Memasang Iklan Dengan Tulisan Yang Tepat? Ternyata Ada Caranya
TS
sicoidcreative
Memasang Iklan Dengan Tulisan Yang Tepat? Ternyata Ada Caranya
Merancang halaman dengan arahan konversi yang tinggi tidak seperti sepotong kue gan. Agan perlu mempertimbangkan tata letak halaman yang agan buat, palet warna, dan banyak elemen lain yang membuat tampilan halaman agan menjadi menarik.
Tetapi gan, walaupun agan mengetahui semua arahan untuk membuat desain halaman, agan mungkin masih membuat kesalahan copywriting. Berikut sicoid akan share beberapa tips untuk menghindari kesalahan agan dalam copywritting :
#1: Tidak memperhatikan tata bahasa yang digunakan
Spoiler for :
Agan perlu memahami bagaimana konsumen tertarik pada halaman pertama. Mereka hanya akan membaca ketika ada suatu kata yang menarik saja, dan akan memindai ulang kembali.
Itu sebabnya agan perlu fokus pada salinan bacaan yang agan buat untuk memastikan apakah itu akan menarik untuk dibaca atau tidak. Pilih ulang kembali font yang agan pilih. Pastikan apakah font tersebut mudah dibaca atau tidak. Apakah ada huruf atau garis yang terlalu dekat. Pastikan warna font lebih menonjol daripada latarbelakang yang agan gunakan.
Setelah agan memilih font yang tepat, agan perlu gunakan 1 sampai 3 kalimat pendek dan sederhana.
#2: Menyewa seorang copywritter yang "terjangkau"
Spoiler for :
Mencoba menyewa copywritter yang "terjangkau" mungkin malah menjadi kesalahan yang fatal gan. Jika agan outsource copywriting, agan perlu menyewa copywriter profesional yang memiliki pengalaman dalam niche agan, dan itu tidak mudah loh gan. Copywriter dengan kriteria ini sangat sulit dicari. Dan jika agan menemukan mereka, agan akan belajar bahwa layanan mereka mahal. Kemampuan yang copywritter berikan itu biasanya sesuai dengan bayaran agan pada mereka.
Misal bayaran mereka $250/jam, copywritter mampu menaikan produk agan, berbicara H2H pada pelanggan, dan menjangkau tim agan untuk membuat iklan yang menarik.
Berikut beberapa tips untuk memilih copywritter yang tepat untuk bisnis agan :
- Copywriter tahu bagaimana membuat salinan kalimat
- Mereka tahu bagaimana untuk meyakinkan pengunjung untuk melakukan tindakan
- Mereka berorientasi pada hasil
- Mereka tertarik pada kinerja situs Anda
- Mereka selalu bersedia untuk menguji salinan mereka
#3: Kurangnya tujuan yang ditetapkan
Spoiler for :
Jika agan membuat iklan dengan copywriting tanpa arahan dan tujuan yang jelas, juga dapat menyebabkan kegagalan gan. Misalnya copywriting yang agan buat harus memiliki tujuan untuk meyakinkan konsumen bahwa merek agan dapat dipercaya.
Tentukan terlebih dahulu bagian setiap tulisan yang akan agan buat. Misal: jika agan menulis formulir pendaftaran, berarti fokuskan tujuan agan untuk mendapatkan banyak prospek yang berkualitas sebanyak mungkin agar mendaftar pada layanan agan.
Menetapkan tujuan untuk copywriting tersebut, agan harus bisa membujuk konsumen untuk sadar dan mengambil tindakan. pastikan bahwa tulisan yang agan buat, mampu untuk mencapai tujuan tersebut.
#4: Fokuskan pada manfaat, bukan fiturnya
Spoiler for :
Daripada mengiklankan daftar fitur untuk mengesankan konsumen, akan lebih baik jika agan fokus pada manfaatnya saja. Agan tau segala sesuatu mengenai produk yang agan pasarkan, tetapi web atau iklan agan tidak menyediakan informasi tersebut maka akan menjadi percuma.
Tunjukan bagaimana produk agan dapat membuat hidup mereka lebih baik. Pastikan manfaat yang agan tunjukan akan menarik mereka, karena jika manfaat tidak sesuai dengan tujuan adalah kesalahan yang cukup serius jika beriklan.
Buat testimonial tentang pelanggan agan, agar konsumen baru akan tertarik dengan apa produk atau jasa yang agan berikan. Gunakan jawaban testimonial pelanggan untuk memandu proses penulisan agan untuk meyakinkan tulisan agan.
#5: Tidak memahami audiens
Spoiler for :
Penting banget nih gan! Pahami terlebih dahulu target audiens agan, untuk menentukannya berikut sicoid berikan beberapa pertanyaan yang harus agan tanyakan sendiri pada diri agan sebelum agan menulis copywriting di iklan agan :
- Apa tahap siklus pembelian jika konsumen membeli produk atau jasa agan?
- Apakah mereka pernah mendengar tentang produk agan sebelumnya?
- Apakah mereka berniat untuk melakukan pembelian ?
- Apakah mereka memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan baik-informasi?
- Apakah ada sesuatu yang mungkin membuat mereka tidak yakin untuk membeli produk agan ?
Jika agan sudah tahu jawabannya, agan tahu dimana target audiens agan dan terletak dimana siklus pembeliannya, darimana konsumen tertarik dari copywriting agan, dan dari media mana saja yang targetnya paling banyak didapat.
#6:Tentukan design yang tepat untuk copywriting
Spoiler for :
Banyak pemasar yang mengajukan pertanyaan penting ini dan sulit untuk dijawab : "Mana yang lebih penting, design atau tulisan?"
Sebagian besar copywriter akan meminta designer untuk merancang halaman sekali-kali. Tetapi jika agan membuat tulisan agan sendiri dan designnya sendiri, agan akan mendapat kesalahan serius jika salah langkah. Tulisan yang bagus harus sesuai dengan design yang digunakan oleh karena itu membuat tulisan dan design yang sama itu tidak mudah.
Jangan berangan-angan ingin membuat tulisan dan design dengan tampilan yang "wah". Buatlah dengan sederhana tetapai manfaatnya tersampaikan.
#7: Kurangnya koreksi bahasa
Spoiler for :
Gunakanlah bahasa yang paling umum digunakan saat agan membuat tulisan. Salahnya memilih kata-kata akan berakibat fatal. Karena konsumen akan membaca tulisan agan dengan detail jika mereka sudah tertarik dengan iklan yang agan buat. Konsumen juga akan membaca apa kurang lebihnya jika dia membeli atau memilih produk yang agan pasang di copywriting agan