Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jelowedtAvatar border
TS
jelowedt
Pedagang Batu Curhat Omzet Turun, Annisa Pohan: Perlu Ada Pelatihan


Jakarta - Annisa Pohan, yang merupakan istri sekaligus juru kampanye calon gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono, mendengarkan keluhan pedagang batu di Sentra Batu Akik saat gerilya di Rawa Bening. Bila nanti pasangan calon nomor urut 1, Agus-Sylvi terpilih memimpin Jakarta, Annisa menjanjikan ada pelatihan untuk memajukan ekonomi kreatif.

"Ada salah satu (pemilik) toko yang bicara Rp 500 ribu penghasilannya, dibandingkan dulu yang sebelumnya Rp 5 juta dan artinya itu adalah penurunan yang sangat drastis," kata Annisa kepada wartawan di Jakarta Gems Center, Rawa Bening, Jakarta Timur, Senin (23/1/2017).

"Saya tanya juga ke ketua pedagang asosiasi di sini semenjak kapan sih penurunan dari para UMKM khususnya pedagang batu ini mulai menurun, dan itu dari tahun 2015. Artinya sudah hampir 2 tahun demand dari batu ini berkurang," lanjutnya

Menurut Annisa, perlu ada perhatian lebih untuk mendorong ekonomi kerakyatan seperti salah satunya usaha batu ini. Dia menuturkan bahwa pelatihan bagi semua yang terlibat di usaha ini bisa membantu berkembangnya ekonomi kreatif.

"Batu itu akan lebih ada nilai tambahnya jika kita bisa mengikat batu itu dengan cantik, nah pelatihan seperti ini. Satu pelatihan mungkin mengasah batu, atau cutting batu untuk lebih baik lagi caranya. Dua, bagaimana batu yang sudah dipotong dengan baik, bagaimana membuat perhiasan itu menarik, atau batu itu dibentuk menjadi hiasan rumah yang menarik. Nah itu perlu ada pelatihan," ucapnya.

Annisa mengatakan bahwa pelatihan bisa memberi nilai tambah pada batu-batu dari berbagai daerah di Indonesia. Dia menegaskan bahwa Agus dan Sylviana punya perhatian khusus untuk ekonomi kreatif.

"Saya mewakili Pak Agus dan Mpok Sylvi, bagaimana kondisi perekonomian dari ekonomi kreatif khususnya untuk pedagang batu ini, itu yang pertama. Tentu nanti saya akan kasih masukan tentu yang tadi penurunan daripada demand atau konsumsi masyarakat akan batu, kemudian juga kirim salam juga kepada pedagang batu di sini harus tetap semangat karena mereka juga memajukan ekonomi Jakarta," papar Annisa.


(imk/erd)

https://news.detik.com/berita/d-3403...-ada-pelatihan

Pemikiranya sangat kritis :
1. Juru Kampanye tapi serasa Calon Gubernur (Mbak paslon nomor berapa),
2 masalahnya Peminat batu akik menurun( Batu Akik kan Musiman) dikasi solusi Pelatihan lu pikir itu semua penjual batu akik sekaligus pengerajin batu akik,
3 maunya mbak kalao penjualan mereka menurun dikasi solusi seperti kak Agus (mudah dan praktis Pus Higenis)
a. satu pengusaha dapat Rp. 50.000.000,-
b. jika dalam satu RW semua kerjanya tukang batu akik maka dikasi Rp. 1.000.000.000.000;- +
emoticon-Wakaka


Diubah oleh jelowedt 23-01-2017 10:40
0
8.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan