okymymuseAvatar border
TS
okymymuse
Fahri: Kan Gagah Kalau FPI Cium Merah Putih
Fahri: Kan Gagah Kalau FPI Cium Merah Putih
Senin, 9 Januari 2017 14:18 WIB

Ferdinand Waskita/Tribunnews.com


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyayangkan pencopotan Komandan Kodim 0603 Lebak Banten jika terkait Front Pembela Islam (FPI).

Pencopotan itu terkait pelatihan Bela Negara bersama organisasi masyarakat (Ormas), salah satunya Front Pembela Islam (FPI).

"Saya kira bukan itu alasannya, mungkin ada alasan lain. Sebab kalau itu (FPI) alasannya disayangkan," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/1/2017).

Fahri mengatakan TNI memiliki fungsi pembinaan teritorial.

Sehingga, pelatihan dari permintaan masyarakat dapat dilakukan untuk dilatih kesadaran bela negara.

"Kan gagah kalau FPI cium merah putih kan, kan gagah. Jadi pemikiran kita jangan dikotomis, sebab itu bisa merusak konsepsi negara kesatuan," kata Fahri.

Fahri menilai positif adanya kelompok sipil yang berkomitmen dengan NKRI.

Apalagi, ingin dilatih sebagai pembela negara.

"Menjadi patriot ya harus dilatih. Kalau tidak dilatih untuk bela negara terus bela siapa. ya harus bela negara," kata Fahri.

"Termasuk seperti FPI, karena dia menganggap dirinya pembela agama, ya pembela agama juga harus bela negara. Itu tidak boleh dipertentangkan," kata Fahri.

Sebelumnya, Komando Daerah Militer III/Siliwangi mencopot Komandan Kodim 0603 Lebak Banten lantaran dinilai bersalah tidak melapor saat menggelar latihan bela negara bersama organisasi masyarakat (Ormas), salah satunya Front Pembela Islam (FPI).

Kepala Penerangan Kodam Siliwangi Letkol Arah M Desi Arianto mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap Dandim Lebak Letkol (Czi) Ubaidillah, ditemukan kesalahan prosedur.

"Yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela neara tersebut. Oleh karena itu Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak yaitu dicopot dari jabatannya dan segera digantikan oleh pejabat yang baru," kata Letkol Desi lewat pesan singkat yang diterima, Minggu (8/1/2017).

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak

http://www.tribunnews.com/nasional/2...um-merah-putih
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan