gwyneth10Avatar border
TS
gwyneth10
Mau minta rekomendasi pinjaman buat bangun/beli rumah
Selamat Malam agan sekalian...
Ane masih newbie gan dan ini thread pertama ane.
Saat ini, ane sedang bekerja dan berniat untuk memiliki rumah sendiri. Kebetulan ane udah beli tanah kavlingan tahun lalu. Tanahnya masih berstatus SK camat. Ane berencana untuk membangun rumah dengan pinjaman dari bank. Ane kemarin udah ke bank M*ndiri S*ariah. Orang banknya bilang kalau mau mengajukan pinjaman, statusnya harus berstatus SHM dan sudah ada IMB-nya. Sementara kan tanah ane masih SK camat.
Tanah ane letaknya bukan di pinggir jalan, jadi menurut orang sini dan kepala Desa, kalau urus SHM nya sekarang rugi, bagusan bareng sama warga lainnya biar biayanya murah.
Setelah ane pikirin, apa lebih bagus beli rumah jadi aja ya pakai KPR? Kebetulan saat ini ane ada punya uang dikit buat DP. Sebenarnya uang ini ane kumpulin buat modal mama jualan di rumah emoticon-Smilie . Ane agak berat juga buat melepas uang ini untuk DP rumah, karena mama pingin banget punya kedai sembako di rumah emoticon-Frown . Ane juga dapat info dari tetangga sebelah ane yang udah beliin rumah buat mamanya dengan mengagunkan SK. Setelah ane searching di internet dan juga nanya-nanya ke BT*, bunganya flat dan kayanya lebih mahal gan cicilannya emoticon-Frown
Jadi, melalui thread ini, ane mau tanya rekomendasi agan-agan sekalian yang udah punya pengalaman soal pinjaman dan/atau perumahan. Kritik dan saran yang membangun sangat ane perlukan gan.
Makasih buat agan yang udah mau baca thread ane yang masih berantakan ini gan. Mohon maaf kalau ada kata2 ane yang ga sopan gan emoticon-Sorry
0
3.2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan