Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pajak.netAvatar border
TS
pajak.net
Tutorial Cetak Slip Gaji carbonize + free format excel
Mohon di rate bintang 5 bila artikel ini bermanfaat.

Menghitung dan mencetak slip gaji dalam format kertas confidential tipe A (seperti amplop ATM tidak bisa di terawang) tidak lah sesulit yang dibayangkan.
Di akhir artikel ini saya menyertakan link templet slip excel dimana agan-aganwati bisa mendownload nya. Kemudian bisa meng edit sesuai yang di kehendaki (nama perusahaan, nama karyawan dan gaji yang akan di terima). atau diganti dengan format bahasa inggris.

Untuk kertas Carbonise tipe A sendiri layoutnya cukup unik, ada bagian yang tampak untuk menampilkan data perusahaan, dan data karyawan. dan ada bagian yang tidak bisa kita lihat, yaitu perincian pendapatan karyawan.
Jadi kita perlu mensetting bagian atas dan bagian bawah agar tercetak sempurna di posisi yang kita inginkan.



Untuk perhitungan slip gaji sendiri dibagi menjadi dua, yaitu pendapatan dan pengurangan (income dan deduction).
Pendapatan karyawan sendiri dibagi menjadi 2, yaitu pendapatan tetap dan pendapatan tidak tetap. Pendapatan tetap contohnya : gaji tetap, tunjangan yang setiap bulannya tetap, Sedangkan untuk pendapatan tidak tetap contohnya: tunjangan yang mengikuti absensi, reimburse, bonus,dll yang besarannya fluktuative ...

Perhitungan BPJS, di hitung dari pendapatan tetap yang diterima karyawan setiap bulan nya, seperti yang saya sampaikan sebelumnnya. Sedangkan BPJS sendiri dibagi menjadi 2, yaitu yang dibayarkan perusahaan dan yang di bayarkan karyawan.
BPJS yang dibayarkan karyawan biasanya di masukan dalam komponen pendapatan (income), seolah olah kita mendapat ekstra uang BPJS walaupun nanti pada pengurangan (deduction) ekstra uang itu dibayarkan pada penyelenggara BPJS. Aturan BPJS sendiri yang terbaru di revisi pemerintah adalah per 1 Juli 2015 dengan penambahan point JP (Jaminan Pensiun). berikut adalah komponen BPJS ketenagakerjaan yang ditetapkan pemarintah.



Selain BPJS ketenagakerjaan ada juga BPJS kesehatan, BPJS Kesehatan ini nominalnya tetap sampai dengan anak ke 3. apabila ada tambahan mertua, atau orang tua, atau lainnya diluar anak ke-3 barulah akan dikenakan tambahan.



Setelah menghitung BPJS dalam komponen gaji kita maka yang perlu dihitung kemudian adalah pajak, atau PPH21. secara sederhana perhitungan PPH21 sebagai berikut. PPh21 ini per tanggal 27 Juni 2016 kemarin disesuaikan, sehingga para pekerja dengan gaji 4,5jt sebulan tidak di kenakan pajak penghasilan



Jadi setelah kita sudah mengerti bagaimana cara menghitung BPJS dan Pajak Penghasilan. maka kita dapat menyusun slip gaji yang kita mau. berikut adalah contoh slip gaji pada format excel kita.



Contoh di atas adalah contoh perhitungan slip gaji dengan asumsi karyawan tetap dan single (K0)
apabila karyawan sudah berkeluarga atau sudah memiliki anak maka tinggal di sesuaikan, perhitungannya ada di bagian bawah dari layout excel, jangan khawatir perhitunggnya tidak akan turut tercetak. karena sudah di set hanya bagian slip gajinya yang akan tercetak.

Untuk mencetaknya sendiri harus menggunakan printer dot matrix agas tercetak tembus sampai ke lembar ketiga.
kertas Slip gaji Tipe A ini sendiri terdri dari 3 rangkap (1 putih untuk arsip HRD (tidak deberikan kepada karyawan) 2&3 menjadi satu seperti amplop)





Mencari atau membeli kertas konfidential ini cukup mudah walaupun tidak tersedia di toko buku atau gramedia tetapi bisa di cari di beberapa e-commerce seperti bukalapak atau tokopedia.
Sebaiknya bila membeli diusahakan minimum 10lembar, dikarenakan ketika proses mencetak akan membutuhkan banyak kertas untuk trail dan error. agar posisi cetakan sempurna seperti yang kita harapkan, setelah cetakan sempurna, barulah kita bisa mencetak selanjutnya.

Spoiler for Tokopedia dan Bukalapak:


Pastikana bertransaksi online dengan double chek , re - googling toko atau nama penjual yang ingin kita tuju, pastikan testimoni nya positif , jangan karena harga yang murah berujung kita malah tertipu seperti banyak kasus hape blackmarket murah dari batam, berikut adalah seller yang kami sarankan atau bisa juga mengklip LINK dibawah ini
Tokopedia
Bukalapak


Ok sangat mudah membuat slip gaji carbonize bukan
Apabila Dianggap sulit dan ingin terima jadi di tempat, banyak jasa payroll yang dapat membantu, pilihlah perusahaan payroll yang kredible dan terpercaya, disarankan jangan menggunakan jasa perorangan tetapi langsung ke perusahaan yang berbadan hukum khusus menangani urusan slip gaji ini.

Apakah mahal mencetak di perusahaan slip gaji yang kredibel? jawabannya relative
Apabila perusahaan kita memiliki banyak karyawan, dibandingkan harus menggaji staff payroll, investasi alat dan sistem. tentu menggunakan outsource lebih ekonomis.
Untuk perorangan pun harganya relative.. untuk 3 bulan gaji 200ribu apakah itu mahal? relative bukan

Beriut adalah Link untuk mendownload excel format slip gaji diatas, selamat belajar dan berkereatifitas..

FORMAT EXCEL

Berikut adalah video tutorial nya, dari awal input data sampai cetak



maaf jarang online, buka kaskus banyak pm masuk tak terbalas..
kalau ada pertanyaanaan
silahkan ditanyakan langsung ke 0811 108 369
atau via line : rumahfresh
Diubah oleh pajak.net 05-10-2018 09:04
IDbusuk...
IDbusuk... memberi reputasi
1
21K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan