smart.moneyAvatar border
TS
MOD
smart.money
Yuk, Ketahui Asal Mula Angpao


Tahun baru Imlek selalu identik dengan pembian angpao pada generasi muda yang belum menikah. Angpao sendiri merupakan salah satu tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa kala Imlek.

Harapan dari pemberian Angpao adalah agar si penerima bisa mendapat keberuntungan dan nasib baik. Nilai uang dalam Angpao sendiri ditujukan untuk menyenangkan penerima.

Secara arti, angpao bermakna amplop merah. ‘Ang’ atau merah sendiri berarti kebahagian, kesenangan, keberuntungan, hoki dan semangat. Ingat, membuka angpao di depan pemberinya adalah perilaku tidak sopan.

Angpao sendiri sebenarnya merupakan perkembangan dari tradisi ‘Ya Sui Qian’ yang berarti mengusir ‘setan’ dan ‘Raksasa Nian’ yang akan mengganggu anak mereka. Terdapat dua jenis ‘Ya Sui Qian’ menurut buku ‘Yen Jing Sui Shi Ji’.

Pertama, mengikat uang koin (uang China kuno) dengan tali berwarna-warni kemudian meletakkannya dibawah kaki-kaki ranjang tempat tidur anak. (menurut pencatatan sejarah buku.

Kemudian, memasukkan uang ke dalam amplop merah dan memberikannya pada generasi muda. Angpao juga bisa diberikan dengan cara menyelipkannya dibawah bantal saat anak-anak sedang tidur.

Di zaman sekarang, yang paling banyak dan sering dilakukan adalah menggunakan cara kedua, yakni memasukkan uang dalam amplop merah dan memberikannya saat mereka datang dan mengucapkan ucapan tahun baru Imlek.

Umumnya, setelah anak pemberi angpao menerima angpao dari orang lain, maka orang tua penerima angpao harus memberi angpao pada anak si pemberi angpao. Dalam pembagian Angpao, terdapat kebiasaan penggolongan hubungan pemberi dan penerima Angpao.

Dalam pembagiannya, makin erat hubungan, maka isi angpao akan makin banyak.

Sumber : http://smart-money.co/lifestyle/yuk-...al-mula-angpao



tata604
tata604 memberi reputasi
1
15.5K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan