Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

telegrafnews.coAvatar border
TS
telegrafnews.co
Air Mata Obama Saat Pidato Perpisahan
Air Mata Obama Saat Pidato Perpisahan

PENUH KENANGAN: Presiden AS Barack Obama menangis dalam pidato perpisahan di Chicago. (REUTERS/Jonathan Ernst)


TELEGRAFNEWS – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tak kuasa menahan air matanya saat menyampaikan pidato perpisahan di McCormick Place, Kota Chicago Selasa malam waktu setempat atau Rabu pagi WIB.

Didampingi istrinya Michele Obama dan Wakil Presiden Joe Biden beserta istrinya Jill Biden, Obama di hadapan ribuan pendukungnya menyatakan AS sudah mengalami pencapaian yang luar biasa selama sepuluh tahun kepemimpinannya.

Kesedihan ini tidak lepas dari hubungan emosional Obama dengan Chicago. Mengutip situs BBC, Rabu, (11/11), Chicago menjadi kampung halaman kedua setelah Hawaii. Inilah yang menjadi alasan Obama memilih Chicago untuk menyampaikan pidato perpisahan, dilansir viva.co.id.

Selain itu, sebelum menjabat sebagai Presiden AS, Obama pernah bekerja sebagai pengacara dan mengajar mata kuliah hukum konstitusi di Fakultas Hukum, Universitas Chicago, periode 1992-2004.

Di kota ini pula ia pernah menetap lama beserta istri dan dua anaknya sebelum akhirnya terpilih sebagai Presiden AS ke-44 pada 2008 lalu. Di Chicago pula, Obama belajar banyak hal yang membuatnya piawai mengelola negara selama dua periode.

Di kota ini pula menjadi sejarah AS pertama di mana presiden pertama AS dari kulit hitam berhasil memenangkan hati warga AS. Bahkan, warga Chicago memberikan kepercayaan sehingga terpilih lagi untuk periode kedua. Tak hanya itu, di kota inilah Obama berhasil mengalahkan Mitt Romney dalam Pemilihan Presiden AS 2012.

Gedung Putih mengatakan, Obama merupakan presiden pertama yang kembali ke kampung halamannya untuk menyampaikan pidato perpisahan.

“Tradisi perpisahan Presiden AS kali pertama dilakukan oleh George Washington pada 1796,” ujar pejabat Gedung Putih.(man)

Sumber >> TELEGRAFNEWS.CO.ID <<

Perpisahan yang emosional emoticon-Traveller
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.6K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan