Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

satryoerickAvatar border
TS
satryoerick
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini
TAHU BULAT GAK BAKAL ADA APA-APANYA SAMA TAHU INI


Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini


Tahu. Begitu kita denger nama makanan satu ini, pikiran kita pasti gak jauh-jauh sama yang namanya "Tahuuu Bulaaaaat Digoreeeeng Dadakaaaaaan Lima Ratusaaaaaan Guriiiiih Enyooooooooi". buat yang baca barusan sambil dinyanyiin ngaku di kolom komen yaa wkwk. Memang sih, makanan yang satu ini booming dan hits banget pada tahun 2016. Padahal, banyak juga tahu lain yang rasanya lebih enak dan pastinya tetap dipenuhi kearifan lokal. So, langsung aja kita selidikin tahu apa aja sih 5 macam makanan berbahan dasar tahu yang bikin tahu bulat gak ada apa-apanya hehe emoticon-Big Grin

1. Tahu Campur Lamongan
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini

Tahu Campur adalah makanan tradisional yang di dalamnya terdiri dari sayuran, tahu, daging sapi, mie dan lain – lain. Makanan ini disajikan dengan kuah yang dicampur dengan petis udang. Tahu Campur ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Jawa Timur, salah satunya adalah Lamongan sebagai daerah asal Tahu Campur ini.

Tahu Campur ini terbuat dari bahan seperti tahu goreng, perkedel singkong, daging sapi, mie, taoge panjang dan selada kriting yang disiram dengan kuah khas yang dicampur dengan petis. Kuah dari Tahu Campur ini sangat khas karena terbuat dari kaldu daging dan bumbu khas sehingga aroma dan rasa daging sapinya sanga terasa. Selain itu mie yang digunakan biasanya adalah mie kuning atau ada juga yang menggunakan mie bihun.

Dalam penyajiannya petis dicampur dengan sedikit kuah sehingga dapat merata dan rasanya menyatu. Kemudian masukan bahan – bahan seperti perkendel, mie, taoge, selada dan daging yang sudah dipotong –potong. Kemudian disiram lagi dengan kuah dan ditambahkan kerupuk di atasnya. Untuk penambah rasa pada Tahu Campur ini kita bisa juga menambahkan sambal. Namun akan lebih enak bila menambahkan sambalnya saat mencampur petis tadi, agar rasanya bisa lebih menyatu.

Tahu Campur ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Salah satu kenikmatan dari Tahu Campur ini terletak pada perpaduan kuah dan petisnya yang menghasilkan rasa yang khas dan lezat. Penggunaan petisnya pun tidak terlalu berlebihan sehingga rasa kuahnya terasa pas di lidah saat kita menikmatinya. Tekstur daging sapinya juga terasa kenyal dan empuk sehingga memberikan sensasi tersendiri saat kita menyantapnya. Selain daging sapi biasanya ada juga penjual yang menambahkan kikil, tetelan dan bagian lainnya sebagai variasi rasa.

Yang tidak kalah menarik adalah perkedel singkongnya yang gurih dan cukup membuat kita kenyang karena terbuat dari singkong. Sehingga walaupun tidak menggunakan nasi atau lontong, tapi cukup untuk mengisi perut kita. Namun bila anda merasa kurang puas bisa juga di tambahkan lontong sebagai pelengkapnya.

2. Tahu Tek Lamongan
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini

Tahu Tek adalah makanan tradisional yang di dalamnya terdapat tahu goreng dan lontong yang dipotong kecil lalu disiram saus bumbu di atasnya. Selain tahu dan lontongnya, keistimewaan dari Tahu Tek ini juga terletak pada saus petis yang dibuat dengan bumbu khusus, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas. Tahu Tek merupakan salah satu makanan khas dari Lamongan yang cukup terkenal. Karena rasanya yang khas, makanan ini tidak hanya diminati oleh masyarakat Lamongan atau Surabaya saja, namun juga wisatawan yang berkunjung ke sana.

Tahu Tek ini merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Namun ada juga yang Pada awalnya Tahu Tek ini di jajakan oleh para penjual secara berkeliling dengan menggunakan gerobak. Konon katanya, makanan ini dinamakan Tahu Tek karena gunting yang digunakan untuk memotong bahan seperti tahu lontong, kentang dan telur ini selalu berbunyi “tek..tek..tek”. Sehingga banyak yang menyebutnya dengan Tahu Tek.

Proses pembuatan Tahu Tek ini terlihat cukup sederhana. Tahu Tek terbuat dari bahan seperti lontong, tahu goreng, kentang goreng, taoge dan irisan timun. Bahan – bahan tersebut kemudian dipotong kecil dengan menggunakan gunting khusus dan alat garpu untuk memegangnya. Setelah bahan tersebut dipotong kemudian siap untuk disajikan.

Pada penyajiannya bahan yang sudah disiapkan disusun ke dalam piring kemudian disiram dengan saus petis. Saus petis ini terbuat dari bahan seperti petis, kacang goreng, air, cabai dan bawang putih. Bahan tersebut kemudian diulek dengan menggunakan cobek yang terbuat dari batu sampai bumbunya mengental. Petis yang di gunakan untuk membuat saus ini biasanya diambil dari Sidoarjo, karena disana merupakan daerah asal dari petis sehingga dirasa lebih enak dan asli.

Setelah bahan Tahu Tek disiram dengan saus petis kemudian diatasnya ditaburi bawang goreng, irisan seledri dan kerupuk udang. Untuk penyajian Tahu Tek ini biasanya dibedakan menjadi dua macam yaitu Lontong Tahu atau Tahu Telur. Untuk lontong tahu biasanya seperti yang disebutkan di atas. Sedangkan tahu telur biasanya ditambahkan telur goreng diatasnya. Walaupun sebenarnya hampir sama namun memiliki rasa yang sedikit berbeda.

Tahu Tek ini memiliki rasa yang unik dan khas. Rasa dari saus yang terbuat dari petis ini memberikan cita rasa dan aroma yang khas. Rasa kacang pada sausnya juga sangat terasa, karena pada dasarnya kacang pada saus ini tidak diulek sampai lembut sehingga memberikan sensasi tersendiri di lidah kita. Selain rasanya yang nikmat Tahu Tek ini juga sangat mengenyangkan karena menggunakan lontong dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan bahan lainnya. Sehingga cocok untuk dijadikan menu makan siang saat kita berada di Lamongan, Surabaya dan Malang.

3. Tepo Tahu Ngawi
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini

Tepo Tahu adalah makanan tradisional yang terdiri dari bahan dasar tepo, tahu dan aneka bahan tambahan lainnya. Makanan ini sekilas terlihat hampir mirip dengan lontong tahu atau kupat tahu, namun memiliki penyajian dan rasa yang sangat khas. Tahu tepo ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Ngawi, Jawa Timur.

Salah satu ciri khas dari Tepo Tahu ini adalah penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasarnya. Tepo ini merupakan makanan seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut. Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Selain itu kuah Tepo Tahu ini cukup unik dan sederhana, karena hanya menggunakan kecap, air asam jawa dan bumbu halus lainnya. Walaupun terbilang sederhana, kuah Tepo Tahu ini memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menggugah selera kita.

Tepo Tahu ini terdiri dari tepo, tahu telur, taoge, kacang goreng dan disiram dengan kuahnya yang khas. Untuk membuat tahu telur ini, pertama tahu direndam dengan air garam kemudian dicampur dengan kocokan telur setelah itu digoreng. Sedangkan untuk kuah Tepo Tahu sendiri terbuat dari bahan seperti bawang putih, cabe rawit, gula merah, air asam, garam dan kecap manis. Pertama, bawang putih, cabe dan gula merah dihaluskan. Kemudian di campur air jawa dan air panas, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu ditambahkan kecap manis dan garam hingga rasanya pas.

Pada penyajiannya tepo dan tahu dipotong-potong dan ditata didalam piring. Setelah itu ditambahkan bahan seperti irisan kol, tauge, irisan seledri, bawang goreng dan kacang goreng. Setelah itu disiram dengan kuah. Tepo Tahu ini biasanya disajikan dengan kerupuk kecil atau remukan kerupuk.

Tepo Tahu ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Perpaduan rasa manis, asam dan pedas pada kuah Tepo Tahu ini terasa sangat khas dan berbeda dengan olahan lontong dan tahu lainnya. Selain itu tektur teponya yang lembut dipadukan dengan tahu telurnya yang gurih tentu memberikan sesasi tersendiri saat kita menyantapnya.

4. Tahu Sumedang
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini

Tahu Sumedang adalah jenis olahan tahu yang berasal dari daerah Sumedang. Tahu Sumedang ini merupakan salah satu jajanan khas daerah Sumedang, Jawa Barat yang sangat terkenal. Tidak hanya di Jawa Barat, jajanan satu ini juga terkenal di Indonesia. Karena memiliki cita rasa yang lezat, Tahu Sumedang sangat di minati oleh masyarakat dan menjadi salah satu icon kuliner kota Sumedang.

Konon katanya, sejarah Tahu Sumedang ini bermula dari kreativitas seorang imigran dari cina bernama “ong kino” bersama dengan istrinya. Ong kino telah menggeluti produksi tahu ini hingga tahun 1917, dan di lanjutkan kepada anaknya bernama ong bung keng. Menurut cerita turun – temurun, Pada suatu hari bupati Sumedang, Pangeran Soeria Atmadja kebetulan melintas dengan menggunakan dokar dalam perjalanannya menuju situraja. Kemudian melihat seorang menggoreng sesuatu. Bupati itupun penasaran dan mengicipinya, ternyata sangat enak. Lalu bupati itu pun mengusulkan kepada bung keng untuk menjualnya. tidak lama setelah kejadian itu bung keng menjualnya, ternyata tahu ini sangat di gemari oleh masyarakat Sumedang dan tetap populer sampai sekarang. Produksi tahu dari bung keng Ini terus berkembang hingga sekarang. Tempat penjualannya berada di pusat kota Sumedang, namun tidak membuka cabang di tempat lain.

Tahu Sumedang ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan tahu lainya. Bagian luarnya yang renyah dan bagian dalamnya yang lembut dan gurih tentu memberikan sensasi dan cita rasa yang berbeda saat menyantapnya. Tahu Sumedang ini paling enak saat dinikmati selagi hangat. Karena apabila di simpan terlalu lama akan terlihat layu dan memiliki rasa yang berbeda. Untuk menjaga kualitas dan rasa kita bisa menyimpannya di kulkas.

Tahu Sumedang ini paling pas bila di santap bersama cabe rawit atau di cocol dengan saus yang terbuat dari cabe rawit, tauco dan tomat. Selain itu bisa kita makan bersama lontong nasi sangat pas untuk menunda lapar. Untuk kesehatan, Tahu Sumedang ini sangat sehat karena proses pembuatannya masih tradisional dan tanpa pengawet. Sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menikmatinya.

Karena popularitasnya sebagai jajanan khas Kota Sumedang, Tahu Sumedang ini sangat mudah kita temukan di sepanjang jalan kota Sumedang, Jawa Barat. Harga dari Tahu Sumedang ini tergolong murah dan terjangkau. Selain menikmati di kedai, kita bisa membawa pulang dengan di bungkus berupa keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Selain bentuknya yang unik, keranjang ini lebih ramah lingkungan. Nah bagi anda yang berkunjung ke Jawa Barat atau kota Sumedang maka kurang rasanya bila tidak mencicipi atau membawa pulang Tahu Sumedang.

5. Tahu Susu/Sutra Lembang
Tahu Bulat Gak Bakal Ada Apa-Apanya Sama 5 Tahu Ini

Tahu Susu Lembang mulai muncul pada tahun 2008 dan kemudian populer sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. Dilihat bentuknya, tahu ini sebenarnya sangat mirip dengan tahu pada umumnya, ada yang berwarna putih dan kuning. Permukaannya berubah kering dan renyah setelah digoreng, sementara bagian dalamnya terasa lembut, gurih dan enak.

Sama dengan jenis tahu lainnya, makanan ini berbahan dasar kacang kedelai. Hanya saja, tahu jenis ini dicampur dengan susu sapi murni sehingga selain gurih, teksturnya juga lebih padat. Proses pembuatannya dilakukan secara tradisional dan tanpa bahan pengawet, sehingga pada suhu udara terbuka, makanan ini hanya bertahan sampai 2 hari saja dan maksimal seminggu jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Kehadiran Tahu Susu Lembang ini berawal dari keinginan seorang pengusaha yang ingin mengembangkan tahu sebagai salah satu oleh-oleh favorit. Bukan tahu biasa, tetapi tahu yang rasanya berbeda dari tahu yang biasa, dan bahan-bahannya bisa dengan mudah diperoleh di Lembang. Maka muncullah susu sapi sebagai bahan yang dicampurkan dengan kedelai.

Mengolah Tahu Susu Lembang menjadi hidangan yang nikmat sangatlah mudah. Hanya dengan menggorengnya dengan minyak yang panas dan banyak hingga tahu tenggelam di dalam minyak. Setelah warnanya berubah menjadi coklat cerah, segera diangkat dan disajikan panas-panas agar kerenyahannya kulit luar dan kelembutan bagian dalamnya semakin terasa. Disantap dengan cabai rawit, rasanya semakin mantap.

Sumber:
http://www.negerikuindonesia.com/201...onal-dari.html
https://www.indonesiakaya.com/jelaja...u-susu-lembang
http://www.negerikuindonesia.com/201...-sumedang.html
http://www.negerikuindonesia.com/201...onal-dari.html
http://www.negerikuindonesia.com/201...onal-dari.html

Sumber gambar:
http://resephariini.com/wp-content/u...ahu-campur.jpg
http://masteresep.com/wp-content/upl...ng-Spesial.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-kNheJzwg1X...epo%2Btahu.jpg
http://kampoengilmu.com/wp-content/u...u-sumedang.jpg
Diubah oleh Kaskus Support 03 24-05-2017 10:52
0
13.4K
91
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan