prob0Avatar border
TS
prob0
Kuda Lumping Khas Temanggung Jawa Tengah
Semoga Thread ini tidak Repost
Spoiler for No Repost:


KABUPATEN TEMANGGUNG- Mungkin Agan Sista disini banyak yang belum mengetahui dimana Kabupaten Temanggung itu. Kabupaten Temanggung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Temanggung dan berbatasan dengan Kabupaten Kendal di utara, Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Magelang di selatan, serta Kabupaten Wonosobo di barat. sumber wikipedia. Dan di Temanggung ini terdapat banyak tempat yang menarik diantaranya adalah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang sampai saat ini menjadi surganya para pecinta alam dan para pendaki.

Spoiler for Kuda Lumping Temanggung:


Kuda Lumping Temanggung, Tarian Yang Terus Berjaya Disaat Derasnya Pengaruh Globalisasi

Dizaman globalisasi ini, kita patut bangga pada elemen masyarakat di Kabupaten Temanggung , karena apa, karena masyarakat disini tidak ingin kehilangan kearifan ragam budaya lokalnya. salah satunya adalah kesenian tarian tradisional Kuda Lumping atau yang dikenal dengan nama lain jathilan, ebeg, ataupun jaran kepang ini.

kesenian tarian Kuda Lumping Temanggung dimainkan denggan menggunakan property berupa anyaman bambu yang dicat warna warni yang menarik dan diberi rambut dan juga dibentuk menyerupai kuda atau yang dikenal dengan nama jaran kepang. kesenian ini dimainkan oleh banyak orang yang menceritakan pasukan berkuda yang ingin memerangi kejahatan .

Kuda Lumping Temanggung ini merupakan budaya daerah yang banyak keunikannya dibandingkan dengan tarian kuda lumping di daerah lain. Diantaranya ialah rambut pemainnya yang menggunakan rambut palsu atau yang dikenal dengan wig yang mekar seperti singo barong. keunikan lainnya adalah pemainnya yang menggunakan pakaian yang mewah atau yang dikenal di Temanggung dengan nama badhong / bedhong. bahkan , untuk satu batu badhong dapat menghabiskan uang sampai jutaan rupiah. Temanggung keren kan ? Hanya untuk melestarikan budaya daerahnya agar tidak punah oleh pengaruh zaman saja mereka sampai rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Spoiler for Pakaian Badong dan Rias:



Aransemen kebudayaan

Kesenian Kuda Lumping Temanggung juga tidak ketinggalan zaman, untuk menambah keren tarian ini, tidak hanya digunakan instrumen gamelan jawa berupa saron , gong , dan juga kendang saja. namun didalam kesenian ini digunakan juga drum , keyboard atau organ dan juga gitar melodi maupun bass, modern kan kesenian ini? . Di beberapa daerah di kabupaten yang terletak di kaki gunung sindoro dan juga gunung sumbing ini, kesenian ini juga di kolaborasikan dengan kebudayaan Jaipong Jawa Barat, dan kebanyakan di kolaborasikan dengan kebudayaan Bali seperti Tari Kecak, Topeng Leak, dan juga Barong Rangda. Tapi masih banyak juga yang tidak diaransemen yang dimasuki oleh beberapa tarian dari luar daerah dan masih memegang pakemasli daerah Temanggung yang membawakan tema Boyong Menoreh, dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya bisa berkunjung ke Temanggung emoticon-Wkwkwk .

Dibawah ini beberapa video Kuda Lumping Temanggung yang sudah ada di Youtube

Spoiler for Video Kuda Lumping Temanggung:


Sekian Thread Pertama dari TS ini , mungkin thread ini masih acak-acakan harap maklumemoticon-Wakaka, semoga saja thread ini bermanfaat dan menambah pengetahuan agan sista semua disini,

pesan TS:

CINTAILAH KEBUDAYAAN DAERAH KITA MASING - MASING, JANGAN RAGU, JANGAN BIMBANG, JANGAN MALU, JANGAN GENGSI DAN JANGAN TAKUT DIANGGAP KUNO . KARENA BUDAYA DAERAH KITA ADALAH WARISAN LELUHUR, WARISAN NENEK MOYANG KITA YANG PATUT KITA BANGGAKAN, PATUT KITA LESTARIKAN. JIKA BUKAN KITA PARA GENERASI MUDA YANG MELESTARIKANNYA, TERUS SIAPA LAGI?? APAKAH MENUNGGU ORANG LUAR NEGERI MENGAKUINYA???


COBA SEBUTKAN TARIAN DAERAH AGAN DISINI


Diubah oleh prob0 16-01-2017 02:41
0
22K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan