CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Pertanyakan Kenaikan Tarif STNK Tiga Kali Lipat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586dec14620881dd688b4578/jokowi-pertanyakan-kenaikan-tarif-stnk-tiga-kali-lipat

Jokowi Pertanyakan Kenaikan Tarif STNK Tiga Kali Lipat

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mempertanyakan kenaikkan signifikan pada tarif penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) yang mulai berlaku 6 januari mendatang. Menurut Jokowi kenaikan tarif hingga tiga kali lipat dianggap membebani masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution setelah menerima arahan dalam rapat Sidang Kabinet di Istana Bogor, Rabu (4/1) kemarin. 

"Tadi sebenarnya Presiden mengingatkan waktu di Bogor, kalau tarif PNBP untuk pelayanan masyarakat janganlah naik tinggi-tinggi," ujar Darmin ditemui di kantornya, Rabu (4/1) malam. 

Darmin menyampaikan, pada prinsipnya Jokowi menyebut pengenaan tarif tinggi untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dipungut oleh Kementerian dan Lembaga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan operasional. Namun Darmin mengatakan, penetapan tarif merupakan kewenangan Kementerian Keuangan sebagai perumus serta Polri sebagai pemungut tarif. 

Jikapun nanti tarifnya tetap naik, Mantan Dirjen Pajak itu berharap kenaikkan tarif tersebut benar-benar mencerminkan kondisi inflasi yang terjadi di Indonesia. 

Sebagai informasi, tarif PNBP yang dipungut oleh Polri tidak mengalami perubahan selama tujuh tahun. Hal ini yang memicu Kementerian Keuangan secara drastis mengerek tarif PNBP di lingkungan Polri meroket tajam. 

"Itu memang betul [sudah lama tidak diperbarui]. Tapi apakah harus langsung 300 persen?" tanya Darmin. 

"Kalau itu menyangkut pelayanan orang banyak tidak apa, kalau yang bukan ya enggak apa-apa juga asal hitung-hitungannya sudah betul," lanjutnya.

Kenaikan tarif tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), tertanggal terbit 6 Desember 2016 dan berlaku 30 hari setelah diterbitkan, 

Tidak tanggung, kenaikan itu ada di kisaran tiga kali lipat dari tarif lama. Biaya penerbitan STNK roda dua dan roda tiga naik menjadi Rp100 ribu yang sebelumnya Rp50 ribu. Roda empat atau lebih dari sebelumnya Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.

Untuk pengesahan STNK, yang sebelumnya gratis, dengan disahkan PP ini maka akan berbayar Rp25 ribu untuk roda dua dan empat, dan Rp50 ribu bagi roda empat atau lebih.

Pengurusan dan penerbitan BPKB mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Roda dua dan roda tiga yang sebelumnya ditarif sebesar Rp80 ribu, kini diwajibkan membayar Rp225 ribu dan roda empat atau lebih sebesar Rp375 ribu dari sebelumnya Rp100 ribu.

Selain itu, biaya baru Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua dan roda tiga dari Rp30 ribu menjadi Rp60 ribu, dan Roda empat atau lebih dari Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu.

Kenaikan tarif masih dikenakan pada tarif Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan untuk roda dua atau roda tiga dari Rp75 ribu menjadi Rp150 ribu, dan roda empat atau lebih dari Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.

Tarif PNBP yang dikelola oleh Polri dengan aturan Kementerian keuangan ini tidak dikenakan pada Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK).


m.cnnindonesia.com/ekonomi/20170105082444-78-184198/jokowi-pertanyakan-kenaikkan-tarif-stnk-tiga-kali-lipat/

Pak Jokowi memang mengerti rakyatnya..

emoticon-Traveller
Diubah oleh drpadi
Halaman 1 dari 2
Yg penting cepat selesai dokumennya dan bila ada pungli juga dihukum 3x lipat hukum yg berlaku umum dimasyarakat
Diubah oleh kohanamet
Yg penting bagaimana kita tetap survive toh inflasi ya harus diitung tiap taon agar balance pengeluaran n pemasukan kita
untuk info aja nih, perpanjangan STNK tahunan gk naik, yg naik itu per 5 tahun dan terbit baru

antrian samsat hari ini jakut-jakpus

Spoiler for 123:


mungkin susah korup sekarang jadi ini jadi jalannya gan ?

perpanjang stnk tahunannanti kalo entar naik juga itu dah wow banget gan
Diubah oleh sekai.x.one
Bayar calo mampu, naik harga seharga calo demo emoticon-Cape deeehh
biarin aja naik, biar orang sok kaya makin mikir punya kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum

Jakarta, Bogor, puncak, Bekasi, Tangerang bahkan sampe Bandung macetnya udah ampun-ampunan, yang parahnya cuma dijejali orang kaya nangggung yang cuma mampu nyicil senia & apanja yang pengen gaya naik mobil tapi biaya STNK naik Rp. 100rb per lima tahun aja teriaknya udah kayak apaan
ini baru namanya presiden rakyat emoticon-Wkwkwk
Quote:


Kalo ane ngga pernah make calo.
Boleh ngga ngeluh naik harga. emoticon-Embarrassment
Jangan ngegampangin macem gitu, orang jokowi juga nanya kenapa bisa naik drastis macem gitu... emoticon-Ngacir
untunglah rakyat indonesia ini mengerti

emoticon-Traveller
Gak apa2 padahal, berani nyicil 3jutaan per bulan, mestinya mampu bayar legalitasnya
emoticon-Salam Kenal
yg tanda tangan siapa nih emoticon-Leh Uga
Quote:



yg tanda tangan khilaf gan
Diubah oleh drpadi
Dia kan presiden kok mempertanyakan kebijakannya sendiri.
Quote:


Katanya bukan pajak kok kena tiap tahun .......................................................... emoticon-Ngacir
ini baru pahlawan!!!!!!
eh btw yang tanda tangan PP 60 Tahun 2016 siapa ya?
kok si bapak nanyak kenapa naik
emoticon-Wkwkwk

Quote:


nih yang tanda tangan gan
http://dispenda.jabarprov.go.id/wp-c...PNBP-Polri.pdf

ente jangan syok yak.
eh kalo ane ngetik "syok" dibully nastak gak ya
emoticon-Ngakak
Diubah oleh ojekganteng
Jokowi Pertanyakan Kenaikan Tarif STNK Tiga Kali Lipat

Oooaakkkuuu percoyo.
Kurang lengkap nih biaya sewa nomor cantiknya gimana nih?
Quote:



Malah jadi saling lempar emoticon-Bingung
Pajak stnk jg diturunin pak....taun kmrn dari 1,5% ke 2,5% kerasa banget pak...kenaikan 70% itu...
Quote:


Mungkin pak presiden sedang hobi main ping pong gan.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di