Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

roman8989Avatar border
TS
roman8989
Tahan Nafasmu! 10 Hewan Tembus Pandang Ini Luar Biasa Keren Loh!



Siang Juragan
Mungkin hewan tembus pandang yang kamu tahu biasanya ubur-ubur atau hewan air lainnya. Menurut Sönke Johnsen, hewan air biasanya mempunyai tubuh transparan karena mereka tidak dilengkapi gigi, racun, mempunyai ukuran yang kecil, bahkan kecepatan yang lambat. Sehingga hewan-hewan tersebut dilengkapi tubuh transparan untuk melindungi diri.

Tapi tahukah kamu kalau ada katak, kupu-kupu, bahkan sampai semut yang transparan? Coba kamu lihat sendiri deh.

1. Glasswinged Butterfly



Greta oto (glasswinged butterfly) ini merupakan jenis kupu-kupu kaki sikat. Kupu-kupu ini biasa ditemukan mulai Amerika Tengah sampai Amerika Selatan, paling jauh sampai Chili. Mereka biasa migrasi ke utara sampai Meksiko atau Texas.

2. Juvenile Sharpear Enope Squid



Cumi-cumi dengan nama latin Ancistrocheirus lesueurii ini mempunyai tubuh transparan yang dipenuhi dengan titik-titik sel pigmen. Kamu bisa melihat organ dalamnya yang bercahaya dengan jelas. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis dengan kedalaman 200-1000 meter.

3. Juvenile Surgeonfish Transparan



Ikan yang dapat kamu temui di perairan sekitar New Zealand ini ternyata masih satu spesies sama Dory dari Finding Nemo/Finding Dory lho! Mereka juga bisa tumbuh memanjang sampai berukuran 30cm.

4. Semut Pharaoh



Semut yang mempunyai nama latin Monomorium pharaonis ini hanya berukuran sebesar 2 mm dengan warna tubuhnya yang didominasi kuning atau coklat muda. Bagian transparan dari semut ini terletak di bagian belakangnya. Semut ini dapat ditemui di belahan dunia mana pun seperti Eropa, Amerika, Australia, sampai Asia Tenggara.

5. Macropinna Microstoma



Macropinna microstoma merupakan satu-satunya spesies dari jenis Macropinna, Opisthoproctidae, keluarga jenis barreleye. Ikan ini mempunyai bagian kepala yang tembus pandang sehingga kamu bisa melihat apa yang ada di dalam kepalanya. Meski sudah diketahui keberadaannya sejak 1939, foto ikan ini baru muncul pada tahun 2004.

6. Tortoise Shell Beetle



Tortoise shell beetle tidak sepenuhnya transparan, tapi hanya tempurung serangga satu ini lah yang transparan. Tempurung yang mempunyai warna mencolok ini bertujuan untuk memberi peringatan kepada predator sekaligus mengelabuhinya. Yang bikin keren nih, corak pada tempurung serangga ini berbeda-beda lho satu sama lain.

7. Belut Eropa



Belut Eropa ini mempunyai kebiasaan merubah warna tubuhnya selama dia hidup. Pada awalnya belut ini transparan, kemudian sisi samping dan perutnya akan berubah coklat kekuning-kuningan. Kemudian setelah 5-20 tahun, sisi sampingnya berubah menjadi silver dan perutnya akan memutih. Belut ini juga dapat disebut sebagai belut perak.

8. Hyperolius leucotaenius



Katak yang termasuk dalam jenis spesies Hyperoliidae ini tersebar di Democratic Republic of the Congo. Katak ini diperkirakan telah punah, sampai akhirnya pada tahun 2011 rombongan yang dipimpin oleh Eli Greenbaum dari University of Texas El Paso menemukan katak ini di tepi Sungai Elila, anak sungai Lualaba.

9. Juvenile Octopus



Lebar gurita muda yang hanya 2 centimeter ini mempunyai tubuh yang transparan. Kamu dapat melihat organ dalam gurita ini dengan jelas. Gurita yang ditemukan di laut dalam sekitar Tahiti ini mempunyai titik-titik jingga yang dapat berubah warna dan digunakan untuk kamuflase.

10. Salpa Maggiore



Ikan yang ditangkap di semenanjung Karikari yang terletak di sebelah utara Selandia Baru ini dipercaya sebagai Salpa maggiore (Salpa maxima). Ikan ini dapat ditemukan di Laut Selatan.

Ternyata masih banyak ya misteri yang belum kita ketahui. Luar biasa.

Sekian dari thread ane , makasih atas komen , emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Toast nya gan

Sekalian jika kurang jelas sama thread ini silahkan ke Sumber nya langsung emoticon-Ultah emoticon-Traveller
Diubah oleh roman8989 20-01-2017 04:45
10mountainflat
10mountainflat memberi reputasi
1
21.2K
111
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan