Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tamasyeahAvatar border
TS
tamasyeah
15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR
Yang di Jakarta, kalo ngerasa bosen mejeng di mall atau bosen ngeghibah di cafe, coba deh geser dikit pergi ke selatan. Cuma nggak sampe sejam, agan udah sampe di Bogor. Macet karena banyak angkot, emang iya. Tambah macet gegara ujan tiap hari, bener banget. Tapi, tenyata Bogor gak cuma Kebun Raya, Taman Topi atau kampus IPB (buat yang matanya suka tamasya) aja. Bogor ternyata lebih dari sekedar tempat wisata dalam kota seperti itu. Kalo mau keluar dikit dari area kota, agan bakalan nemuin tempat wisata baru yang asyik dan seru. Tanpa macet, tanpa serangan angkot dan tanpa rasa bosan yang sama kayak saat sedang di Jakarta. Ada apa aja? Yuk bahas satu-satu! 15 wisata anti-mainstream di sekitaran Bogor!

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Kampung Budaya Sindangbarang

Kalo Banten punya Baduy, Jawa Barat punya Sindangbarang. Keduanya punya kesamaan dalam hal pelestarian budaya sih menurut ane. Di Sindangbarang ini, agan bisa ngeliat bangunan-bangunan rumah khas Sunda, terutama khas daerah Pakuan Pajajaran. Total ada 27 bangunan rumah tradisional di sini. Kalo udah bosen ngeliatin rumah tradisional, agan juga bisa tuh masuk sampe nginep. Ngerasain tidur di rumah gubug tanpa AC, tapi tetep dingin. Udah gitu, sambil didongengin cerita daerah sama tetua adat dan ditambah suara jangkrik yang jadi backsound-nya. Pules-pules deh agan tidurnya! emoticon-Smilie))

Kalo mau lebih seru, dateng ke sininya pas akhir-akhir taun aja, karena masyarakat Sindangbarang biasa ngadain upacara rutin untuk mensyukuri hasil panen, namanya Upacara Seren Taun. Semua kesenian Sunda tumpah-ruah di acara ini dan bikin DWP kalah pecah-nya. Dan yang jelas, bikin agan gak cuma ngerasain kehidupan lokal masyarakat Sunda, tapi juga bisa nikmatin kesenian daerah masyarakatnya. Dan parahnya, itu cuma sejam loh dari Jakarta! :’>

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Pura Jagatkarta

Loh, apakah ini di Bali? Tidaaaak! Karena ternyata Bogor juga punya pura dan gak kalah cantik sama yang di Bali sana. Namanya, Pura Jagatkarta. Dan tau gak, Pura Jagatkarta ini ternyata juga merupakan pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih! Yoi banget kan. Sama halnya dengan Pura Besakih yang ada di kaki Gunung Agung, Pura Jagatkarta ini juga lokasinya nempel sama Gunung Salak. Siap-siap buat narik napas dalem-dalem karena agan akan ngeliat pemandangan yang spektakuler, ngehirup udara yang super sejuk dan............melewati jalanan nanjak yang lumayan bikin betis bergetar. Walaupun sebenernya nanjaknya sih biasa aja, tapi jauhnya itu loooh, secara 800 meter bok!

Kalo gak mau ribet, setelah turun angkot, bisa lah itu agan naik ojek yang udah setia nunggu orang-orang lemah macem kita. Kalo gak salah cuma bayar 15.000 agan udah bisa nyusul temen agan yang lagi susah payah jalan nanjak sambil lambai tangan dadah-dadah. Mayan buat ngirit tenaga dan juga ngirit waktu karena jam buka pura cuma sampe jam 5 sore. Kalo beruntung, yang dateng pas sore-sore gitu bisa ngeliat kabut turun dan nyelimutin bangunan pura. Dijamin jadi makin kerasa suasana magisnya!

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Hutan Pinus Sentul

Udah nonton film Modus Anomali kan? Inget gak adegan saat John (Rio Dewanto) lari-lari? Pasti enggak karena adegan dia lari-lari ternyata banyak banget. *diguyur*. Yaudah, tapi agan inget kan hutan pinus tempat si John dan keluarganya piknik? Nah, itu dia hutan pinus Sentul yang dijadiin lokasi syuting sama Modus Anomali. Lokasinya, deket banget dari Jakarta, kalo gak macet gak sampe deh 2 jam perjalanan.

Modus Anomali sebenernya udah ngegambarin gimana kerennya hutan pinus Sentul ini melalui media video. Pohon pinus berbatang tinggi lurus berbaris rapi menciptakan ruang-ruang simetris antara satu pohon dengan pohon lainnya. Ini bikin suasana hutan pinus Sentul jadi keliatan photogenic dan menarik banget buat dijadiin background fotoan. Belom lagi, kabut yang kadang-kadang nongol, makin bikin hutan pinus Sentul jadi background foto yang Instagramable banget. Selain itu, buat agan yang hobi sepeda gunung, kontur tanah hutan pinus Sentul yang berbukit cocok lah buat dijadiin track sepedaan. Gak usah takut nyasar, karena udah banyak juga anak-anak sepeda lainnya yang sering main di sini jadi track-nya udah keliatan jelas. Trus, kalo udah capek, bisa langsung nyemplung di pemandian air panas yang ada di tengah hutan pinus. Seru kan! :’>

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Danau Situ Gunung

Buat pecinta fotografi, pasti kalian suka sama tempat ini. Lokasinya gak terlalu jauh dari pusat kota Bogor, sekitar 10 km-an. Di sini, agan akan nemuin sebuah danau yang di sekelilingnya masih ditutupin pohon-pohon rimbun. Sebenernya gak spesial-spesial amat sih, ya keliatannya kayak danau kebanyakan gitu lah. Cuma genangan air coklat berukuran gede dengan pohon-pohon rimbun tadi yang jadi bingkainya. Pokoknya biasa deh, suerrrr. Tapi, kalo agan datengnya subuh-subuh menjelang matahri terbit, baru deh tuh keliatan spesialnya. Bukan karena matahari yang berbentuk telor mata sapi muncul (#apeu), tapi karena munculnya biasan cahaya matahari di dalam kabut yang nyiptain suasana ‘misty morning’. Ditambah, saat ada kapal getek yang tiba-tiba melintas, suasananya bakalan makin sadis. Saking sadisnya, temen ane sampe jalan-jalan gratis ke Turki dan fotonya dimasukin ke situs United Nation gara-gara menang lomba foto pake foto yang di atas ituh! Sadissss!

Ps: Pras, maap yak gak pake ijin nulis tentang lo, tapi sumpah elo keren! :’>

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Hotel Tenda

Duh, ini masih masuk bucketlist gue sih sebenernya. Tapi emang, resort di Cisarua ini konsepnya mayan menarik dan beda. Jadi, agan yang pengen banget ngerasain kemping tapi takut sama suasana hutan atau takut tiba-tiba tenda agan diserang gorila, bisa banget nih nginep di resort ini. Walaupun luarnya berbentuk tenda (yes, keliatannya emang kayak tendanya orang Mongolia), tapi bukan berarti dalemnya gak nyaman. Setiap tenda di resort ini dilengkapin sama 1 tempat tidur king size, sofa, tv, ac dan kamar mandi pribadi lengkap dengan shower. Pokoknya emang dibikin semirip mungkin sama fasilitas hotel. Tapi biarpun begitu, suasana kempingnya gak akan ilang karena resort ini adanya di tengah-tengah tanah lapang yang masih alami, jadi hal-hal kecil tapi krusial macem suara jangkrik masih tetep bisa kedengeran. Dan juga, pemandangannya pun cakep, langsung ngadep ke arah Gunung Salak. Sekarang, pertanyaannya, kira-kira ane harus keilangan tabungan berapa buat bisa ngerasain bobok di tenda itu? Jawabannya, yaaah sekitar 2 jutaan lah permalem (tahun 2012). Tapi tenang, biaya segitu bisa dishare sama 5 orang lainnya kok, karena kapasitas tenda muat buat 6 orang dewasa. Alhamduuu..

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Gunung Batu Jonggol

Buat hikers pemula yang belum pernah naik gunung atau buat hikers tingkat dewa yang rindu buka tenda tapi mager dan pingin yang santai-santai aja, Gunung Batu ini adalah jawabannya. Kalau ada yang nanya dimana letak Gunung Batu ini dan mendapat jawaban "di Jonggol", orang itu bukannya lagi ngajak agan bercanda, karena nyatanya Gunung Batu ini letaknya emang ada di Jonggol atau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bogor.

Gunung Batu ini agak kurang pas kalo disebut gunung sebenernya, karena tingginya cuma 875 mdpl dan hanya 200 m pendakian dari start awal trekking. Tapi, alesan kenapa orang-orang masih kekeuh nyebut si Gunung Batu dengan sebutan gunung bukan bukit adalah karena keterjalan gunung ini yang lumayan terjal menjadikannya layak jika disebut dengan gunung, karena kalau disebut bukit takut-takut orang malah mengganggap remeh duluan.

Di puncaknya, agan akan bisa nyaksiin pemandangan Jonggol dari ketinggian dengan dinding bukit-bukit yang berbaris sebagai background-nya. Supaya view yang agan dapet makin cetar, coba deh ke sininya pas pagi hari menjelang sunrise. Kombinasi antara barisan bukit yang menjadi background, kabut tipis khas pagi hari dan biasan cahaya matahari yang perlahan menembus kabut pagi dijamin membuat perjalanan agan ke puncak Gunung Batu ini terasa worth it banget, effortless tapi view-nya juara.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Curug-curug di Kawasan Sentul: Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut, Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong

Buat yang ngerasa Bogor udah ngga se-dingin dulu, mending ngadem dengan berendem di curug-curug yang ada di Kawasan Sentul macem Curug Luwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut dan Curug Lieuk. Ketiga curug ini lokasinya ada di Kawasan Sentul, dekat dengan Gunung Pancar dan keempat curug ini berlokasi saling berdekatan.

Keistimeawaan yang dimiliki oleh keempat curug ini yang bikin mereka ramai-ramai dikunjungi adalah warna air mereka yang hjiau toska, yang bikin ngeliatnya aja udah adem apalagi langsung nyebur ke dalamnya, pasti super seger.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Keempat curug ini berbeda jenis dengan tipikal curug kebanyakan yang memiliki ketinggian air yang lebih dari 3 meter. Kalau di Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Cepeut, Curug Lieuk dan Curug Barong ini jatuhan airnya pendek banget. Tapi ngga masalah, karena yang dicari justru bukan jatuhan airnya melainkan kolam curugnya yang emang ngga terlalu dalam jadi asyik buat ngadem dan berendem. Di sini, agan bisa ngerasain sensasi mandi di kolam alam berdinding batu dan yang pastinya super seger karena airnya langsung dari pegunungan!

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol

​Ngga perlu jauh-jauh pergi ke Jogja atau Malang buat berburu foto untuk Instagram dengan latar rumah pohon lengkap dengan barisan pegunungan hijau yang menjadi background-nya. Sekarang, di Kawasan Jonggol sudah dibangun rumah pohon serupa dengan yang di Jogja dan di Malang. Serunya, di sini juga ada jembatan gantungnya juga, jadi makin lengkap deh foto ala-alanya.

Lokasi rumah pohon ini adanya di dekat pintu masuk Curug Ciherang di Jonggol atau tepatnya di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur. Untuk bisa fotoan ala-ala di rumah pohon ini, ngga perlu rogoh kocek mahal, cukup siapin uang tiket Rp 5,000 dan Rp 20,000 buat parkir kendaraan (mobil) atau Rp 5,000 (motor).

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Goa Agung Garonggang

Tempat wisata lainnya yang dimiliki Sentul yang masih belum banyak orang tau, Goa Agung Garonggang namanya. Goa ini merupakan goa bawah tanah, dimana untuk memasuki goa ini agan diharuskan untuk masuk melalui pintu goa yang hampir mirip dengan sumur. Setelah masuk, jangan kaget kalo agan ngga nemuin apa-apa, karena namanya juga goa di dalam tanah ya pastilah gelap gulita tanpa cahaya. Makannya, ada baikknya agan siapin dulu senter sebelum pergi ke sini. Atau paling ngga pake senter dari hp atau mentok-mentok ya pakai cahaya hati eaaa. Kalo udah ada cahaya, agan bakal disuguhin pemandangan stalaktit yang menggantung di dalam goa.

Puas menyusuri goa, saatnya agan untuk eksplor lokasi luar goa. Bukan cuma dalam goanya aja yang cakep, ternyata luar goanya lebih cakep lagi. Banyak tebing-tebing berdinding batu yang menjulang gagah minta banget buat difoto. Sabi banget deh.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Little Venice Kota Bunga

Ngimpi buat pergi bareng pacar ke Venice terus romantis-romantisan naik sampan nyusurin kanal yang dipagari gedung-gedung cantik? Jangan sedih, karena wisata macem itu kini bukan cuma sekedar mimpi. Sekarang di Kota Bunga ada loh replika Venice yang dinamain Little Venice dimana agan bareng pacar agan bisa ngewujudin mimpi untuk ngerasain pengalaman susur kanal tanpa perlu jauh-jauh terbang ke Itali.

Tenang aja, walaupun Little Venice ini cuma replika dari yang aslinya, bukan berarti sensasi yang agan dapetin bareng si doi bakal berkurang. Liat aja, bentuknya bener-bener sama dengan yang dengan yang ada di Itali kan?

Buat ngerasain pacaran di atas sampan di Little Venice ini, agan ngga perlu keluarin uang banyak, cukup Rp 20 ribu per orang buat sekali jalan aja. Kebayang kan bedanya dengan uang yang harus agan keluarin saat harus pergi beneran ke Venice sana? Itung-itung mending uangnya buat ditabung untuk sewa gedung kan? Dan senengnya, pengalaman dan sensasi yang didapetin ngga kalah sama yang aslinya. Bikin agan dan si pacar ngga harus sedih-sedihan lagi karena pacaran sambil susur kanal di Venice bukanlah mimpi lagi. Tapi, buat yang jomblo ya gimana ya, mungkin pergi ke sini malah justru bikin agan makin sedih lagi ya, karena sedih masa naik sampannya sendirian? *diguyur*.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Paralayang Puncak

Buat agan-agan yang udah muak dan stress berat sama rutinitas kuliah dan dikerja di Jakarta, jangan dipendem ya unek-uneknya, nanti kalian gila yang ada. Mending, kalian pergi ke puncak buat liat yang ijo-ijo yang pasti bisa ngilangin stress kalian. Udara yang sejuk juga dijamin bakalan bikin hati kalian lebih kalem dan tentrem, ngga lagi tuh panas karena urusan kampus atau kantor.

Kalo ngeliat yang ijo-ijo sambil ngehirup udara puncak yang adem masih kurang untuk bikin kalian kalem, mungkin obatnya cuma 1: teriak kenceng-kenceng sambil terbang naik paralayang. Jadi, di puncak Bogor itu ternyata ada loh wahana paralayang macem paralayang di Parangtritis Jogja. Bedanya, kalau di Jogja view yang agan dapet adalah Samudra Hindia maha luas, kalau di puncak Bogor view yang agan dapet adalah hamparan kebun teh yang super hijau. Udara di puncak Bogor pun lebih sejuk daripada paralayang di Jogja, secara kalau yang di Jogja lokasinya ada di pinggir pantai jadi udaranya ya kebayang akan panas banget.

View-nya yang ciamik, udaranya yang sejuk dan ketinggian terbang yang mencapai 1,300 mdpl dijamin bikin stress agan ilang kebawa angin setelah sebelumnya puas teriak-teriak ngeluarin semua unek-unek yang dipendem dalem hati deh.

Untuk bisa terbang dengan paralayang ini, biaya sekali main yang lamanya sekitar 5 menit adalah Rp 350 ribu per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 400 ribu untuk wisatawan asing. Kalau itu dirasa cukup mahal, agan bisa kok tetep dateng ke lokasi paralayang ini. Pemandangan di sini juga ngga kalah cakepnya, jadi lumayan juga untuk ngehilangin stress. Tiket masuk kawasan ini murah kok, cuma Rp 13 ribu aja per kepala.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Bukit Alesano

Salah satu spot terbaik untuk menikmati city light kota Bogor ya dari Bukit Alesano. Bukit Alesano ini merupakan semacam Bukit Bintang-nya Jogja atau Bukit Moko-nya Bandung dimana dari Bukit Alesano ini agan bisa menikmati lanskap kota Bogor di bawah sana. Untuk lebih maksimal, disarankan untuk pergi ke Bukit Alesano ini pada malam hari, karena agan bisa melihat lautan lampu kota Bogor yang kerlap-kerlip di kejauhan.

Buat yang suka camping, agan bisa banget buka tenda di sini. Udara yang dingin ngga akan jadi alesan lagi untuk menikmati view kota Bogor malam hari, karena saat udara mendingin agan tinggal masuk ngeringkuk di dalem tenda.

Kalo udah puas ngeliatin indahnya kota Bogor dari atas, cepet-cepet masuk tenda buat tidur deh. Soalnya, besok pagi-pagi banget masih ada suguhan lainnya yang ditawarin yaitu pemandangan sunrise masih dengan view yang sama yaitu kota Bogor dari ketinggian plus Gunung Gede Pangrango sebagai latar yang sayang banget buat dilewatin.

Untuk menikmati suguhan kota Bogor dari ketinggian di Bukit Alesano, ngga susah kok. Lokasinya ada di Cijeruk Kabupaten Bogor, ngga jauh dari Balai Embrio Ternak (BET) atau kalau dari Kota Bogor berjarak 20 km. Untuk sampai ke lokasi camping-nya pun gampang banget. Ngga butuh trekking karena lokasi parkir yang ngga jauh dengan tempat berkemah ini.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Taman Sakura Kebun Raya Cibodas

Alhamdulillah yah, ternyata sekarang untuk bisa ngeliat sakura ngga perlu lagi jauh-jauh pergi ke Jepang, jadi ngga perlu lah ya itu ribet-ribet ngejar tiket promo. Di Indonesia juga ada, tepatnya di Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas. Di Taman Sakura ini terdapat 400 pohon sakura yang memiliki ketinggian 3-5 meter. Masing-masing pohon sakura ditanam dengan jarak 5 meter, membuat Taman Sakura ini akan terlihat rimbun denga bunga berwarna merah muda saat bunga sakura sedang memasuki waktu mekar.

Buat yang pingin banget ke sini, jangan ke sini di luar musim mekarnya ya karena yang akan lo lihat hanya batang-batang pohon sakuranya aja. Makannya, dateng ke sini pada sekitar bulan Januari-Februari atau Agustus-September dan dijamin agan akan melihat secara langsung bunga-bunga sakura berwarna merah muda lagi mekar-mekarnya. Bener-bener mirip Jepang, ya?

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Penangkaran Rusa Wana Wisata Giri Jaya

Udah ngga jaman euy itu nongkrong-nongkrong di depan pager Istana Bogor sambil bawa-bawa wortel buat dikasihin ke rusa di sana. Sekarang jamannya kalo mau ngeliat rusa ya ke Penangkaran Rusa Wana Wisata Giri Jaya. Ngga akan ada lagi tuh ngeliatin rusanya sambil dibatesin sama pager besi, karena di Penangkaran Rusa Wana Wisata ini agan bisa berinteraksi langsung sama rusa-rusanya, karena emang mereka dilepas di lahan luas dan pengunjung bebas masuk ke dalamnya.

Di lahan seluas 5 HA ini dikembangkan beberapa jenis rusa, antara lain rusa jenis cheetal, rusa bawean dan rusa jawa. Semua-muanya dibiarkan bebas liar di sini, jadi ambience alam liarnya kerasa banget.

Buat yang terlanjur jatuh cinta sama rusa yang diajak main dan ngga bisa move on, tenang aja ternyata pengelola penangkaran rusa ini mengijinkan elo untuk membawa pulang rusa dan menjadikannya hewan peliharaan. Syaratnya, punya halaman rumah yang luas, komitmen akan merawat dan mendapatkan izin dari Dinas Perhutani Kabupaten Bogor. Kalo semua syaratnya terpenuhi, tinggal angkut deh si rusanya ke rumah. Tapi, jangan banyak-banyak ya karena maksimal hanya dibolehkan 3 ekor aja.

Untuk yang mau ke sini, alamat Penangkaran Rusa Wana Wisata Giri Jaya ini ada di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor atau sekitar 40 km dari pintu keluar tol Cibubur dari arah Cileungsi - Jonggol.

15 WISATA ANTI-MAINSTREAM DI SEKITARAN BOGOR

Canopy Trail Taman Nasional Gede Pangrango

Buat yang udah sumpek sama keadaan Jakarta, kayaknya mampir ke Canopy Trail di Taman Nasional Gede Pangrango ini jadi pilihan yang tepat banget deh. Soalnya, di sini agan akan disuguhin sama pemandangan hutan hujan tropis yang rimbun dimana suara serangga masih mendominasi. Semacam stress healer gitu lah.

Buat bikin kunjungan agan makin berkesan, agan bisa tuh nikmatin pemandangan hutan hujan tropis ini dari atas. di sana ada sebuah jembatan gantung yang memiliki ketinggian 40 m. Dari sini, selain bisa ngeliat pemandangan hutan dari atas, kalo beruntung agan juga bisa tuh ngeliat satwa-satwa penghuni Taman Nasional Gede Pangrango macem macan tutul, owa jawa, monyet ekor panjang sampai burung-burung yang banyak banget jenisnya.

Biaya yang dibutuhkan untuk main ke sini cukup murah kok, cuma Rp 25 ribu per kepala. Jadinya, kegiatan stress healing pun ngga bakal bikin stress lagi karena ngga harus mikirin kocek yang tiba-tiba kosong hehe.


Untuk baca versi lengkap dan artikel lainnya, monggo mampir sini ya gan: http://bit.ly/2iLF9lx

Selamat membaca, semoga bermanfaat yah Gan!

emoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
0
13.4K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan