kekinian21Avatar border
TS
kekinian21
Obama dan Pesan Terakhir di Pidato Perpisahannya



Barack Obama menyampaikan pidato perpisahan terkahir sebagai presiden Amerikauntuk terakhir kalinya pada Senin malam di McCormick Place di Chicago, Illinois (10/1). Seperti yang diketahui, Presiden Baru Amerika Serikat Donald Trump akan dilantik pada tanggal 20 Januari mendatang.

Perjalanan Obama ke Chicago juga merupakan yang terakhir sebagai presiden, dan yang ke 445 kali dengan menggunakan pesawat kepresidenan Air Force One.

Selama delapan tahun lamanya, Presiden Barack Obama telah berhasil memimpin Amerika Serikat menjadi negara yang semakin baik. Keberhasilan Obama tidak lepas dari dukungan masyarakat AS dan keluarganya, termasuk sang istri, Michelle Obama yang selalu setia mendampinginya selama menjalani masa pemerintahan.



Obama terharu melihat sambutan masyarakat yang begitu antusias. Saat ia memberikan kata-kata pertamanya, para penonton bahkan meneriakkan, "Empat tahun lagi! Empat tahun lagi!" yang hanya bisa dijawab oleh Obama dengan, "Saya tidak bisa melakukan itu."

Spoiler for CHICAGO DAN MASA KEPEMIMPINAN OBAMA:


Obama Presiden Yang Peduli Tentang Isu Rasisme

"Setelah saya terpilih, ada perbincangan mengenai Amerika pasca rasisme. Satu visi yang baik, maksudnya baik, tapi tidak realistis karena rasisme masih menjadi kekuatan yang dapat memecah belah masyarakat kita," ucap Obama.

Obama tak memungkiri, masyarakat sudah mulai berkembang dan menerima perbedaan ras dengan sangat baik. Namun hingga kini, masih ada diskriminasi dalam ekonomi di AS.

Obama berkata, tahun lalu, di bawah kepemimpinannya, pendapatan penduduk yang berasal dari beragam ras, jenjang usia, dan jenis kelamin memang meningkat. Namun, itu semua belum cukup. Dengan nada suara yang lebih tinggi, Obama mengatakan peralihan kekuasaan yang damai antar presiden merupakan sebuah "tanda" dari demokrasi Amerika.

Obama Presiden Yang Peduli Tentang Demokrasi

Obama mengatakan peralihan kekuasaan yang damai antar presiden merupakan sebuah "tanda" dari demokrasi Amerika.
Tetapi dia mengatakan, "Demokrasi kita tidak akan bekerja tanpa sebuah kesadaran bahwa setiap orang memiliki kesempatan ekonomis".

Lewat pengalihan kekuasaan secara damai, Obama mengatakan, demokrasi Amerika efektif hanya kalau politik di negara ini mencerminkan kesantunan rakyatnya.

"Demokrasi akan melenceng jika dikaitkan dengan ketakutan. Karena itu, saya melawan terorisme dengan posisi hukum yang jelas. Karena itu, saya menolak diskriminasi terhadap Muslim Amerika," kata Obama.



Spoiler for KUTIPAN:
Quote:
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
26.6K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan