mrifaiAvatar border
TS
mrifai
Jalur Sutera Terbaru, Cina Luncurkan Kereta Pertama ke London


Belajar sejarah perdagangan kuno antar negara pasti nggak lepas sama peran Jalur Sutera alias Silk Road. Jalur perdagangan ini melalui Asia Selatan menghubungkan Chang'an, RRT dengan Eropa dan juga dari RRC ke Mesir dan Afrika Utara.



Berita baiknya, ternyata Tiongkok baru aja ngeluncurin layanan kereta api langsung dari Tiongkok ke London! Iya kereta ini bakalan berangkat dari Yiwu West Railway Station di Zheijang dan menuju London, dengan jarak lebih dari 7400 miles atau 12.874,75 kilometer. Kereta ini membawa barang-barang kebutuhan rumah tangga, tas, koper dan produk garmen. Untuk rutenya, kereta ini akan ngelewatin Kazakhstan, Rusia, Belarusia, Polandia, Jerman, Belgia dan Perancis sebelum sampai ke London.



London adalah negara ke-15 di Eropa yang menggunakan layanan pengiriman antarbenua dan Tiongkok. Pengiriman barang dengan kereta api ini punya kelebihan yaitu biayanya lebih murah daripada menggunakan kargo pesawat, namun lebih cepat daripada lewat jalur laut. Kereta akan menempuh perjalanan 18 hari dari berangkat hingga sampai ke London.



Kereta ini juga bagian dari visi Presiden Cina, Xi Jinping "One Belt, One Road" atau bisa dibilang jalur sutera yang baru. Sebagai inisiatif pembangunan infrastruktur di Tiongkok, Xi Jinping berharap perekonomian di Tiongkok akan lebih berkembang dengan terjalinnya hubungan antar negara-negara di Eropa, Asia dan Timur Tengah.



Selain membawa kebutuhan rumah tangga saat berangkat ke Eropa, saat perjalanan pulang kereta juga akan membawa barang-barang seperti daging dari Jerman, kayu Rusia dan wine dari Perancis.

SumberSumber Sumber


Diubah oleh mrifai 04-01-2017 11:41
0
60K
406
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan