Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jim.gordonAvatar border
TS
jim.gordon
Rabu 01 Feb 2017, 20:43 WIB Ramai Isu SBY Disadap, Wiranto: Kok Bicara Kemungkinan?
Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasa dirinya disadap. Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto lebih ingin berbicara hal yang pasti-pasti saja, bukan sekadar kemungkinan ada atau tidaknya penyadapan.

"Kalau kemungkinan-kemungkinan, bagaimana sih? Kemungkinan itu banyak. Kok bicara kemungkinan?" tanggap Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Wiranto kemudian berlalu. Soal kabar penyadapan ini, SBY meminta Presiden Jokowi mengklarifikasi kebenarannya. SBY sendiri menyatakan penyadapan terhadap dirinya pastilah melanggar hukum. Itu juga kalau betul dirinya disadap.

"Kalau betul ada percakapan saya dengan Pak Ma'ruf Amin, atau percakapan siapapun dengan siapa disadap tanpa perintah pengadilan, dan hal-hal yang tidak dibenarkan Undang-undang, itu namanya ilegal," kata SBY di Wisma Proklamasi, Menteng, tadi.

SBY mengaku sudah mendapat laporan dari orang dekatnya sebanyak dua kali, bahwa nomor teleponnya disadap. Dia sendiri heran mengapa dia disadap.

Kabar penyadapan terhadap SBY menyeruak usai persidangan tersangka kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Selasa (31/1) kemarin. Saat itu dihadirkan Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin selaku saksi ahli. Ada kesan bahwa pihak Ahok punya bukti rekaman telepon antara SBY dengan Ma'ruf Amin.

Sebagaimana diketahui, SBY adalah ayah dari calon gubernur DKI Agus Harimurti Yudhoyono yang sedang bersaing dengan Ahok. Netralitas Ma'ruf sebagai saksi ahli dalam sidang itu sempat dipersoalkan. Terakhir, Ahok meminta maaf kepada Ma'ruf Amin bila sikapnya dirasa memojokkan Ma'ruf dalam persidangan.

Kembali ke soal kemungkinan penyadapan SBY dan rekamannya dipegang oleh pihak Ahok, pengacara Ahok Humphrey Djemat menampik bahwa pihaknya menyatakan punya rekaman sadapan seperti itu.

"Saya bilangnya komunikasi ya, bukan rekaman," kata Humphrey di Restoran Sedap Rempah, Menteng, tadi.

https://m.detik.com/news/berita/d-3411474/ramai-isu-sby-disadap-wiranto-kok-bicara-kemungkinan?_ga=1.261569037.1238080389.1453127611

emoticon-Wkwkwk
0
6.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan