yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Fakta-fakta Unik Tentang Yogyakarta Ini Belum Banyak Orang yang Tahu Lho!
WELCOME TO MY INSPIRATION THREAD
emoticon-Ultah




Pesona Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Suasana kota yang ramah memang menjadi magnet agar setiap orang yang pernah berkunjung serasa mau balik lagi ke tempat itu. Senyum sapa masyarakatnya yang ramah dan daya kreativitasnya serasa tidak pernah lepas setiap inchinya. Kota yang disebut sebagai kota pelajar ini memang selalu nampak klasik. Apalagi dengan suguhan suasana istana sentris yang seakan membawa kita jauh terlempar ke ratusan tahun silam. Duh rasanya gak ada habisnya memang kalo ngomongin kota yang luar biasa indah ini. Mayoritas dari agan/sis mungkin udah pernah berkunjung ke sana, dan rasanya sepakat dengan tulisan di atas. Tapi rasanya bakalan lebih afdhol kalo kamu tahu tentang fakta-fakta unik tentang kota pelajar ini. Penasaran ya? Yuk gan/sis langsung aja kita kepoin ke bawah!

Spoiler for Nama "Yogyakarta" diambil dari dua kata yaitu "Ayogya" atau "Ayodhya" yang berarti "Kedamaian" atau "tanpa perang" dan "Karta" yang berarti "baik":


Spoiler for Tanggal 7 Oktober 1756 adalah tanggal wisuda dari keraton yang dibangun oleh Pangeran Mangkubumi kini dijadikan sebagai hari jadi Kota Yogyakarta:


Spoiler for Dulu, Kotabaru dibangun sebagai kawasan untuk orang-orang non-pribumi dari Belanda dan Pecinan untuk orang-orang Tionghoa:


Spoiler for Pasar Beringharjo sejak berdiri sejak zaman keraton hingga sekarang dan dikenal sebagai tempat transkaksi dagang:


Spoiler for Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia pada 4 Januari 1946 ketika Belanda dengan Sekutu melancarkan serangan ke Indonesia:


Spoiler for Keraton Ngayogyakarta dan Puro Pakualaman merupakan keraton yang masih berfungsi dan merupakan pecahan dari Mataram:


Spoiler for Ketika terjadi perluasan kota, perkampungan-perkampungan di luar tembok keraton dinamakan menurut kesatuan pasukan keraton:


Spoiler for Stasiun Lempuyangan selesai dibangun pada tahun 1872 dan Stasiun Tugu mulai beroperasi pada tanggal 2 Mei 1887:


Spoiler for Tombak Kyai Wijoyo Mukti dibuat semasa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII (1921) dan merupakan pusaka pemberian Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X:


Spoiler for Yogyakarta terletak di lembah tiga sungai, yaitu Sungai Winongo, Sungai Code (yang membelah kota dan kebudayaan menjadi dua) dan Sungai Gajahwong:


Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesia
0
7.7K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan