Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eudaimonisAvatar border
TS
eudaimonis
Tips dan Trik Melepas Anak dari Ketergantungan Baby Diaper
Sebenarnya usia berapa sih anak kita bisa lepas dari diaper? Sebagian memulai mengajari anak lepas dari diapers di usia dua tahun, sebagian lagi memulainya agak usia tiga tahun. Jangan sampai mother membiarkan anak anda masuk Taman Kanak-kanak masih dengan diaper dipantatnya, akan susah mengajari anak tentang kemandirian selama ia masih bergantung dengan diapernya. Bagaimana caranya sih agar anak mau melepas diaper dan terbiasa memakai celana cawat sehari-hari tanpa rasa terpaksa dan bête? Ini dia tips dan triknya:

1. Belikan anak pispot lucu berbentuk animal yang dia sukai
Biasakan si kecil pipis di pispotnya, pilihkan pispot yang kira-kira ia sukai. Ia bahkan akan exited ketika menggunakannya untuk kali pertama.
Spoiler for pispot lucu:


Hapal kapan saja ia merasa ingin pipis atau saat ia ngompol
pagi hari begitu ia bangun tidur, adalah saat yang pasti si kecil ingin pipis. Usahakan saat itu anda mendampinginya. Ajari anak membuka celananya dan duduk di atas pispot. Siang hari dua atau tiga kali tanyakan pada dia apakah ingin pipis. Biasanya tidak selalu dijawab atau anak akan masa bodoh…. Ngompol sekali dua kali, tetapi mothers harus sabar ya. Mengajari anak buat mandiri memang butuh kesabaran. Jangan lupa sebelum tidur untuk mengajak anak pipis dulu.

2. Bujuk si kecil untuk melepas diapersnya, dan biasakan memakain celana cawat.
katakan padanya, bahwa diapers adalah popok untuk adek bayi, dan sudah tida pantas digunakan anak seusianya.
Spoiler for diaper:

Untuk waktu-waktu tertentu seperti ketika tidur, perjalanan jauh atau jalan ke Mall, anda boleh memakaikannya sementara, tetapi tetap untuk selalu mengajari si kecil untuk bilang pada anda jika ingin pipis. Jika si kecil mulai terbiasa mengatakan ingin pipis bahkan ketika ia sedang pakai diapers, maka satu tahap ia terbukti sudah paham. Selanjutnya anda bisa melepaskan dia 100% dari diapers, bahkan ketika ia sedang jalan-jalan atau tidur.

3. Belikan ia penampang dudukan toilet
penampang dudukan toilet bisa ditemukan di beberapa toko khusus peralatan bayi. Biasanya memiliki gambar yang lucu-lucu. Model kekinian yang paling digemari anak perempuan adalah princess elsa dan anna (Frozen), sedang untuk anak laki-laki gambar spiderman dan tokoh super heroes masih up to date.
Spoiler for dudukan lucu:

Penampang dudukan toilet ini berguna untuk tahap selanjutnya, memisahkan anak dari pispotnya. Ia akan mulai terlihat aneh dengan pispot kecinya setelah satu atau dua bulan. Saat inilah anda bisa mengajaknya beralih cara pipis dan pup ala orang dewasa menggunakan toilet duduk. Penampang toilet duduk khusus anak berfungsi untuk menjaga buah hati anda bisa duduk dengan nyaman di toilet tanpa takut jatuh. Tapi tetap usahakan berdiri didepan atau sampingnya ya, agar anak bisa pegangan tangan anda.

4. Ajaklah si kecil ngobrol ketika sedang pup
ini lebih membutuhkan kesabaran ekstra. Anda dituntut jadi “teman toilet” anak anda. Dia membutuhkan pengalihan rasa bosan dan takut ketika mencoba penampang toilet duduknya. Jika anda mempekerjakan baby sitter, anda juga harus menyuruhnya melakukan hal sama; mengajak si kecil ngobrol tentang hal-hal yang ia sukai, atau pancinglah si kecil bercerita apa saja. Kebiasaan ini bagus juga lho untuk moment kedekatan mom dan si kecil.
Spoiler for ajak ngobrol:


Selamat tinggal pispot
jauhkan pispot begitu si kecil terbiasa dengan penampang duduk toilet duduknya. Anak anda bisa mulai pipis di kamar mandi, dan paham bahwa kamar mandi adalah tempat paling tepat buat buang hajat. Mudahkanlah si kecil pipis di lantai kamar mandi dengan cara jongkok jika diperlukan. Tetapi tetap konsisten untuk menemaninya ketika pup di toilet duduk ya….



Nah, itulah tahapan bisa anda lakukan agar anak lebih mandiri dan terbebas dari diapernya. Selain mengusahakan kemandirian, terbebas dari diaper membuat para mama bisa menghemat uang belanja. Anda bisa mengalokasikan uang belanja diaper ke kebutuhan belajar atau bermain anak. Selamat mencoba ya…..

Selengkapnya di http://www.eudaimonis.com/

emoticon-Ultahemoticon-Ultah
0
3.9K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan