RenHikAvatar border
TS
RenHik
Anies Kampanye di Tebet, Beberapa Orang Kesurupan


TEMPO.CO, Jakarta - Beberapa orang kesurupan saat berlangsung kampanye calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengalami kesurupan. Mereka yang kesurupan bukan warga sekitar, tetapi pemain atraksi kuda lumping yang digelar grup Laskar Indig-Indig, komunitas seni kuda lumping Banyumasan.

Awalnya, pemain yang kesurupan hanya beberapa orang. Sebagian ada yang meringkuk di tanah dan bertingkah seperti hewan buas. Ada yang membakar sesajen di dupa, dan membiarkan orang rekan yang kesurupan untuk mencium aromanya.

Anies tampak antusias menyaksikan pertunjukkan itu. Apalagi, ketika ada seorang perempuang muda dari barisan pengunjung yang ikut kesurupan dan berhadapan dengannya. Perempuan itu membungkuk.

Seseorang dari komunitas kuda lumping turut membantu gadis berbaju hitam itu supaya kembali normal, dengan cara memegang kepalanya. Namun, ketika musik reog digaungkan, mereka yang kesurupan nampak lincah dan membuat pengunjung di sekelilingnga terkejut.

Sekitar 15 menit kemudian, pertunjukan usai. Setelah seorang anggota grup membazcakan doa, mereka siuman dari kesurupannya. Ario Penjol, Ketua Komunitas Seni Kuda Lumping Banyumasan, mengatakan aksi kuda lumping lazim diwarnai kesurupan, namun tak membahayakan. “Karena untuk meramaikan suasana mesti diadakan atraksi, tidak cuma tarian biasa,” kata Ario.

Anies memandang atraksi tersebut sebagai kebudayaan yang unik. Anies mengaku akan mendorong pelaksanaan acara kebudayaan dari berbagai tempat bisa dilakukan di Jakarta setiap sepekan sekali. Sebab, ia memandang Ibu Kota sebagai tempat yang mewakili seluruh kebudayaan di Indonesia. “Bayangkan, misalnya minggu ini, satu minggu ada pekan kebudayaan Banyumas. Pekan depan ada pekan kebudayaan Batak, Aceh, Papua,” kata Anies.

Menurut Anies, pemerintah DKI mestinya pro-aktif dalam memfasilitasi pertumbuhan kebudayaan yang ada di Jakarta. Tidak sekedar membuat perangkat keras, tapi Anies ingin kegiatan kebudayaan itu disediakan tempat. “Pentasnya enggak harus di depan ruko seperti ini. Nanti akan kami siapkan tempatnya,” ujar Anies.

Sumber :
https://m.tempo.co/read/news/2017/01/22/348838709/anies-kampanye-di-tebet-beberapa-orang-kesurupan


Ngeri bray ampe ada yg kesurupan gtu emoticon-Takut (S)
Diubah oleh RenHik 22-01-2017 23:41
0
3.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan