- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
4 Trik Mengatasi Post-Holiday Blues Setelah Libur Panjang


TS
tiffanysantoso
4 Trik Mengatasi Post-Holiday Blues Setelah Libur Panjang
Halo agan!
Setelah bertemu dengan masa libur panjang di bulan Desember, kini saatnya agan kembali ke kantor. Kembali ke rutinitas harian tentunya akan menimbulkan rasa malas, tidak termotivasi, atau bahkan menghilangkan produktifitas sama sekali. Disini ane akan bagi beberapa tips sederhana agar agan bisa kembali fokus.
1. Jangan memaksakan diri
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan setelah megambil cuti/liburan panjang adalah dengan mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat itu juga. Agan butuh waktu untuk beradaptasi ulang dengan lingkunganyang tiba-tiba berubah. Berikan waktu satu atau dua hari untuk beradaptasi lagi. Namun perlu diingat beradaptasi ulang bukan berarti agan bekerja dengan malas-malasan.
Kerjakanlah beberapa hal ringan yang tidak terlalu menuntut konsentrasi tinggi. Beberapa hal kecil seperti menata ulang urutan file pekerjaan atau membersihkan data-data yang tidak diperlukan akan cukup membantu masa transisi agan untuk kembali ke rutinitas harian.
2. Atur ulang jadwalmu
Setelah berhadapan dengan hari bebas tanpa rutinitas, agan akan merasa sangat tertekan jika harus kembali ke kantor. Cara paling efektif untuk menguranginya adalah dengan mulai mengatur ulang jadwal kegiatan perhari. Aturlah kegiatan apa saja yang akan agan lakukan, pekerjaan mana yang akan agan lakukan terebih dahulu.
Banyak orang tidak sadar bahwa mereka sangat tergantung dengan struktur-struktur kegiatan semacam ini. Ketika mereka berlibur, jadwal mereka berhenti,dan ketika kembali mereka kehilangan arah untuk melakukan apa. Hal ini menyebabkan agan merasa kurang produktif, hanya berhasil mengerjakan sedikit kegiatan. Dengan jadwal kegiatan yang baik, agan akan lebih mudah untuk kembali ke ‘mode’ bekerja. Terapkan jadwal ini untuk satu dua hari samapi dengan seminggu pertama agan kembali ke kantor.
3. Tata ulang ruang kerja agan
Kembali ke rutinitas berarti kembali berkutat dengan hal-hal yang monoton. Kegiatan yang begitu-begitu saja akan mempercepat datangnya rasa bosan, apalagi setelah agan mengambil libur yang cukup lama. Agar agan merasa lebih baik, agan bisa mencoba untuk menyegarkan ruang kerja agan. Tidak usah melakukan hal-hal ekstrim seperti memindahkan meja atau kursi, cukup ganti wallpaper desktop agan dengan yang baru, atau dengan mengatur ulang benda-benda yang ada di meja agan. Perubahan simple seperti ini akau membantu agan untuk merasa di tempat yang baru, jadi mengurangi kadar stress dan bosan agan terhadap tempat kerja.
Penasaran dengan tips keempat?
Yuk baca lengkapnya disini

Setelah bertemu dengan masa libur panjang di bulan Desember, kini saatnya agan kembali ke kantor. Kembali ke rutinitas harian tentunya akan menimbulkan rasa malas, tidak termotivasi, atau bahkan menghilangkan produktifitas sama sekali. Disini ane akan bagi beberapa tips sederhana agar agan bisa kembali fokus.
1. Jangan memaksakan diri
Spoiler for memaksakan diri:
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan setelah megambil cuti/liburan panjang adalah dengan mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat itu juga. Agan butuh waktu untuk beradaptasi ulang dengan lingkunganyang tiba-tiba berubah. Berikan waktu satu atau dua hari untuk beradaptasi lagi. Namun perlu diingat beradaptasi ulang bukan berarti agan bekerja dengan malas-malasan.
Kerjakanlah beberapa hal ringan yang tidak terlalu menuntut konsentrasi tinggi. Beberapa hal kecil seperti menata ulang urutan file pekerjaan atau membersihkan data-data yang tidak diperlukan akan cukup membantu masa transisi agan untuk kembali ke rutinitas harian.
2. Atur ulang jadwalmu
Spoiler for atur jadwal:
Setelah berhadapan dengan hari bebas tanpa rutinitas, agan akan merasa sangat tertekan jika harus kembali ke kantor. Cara paling efektif untuk menguranginya adalah dengan mulai mengatur ulang jadwal kegiatan perhari. Aturlah kegiatan apa saja yang akan agan lakukan, pekerjaan mana yang akan agan lakukan terebih dahulu.
Banyak orang tidak sadar bahwa mereka sangat tergantung dengan struktur-struktur kegiatan semacam ini. Ketika mereka berlibur, jadwal mereka berhenti,dan ketika kembali mereka kehilangan arah untuk melakukan apa. Hal ini menyebabkan agan merasa kurang produktif, hanya berhasil mengerjakan sedikit kegiatan. Dengan jadwal kegiatan yang baik, agan akan lebih mudah untuk kembali ke ‘mode’ bekerja. Terapkan jadwal ini untuk satu dua hari samapi dengan seminggu pertama agan kembali ke kantor.
3. Tata ulang ruang kerja agan
Spoiler for tata ulang:
Kembali ke rutinitas berarti kembali berkutat dengan hal-hal yang monoton. Kegiatan yang begitu-begitu saja akan mempercepat datangnya rasa bosan, apalagi setelah agan mengambil libur yang cukup lama. Agar agan merasa lebih baik, agan bisa mencoba untuk menyegarkan ruang kerja agan. Tidak usah melakukan hal-hal ekstrim seperti memindahkan meja atau kursi, cukup ganti wallpaper desktop agan dengan yang baru, atau dengan mengatur ulang benda-benda yang ada di meja agan. Perubahan simple seperti ini akau membantu agan untuk merasa di tempat yang baru, jadi mengurangi kadar stress dan bosan agan terhadap tempat kerja.
Penasaran dengan tips keempat?
Yuk baca lengkapnya disini

Quote:
Diubah oleh tiffanysantoso 09-01-2017 17:22
0
953
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan