mtx98Avatar border
TS
mtx98
Rupiah Berceceran di Apartemen Pelaku Teror Turki



TEMPO.CO, Istanbul - Sejumlah pecahan uang rupiah ditemukan di dalam apartemen pelaku serangan teror di klub malam mewah Reina, Istanbul, Turki pada malam tahun baru. Temuan pecahan uang rupiah itu merupakan hasil pengrebekan polisi Turki di apartemen pelaku bernama Abdulgadir Masharipov, 34 tahun. Pelaku warga Uzbekistan ini diburu selama 17 hari.

Polisi menemukan beberapa pecahan uang sepuluh ribu dan dua ribu rupiah serta negara lainnya termasuk Ringgit Malaysia. Gambar dari uang rupiah tersebut berhasil diabadikan seorang wartawan yang meliput pemeriksaan terhadap apartemen Masharipov di tersebut.

Seperti yang dilansir Al Arabyah pada 18 Januari 2017, uang itu berada di atas kasur apartemen tersebut. Selain uang, polisi menemukan pakaian berserakan di lantai sementara makanan sisa mengotori dapur.

Temuan lainnya berupa dua pucuk pistol serta sebuah surat dalam bahasa Arab dan Inggris yang berisi kalimat "Saya Mencintaimu" ditujukan kepada orang tak dikenal.




Masharipov ditangkap bersama putranya dalam sebuah operasi keamanan di Distrik Esenurt, Istanbul. Selain Masharipov, polisi menggelandang seorang pria Kirgistan, dan empat perempuan, serta membawa putra Masharipov yang masih berusia empat tahun.

Menurut laporan Hurriyet, Masharipov memasuki Turki melalui Iran dengan menggunakan nama Ebu Muhammed Horasani, pada Januari 2016. Ia tinggal di Konya.

Dia kemudian ke Istanbul pada 16 Desember 2016 dan sejak itu dia terus memantau tempat yang akan dijadikan sasaran serangan berdasarkan perintah ISIS di Suriah.

Dia kemudian memilih klub malam Reina karena dianggapnya pengawsan keamanan di klub malam mewah itu tidak terlalu ketat.

Masharipov kemudian pulang ke kamar penginapannya di Zeytinburnu, mengambil senjata, kembali ke klub malam itu. Ia melepaskan lebih 100 tembakan selama 75 menit menjelang tengah malam Tahun Baru.

https://m.tempo.co/read/news/2017/01/19/117837499/rupiah-berceceran-di-apartemen-pelaku-teror-turki
0
15.2K
138
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan