Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

idham081096Avatar border
TS
idham081096
Potret Negara Lain Bikin Kita Semua Merasa Beruntung Tinggal Di Indonesia
Banyak dari kita pasti mengeluhkan keadaan negeri kita yang membuat kita berharap kita terlahir atau tinggal di negara lain. Bahkan banyak dari kita lupa perjuangan para pendahulu yang membuat keadaan Nusantara sebaik sekarang. Inilah potret negara lain yang harus membuat kita merasa beruntung tinggal di negara kebanggaan kita.

1. Kemacetan



Kemacetan memang paling sulit diurai di beberapa kota besar di Indonesia. Tapi jika kamu melihat kemacetan yang terdapat di Tiongkok dimana masyarakat betul-betul tidak bisa menggerakkan kendaraannya, kamu pasti merasa sedikit lega ada di Indonesia.

2. Kesehatan



Masyarakat paling sering mengeluhkan hal ini, pasalnya fasilitas kesehatan di Indonesia memang belum begitu maju dan merata. Namun saat kamu mengengok fasilitas kesehatan di Afrika Tengah, kamu akan lebih teriris karena anak-anak disana bahkan tidak sempat menikmati masa mudanya dengan sehat dan orangtua khawatir anak-anak akan terserang penyakit menular mematikan.

3. Politik



Walau masih banyak konflik politik yang kerap kali menyebabkan perpecahan di pemerintahan Indonesia, namun hal ini masih bisa ditangani dengan baik selama ada musyawarah dan mufakat di antara banyak pihak. Namun mengingat di Suriah, bahkan warga ingin segera meninggalkan negaranya karena konflik berkepanjangan antara pendukung calon presidennya. Konflik senjata dimana-mana yang telah menghilangkan nyawa masyarakat sipil yang sudah begitu banyak berupaya bertahan hidup.

4. Sistem Pemerintahan



Asas demokrasi yang mewakili aspirasi seluruh warga memang belum begitu efektif di Indonesia, namun bagaimana jika dibandingkan nasib masyarakat Korea Utara yang dibawah sistem pemerintahan yang disebut “Juche” yang pemimpinnya memimpin dengan gaya Diktator Totaliter Stalinis. Nah lho? Benar saja, masyarakat bungkam, militer berjaga dimana-mana dan selalu diselimuti ketakutan.

5. Gender



Emansipasi wanita sudah terlihat di Indonesia. Adanya perlakuan sama di masyarakat seperti upah, pelayanan transportasi khusus wanita dan kebebasan wanita duduk mewakili rakyat di pemerintahan. Namun di Saudi Arabia misalnya, wanita disana dibatasi ruang geraknya bahkan tidak boleh menyetir mobil sendiri! Weleh-weleh…

6. Biaya Hidup



Walaupun ada perbedaan biaya hidup diberbagai wilayah di Indonesia, secara keseluruhan masih bisa dijangkau karena masih ada warteg atau warung-warung makan yang pro kantong rakyat, apalagi mahasiswa. Hal ini tentunya tidak ada di negara-negara di Eropa ya. Hehehe.

7. Alam Mempesona



Ketahuilah tidak semua masyarakat negara-negara maju sempat menikmati hijaunya alam terbuka dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Intip saja Singapura yang memiliki sedikit pemandangan karena dipadati oleh gedung-gedung perkotaan. Bersyukurlah Indonesia memiliki destinasi wisata yang bahkan didatangi wisatawan dari seantero jagad.

Nah, Daripada kita semua hanya mengeluh, akan lebih bijaksana jika kota mulai berpikir untuk berkarya demi jayanya negeri tercinta ini. Sehingga ke negara manapun kaki berpijak, rumahmu tetap di Indonesia. Merdeka!
0
3.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan