini dari awal sampai tuntas, dia adalah orang yang mau belajar dan menjadi sukses dari usahanya sendiri.

Please respect atas thread ini, ane benar-benar membuatnya dengan kerja keras selama berhari-hari untuk membagikannya ke kaskuser.

SHARE, RATE & COMMENT


Please tengok blog ane kalau berkenan, walau hanya numpang lewat tapi ane bener-bener ucapkan terima kasih...


Diubah oleh Kaskus Support 03 15-04-2017 12:37
0
8.4K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan