saubi1234Avatar border
TS
saubi1234
Mengapa mayoritas manusia gunakan tangan kanan daripada kiri?



Lebih dari 90 persen manusia secara global beraktivitas menggunakan tangan kanan. Hal ini merupakan salah satu ciri yang membedakan manusia dengan primata, yang ternyata tak begitu menunjukkan preferensi tangan kanan ataupun kiri.

Dipercaya preferensi penggunaan tangan satu dari yang lainnya adalah hal yang sudah dilakukan sejak zaman purba. Sebuah studi pun dilakukan demi mencari penyebab tersebut, yang mana tak ditemukan mengapa. Akhirnya ilmuwan berkesimpulan bahwa hal ini dipengaruhi oleh penggunaan alat kuno. Mengapa demikian?

Otak kiri dan otak kanan

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, kita harus tahu bahwa secara garis besar ada yang namanya otak kiri dan otak kanan. Bagian kiri mengontrol bahasa dan aktivitas motorik, sementara kanan lebih bertanggung jawan soal atensi visual maupun ruang dan tempat atau spasial.

Dominasi bagian otak di setiap individu awalnya tak berarti apa-apa di preferensi tangan kiri atau kanan. Namun Perangkat kuno yang dibuat oleh nenek moyang kita ternyata memberi sedikit petunjuk.



Penggunaan peralatan kuno

Peralatan kuno yang dianggap jadi paling tua di dunia, adalah sebuah benda yang ditemukan di Kenya, Afrika. Benda ini berasal dari 3.3 juta tahun yang lalu, dan tentu di era tersebut sangat butuh kemampuan dan ketangkasan untuk membuatnya.

Ketika para ilmuwan mencoba membuat peralatan yang sama dengan minimnya peralatan seperti nenek moyang kita pada zaman dahulu, ditemukan bahwa otak kiri bekerja lebih banyak. Karena otak kiri mengontrol tubuh bagian kanan dan sebaliknya, nenek moyang kita di awal dulu secara aktif lebih banyak menggunakan tangan kanan.

Hal ini terjadi terus menerus hingga sekarang, dan karena evolusi, secara otomatis masyarakat zaman sekarang mayoritas menggunakan tangan kanan untuk beraktivitas. Namun sebaliknya, mengapa seseorang bisa kidal masih jadi misteri. Ilmuwan berpendapat bahwa mengingat banyak orang kidal yang berada di dalam satu akar keluarga, kidal adalah hal yang genetik.

Sumber: Merdeka.com

0
2.7K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan