nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Dampak Kenaikan Tarif STNK & BPKB bagi Industri Sepeda Motor


Pemerintah baru saja menerbitkan peraturan pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam isi PP tersebut tertera penyesuaian tarif surat-surat kendaraan bermotor, antara lain penerbitan surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), mutasi, dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Kenaikan tarif penerbitan surat-surat itu mencapai 2-3 kali lipat. Rencananya aturan baru tersebut akan berlaku mulai 6 Januari 2017. Dengan adanya aturan baru, diperkirakan akan berdampak langsung kepada pasar automotif di Indonesia khususnya sepeda motor. "Ya tentunya akan berdampak pada market nantinya. Karena akan ada kenaikan harga sepeda motor pastinya," ujar Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor , Ahmad Muhibbuddin, kepada Okezone.

Meskipun begitu, ia melanjutkan, AHM menghormati setiap keputusan yang dibuat oleh pemerintah, "Cuma harapan kami kalau kenaikan itu bisa dibarengi dengan peningkatan pelayanan dari pemerintah untuk konsumen." tambahnya. Sementara itu Muhamad Abidin selaku General Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yakin apabila aturan tersebut berlaku akan berimbas pada harga jual sepeda motor. "Sudah pasti berimbas, cuma kami masih konsolidasi lagi mengenai harga bagaimana pastinya," katanya. Diperkirakan, lanjut dia, meski harga sepeda motor naik tidak akan mengganggu pasar. Namun, apabila kenaikannya terlalu tinggi bisa saja mengganggu pertumbuhan penjualan sepeda motor.

"Kalau perubahan tidak signifikan saya rasa tidak terlalu mengganggu, karena di awal saja di BBN dan STNK saja. Cuma kebutuhan orang terhadap kendaraan sebagai alat bantu transportasi apalagi roda dua yang terbilang terjangkau saya pikir tidak terlalu signifikan. Tapi minat untuk membeli motor baru saya pikir tetap ada ya," pungkas Abidin.

http://news.okezone.com/read/2017/01...i-sepeda-motor

TAHUN BARU, TARIF BARU emoticon-Leh Uga

TERIMAKASIH JOKOWI emoticon-Ultah
Diubah oleh nevertalk 09-01-2017 14:23
0
2.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan