Inilah 7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia
TS
haqqits
Inilah 7 Perilaku Unik Pengguna Media Sosial yang Hanya Ada di Indonesia
Setiap negara memang memiliki keunikan tersendiri dibanding negara lain dalam banyak hal. Dari tradisi, budaya, adat-istiadat hingga gaya hidup yang dijalankan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan media sosial, kini juga muncul sebuah beberapa sebuah kebiasaan unik dari para penggunanya dibeberapa negara.
Sebagai salah satu negara dengan basis pengguna media sosial terbesar di dunia, Indonesia juga ternyata meninggalkan jejak dalam hal perilaku atau kebiasaan unik pemakaian jejaring sosial ini. Lalu seperti apakah kebiasaan dan perilaku unik yang ada para pengguna media sosial di Indonesia ini? Berikut ulasannya
1. Ngobrol, Flirting di Timeline
Quote:
Kebiasaan dan perilaku pertama Orang Indonesia adalah ngobrol dan flirting di timeline. Bangsa Indonesia yang terkenal dengan budaya menyapa ternyata juga terbawa di dunia maya, terutama di Twitter. Dengan melakukan mention, para pengguna Twitter ini yang mencoba memulai obrolan dengan mengajak orang yang di mention untuk membahas sebuah topik tertentu.Dari pembicaraan soal makan siang hingga urusan politik dan negara bisa mereka bahas dengan sangat intens. Para pengguna Twitter di Indonesia ini juga tak jarang yang melakukan kebiasaan flirting atau menggoda pengguna yang lain. Dalam hal ini mereka akan mencoba mengajak ketemuan atau hal-hal yang sifatnya sangat personal yang tidak ada hubungannya dengan informasi publik.
2. Membuka Toko Online di Instagram
Quote:
Media sosial Instagram sejatinya bukanlah platform atau sarana untuk berjualan online. Tapi di Indonesia hal ini bisa saja terjadi. Ya, jejaring sosial berbasis gambar ciptaan Kevin Systrom ini oleh orang Indonesia memang telah banyak dijadikan tempat atau sarana mencari uang dengan menciptakan toko online. Memang sampai sekarang dari pihak Instagram sendiri tidak melarang aktivitas yang hanya terjadi di Indonesia itu. Uniknya ternyata toko online yang mereka buat di Instagram ini banyak yang mennemui kesuksesan. Beberapa toko online personal yang sukses itu diantaranya adalah SaroengMaumere, Kamengski dan masih banyak lagi.
3. Nge-like Semua Page Di Facebook
Quote:
Diantara semua negara pengguna Facebook, hanya Indonesia yang memiliki grafik pertumbuhan tombol “like” yang paling cepat. Entah karena hanya latah, ikut-ikutan, atau memang benar-benar menyukai sebuah tema di Page, namun inilah kenyataannya, Facebooker Indonesia sangat mudah sekali mengklik like di Facebook. Fenomena perilaku unik para Facebooker di Indonesia ini akhirnya banyak dimanfaatkan oleh banyak brand untuk bisa meningkatkan “like” pada halaman Facebooknya. Apalagi dengan iming-iming hadiah, Facebooker Indonesia sangat mudah terpancing untuk melakukan aktivitas itu.
4. Memasang Foto-foto Anak
Quote:
Jika Anda tahu bahwa memajang foto anak dari bayi hingga balita sebenarnya melanggar privasi anak. Tapi entah kenapa pengguna media sosial di Indonesia, terutama para orangtua sangat gemar memposting gambar anak-anaknya di jejaring online tersebut. Padalah jika Anda sadari perilaku dan kegiatan ini sangat berbahaya sekali karena foto tersebut akan menjadi sasaran para pedofilia yang terus berkeliaran di dunia online. Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya di media sosial Facebook sudah ada fitur untuk memproteksi siapa saja yang boleh melihat postingan, namun kadang para Facebooker agak tidak mempedulikannya.
5. Kultweet
Quote:
Selain mengobrol dan menggoda, orang Indonesia juga acapkali menggunakan Twitter untuk berbagi pengetahuan (kultweet) kepada para followers-nya. Orang Indonesia memang suka berbagi pengetahuan. Entah apapaun bidang yang dikuasasinya, meraka dengan keilmuan dan pengalaman yang dimilikinya dengan suka rela berbagi pengetahuannya di timeline. Biasanya kegiataan kultweet ini ditandai dengan adanya penggunaan nomor yang berurutan. Tak jarang nomor dalam perilaku kultweet ini bisa mencapai ratusan nomor. Dan uniknya lagi ternyata para follower ini dengan setia dan sangat antusias mengikuti kultweet yang ada.
6. Twitwar
Quote:
Obrolan dan pembahasan yang ada dan sedang berlangsung di Twitter tak jarang juga yang berujung perdebatan, pertentangan dan perseteruan (twitwar). Di Indonesia, perilaku ini sudah bukanlah hal yang luar biasa. Bahkan twitwar di Indonesia yang panas di timeline tak jarang juga akan memunculkan perkelahian, adu fisik, duel secara offline. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu antara dua kubu yang berbeda pendapat.
7. Minta Ijin Follow
Quote:
Terakhir kebiasaan dan perilaku unik pengguna media sosial di Indonesia adalah meminta ijin follow. Setiap follower ini memang bisa memfollow, mengunfollow, memblock siapapun yang mau. Tapi beberapa tweeple di Indonesia ini sangat ramah, mereka meminta ijin dulu ketika akan memfollow seseorang. Namun sebaliknya jarang sekali yang meminta ijin untuk unfolllow. Unfollow kadang dianggap tidak mau berteman.
Sebelumnya ane ucapkan terimakasih kepada seluruh kaskuser yang telah mampir dan memberikan komen, Alhamdulillah ini trit pertama ane yang jadi Hot Thread , tak lupa ane meminta dengan sukarela bila berkenan mohon di rate , ane juga gak menolak dari gansis dan share jika bermanfaat
Spoiler for Tambahan dari kaskuser:
Quote:
Original Posted By JeMac.►Banyak yang underage juga gan
Belom umurnya uda main soc-med dan kelakuannya udah kelewat wajar buat anak seumurannya
Apalagi yang sok ngartis
Quote:
Original Posted By badakhanyut12►ada satu lagi yg luput dari TS yaitu arisan/ngerumpi di komen fb pan setau ane ada kolom pesan kalau mau buat chat kenapa larinya ke komen status,,penuh wall ane dengan percakapan gak jelas,,
Quote:
Original Posted By spidcom_2000►Orang dimari emang udah terkenal dengan sopan santun dan keramahannya, jadi kalau mau follow seseorang lebih baik minta ijin dulu sama si empunya biar semuanya bisa clear di depan. Kalau untuk urusan unfollow sepertinya tidak perlu minta ijin karena biasanya kalau unfollow seseorang itu karena ada yang tidak disukai isi kontenya oleh pemilik akun
Quote:
Original Posted By Winnow►TS nga update nich...Akun Instagram kita sekarang sudah bisa dijadikan Instagram bisnis bila dihubungkan dng facebook page dng fitur tambahan button contact utk pilihan cara hubungi admin / owner akun IG bisnis. Juga ada Instagram ads.. Dan semuanya utk mendukung Instagram sbg toko online. Sekaranglah era e-commerce berganti dengan socio commerce.
Btw jualan di IG & twit war juga banyak dilakukan netizen di banyak negara juga koq..
Quote:
Original Posted By andrio.eric►Rata² yg dibahas cm twitter ya,ig cm masalah jualannya,fb cm masalah likenya 😄 Yg war bkn cm di twitter tp grup fb hp pun ga lepas dr bully&war
Quote:
Original Posted By ram.nugroho►Aduh sosmed, akun fb ane udah ane tutup gan.
Iya tuh bener, yang no 3 ane pernah lakuin. Ngelike status temen" ane, padahal gak ane baca. Asal like aja deh
Ane pas masih pake fb juga sering ngeliat, bikin status fb yang isinya buat nyindir orang. Terutama temen" ane yang cewek. Trus ada lagi yang isinya tentang anniversary hubungan pacaran. "Makin langgeng ya sayang♥"
Tapi biarin lah, namanya juga anak sekolahan.
Quote:
Original Posted By twisctre►Toko online di ig, ngobrol ngalor ngidul perasaan banyak jg di negara lain
Izin follow setau gw itu dtg dari official acc operator seluler, radio, dll yg emang butuh info pribadi yg cuma bisa lewat DM
Quote:
Original Posted By antoniushong►ada lagi.. prilaku takut kuota.
seperti no 3, di pesbuk bini ane yang ngelike pidionya 3600++ tapi yg masuk masuk countingan cmn puluhan .
pekiwan kalo berkenan
nice gan
tapi kalo jualan online orang luar juga jualan kok. cuman tidak se spam org org indonesia. dan juga, orang luar negri itu cenderung me like bukan komentar diplatform terutama instagram hm
Quote:
Original Posted By mellindewi►itulah Indonesia
bukan hanya minta izin follow juga sih gan ada juga yang suka minta follback, kalo permintaannya ngga dipenuhi ya dia langsung unfollow tapi memang ngga semuanya begitu
Quote:
Original Posted By apandik►8.postwar
ngejang tanpa batas tapi dengan cara hal yang positif